Mohon tunggu...
Mohammad Yaisy
Mohammad Yaisy Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta

Freelancer

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Analisis Iklan 'Microsleep Detection' Milik Mercedes-Benz

18 Juli 2022   19:41 Diperbarui: 18 Juli 2022   19:48 492
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: Youtube - Mercedes-Benz - www.youtube.com/watch?v=U_EsF2f--b4

Siapa yang tidak mengetahui merk mobil mewah asal Jerman yang terkenal dengan performa mesin yang 'beyond' serta interior yang mewah serta Luxurious. Mercedes Benz.

April 2022 lalu Mercedes Benz baru merilis video kampanye iklan nya tentang Microsleep, sekaligus dengan memperkenalkan mobil elektrik terbarunya lewat kapanye itu, Mercedes Benz memperkenalkan fitur terbaru di mobil elektrik nya yang dinamai seri EQS, dengan fitur Microsleep Detection yang dimana fitur ini dapat mengetahui apabila driver sedang mengalami Microsleep atau tertidur tiba -- tiba dalam beberapa detik.


Microsleep tentu sangat membahayakan bagi para pengemudi mobil, dalam kampanye itu Mercedes Benz menulis bahwa berdasarkan dari survey Beware of Microsleep "26% of drivers experience Microsleep, and not all of them wake up again..." 

Maka dari itu Mercedes Benz ingin mengurangi persentase itu dengan fitur terbaru di seri mobil elektrik EQS nya.

Kampanye video iklan ini dapat dilihat dari berbagai macam sudut pandang, mungkin dari yang paling penting, pendekatan pesan iklan.

Mercede-Benz menggunakan pendekatan pesan iklan yang di mix and match dengan begitu apik. Video iklan kampanye tersebut menggunakan pendekatan Demonstration Approach, Slice Of Life Approach, Problem Solution Approach, dan Emotional Touch.

 

Pertama Demonstration Approach

Dari menit 1.00 di video itu mulai memperagakan dan mengilustrasikan bagaimana fitur Microsleep Detection itu bekerja, hanya dengan orang itu menutup mata beberapa detik, sensor sensor pintar milik Mercedes-Benz sudah dapat memberikan tanda perigatan Microsleep Detected sebelum menabrak Truk dan terjadi kecelakaan.

sumber: Youtube - Mercedes-Benz - www.youtube.com/watch?v=U_EsF2f--b4
sumber: Youtube - Mercedes-Benz - www.youtube.com/watch?v=U_EsF2f--b4

Slice Of Life Approach

Melihat survey dan persentase yang ada, tentu ini merupakan bagian dari kehidupan sehari hari yang bisa saja terjadi kapan saja, dimana saja dan kepada siapa saja. Tentu berkendara dengan mobil sangatlah nyaman, apalagi diselimuti kulit jok mewah Mercedes-Benz. tentu apabila kita Lelah dan lengah sangatlah mungkin apabila Microsleep terjadi saat kita berkendara.

Problem Solution Approach

Sudah jelas bukan, bahwasanya fitu mobil pintar asal Jerman ini merupakan solusi bagi kecelakaan di lalu lintas yang disebabkan driver mengantuk.

Emotional Touch Approach

Diawal video iklan kampanye ini dimulai, kita diperlihatkan bagaimana memori memori kilas balik dari sang ayah (driver) namun sadar bahwa semuanya itu hanyalah mimpi, dan ia dibangunkan oleh fitu Microsleep Detection serta teriakan sang anak yang memanggil manggil ayahnya, dikarenakan takut akan bertabrakan dengan truk yang ada didepan nya, maka sang ayah terbangun dan bergegas menginjak pedal rem. Alhasil mereka selamat. Tentu hal ini melegakan dan menyentuh perasaan penonton.

SLOGAN AND TAGLINE

Mercedes Benz menggunakan banyak slogan di masa lalu yang mewakili bahasa desain merek dan fokus pada telinga yang berbeda. Beberapa slogan yang populer adalah sebagai berikut:


- Unlike any other

- Engineered to move the human spirit

- Mercedes Benz the future of the automobile

- Engineered like no other car in the world

Slogan-slogan ini digunakan sepanjang tahun 1970-an dan merupakan alat pemasaran hebat yang tidak hanya menekankan komitmen Mercedes Benz untuk menghadirkan mobil yang bagus tetapi juga menarik pembeli baru.

Namun pada tahun 2009 Mercedes-Benz memperbaharui slogan dan tagline nya dan digunakan sampai sekarang The Best or Nothing yang diambil dari Bahasa Jerman 'Das Beste Oder Nichts'

tentu dilihat dari faktanya sampai sekarang Mercedes Benz dengan slogan nya mampu menarik ber juta-juta mata. dengan dapur pacu yang sangat memukau serta interior yang tiap inci dan detail nya diperhatikan agar Premium dan Luxurious. Slogan The Best or Nothing bukan hanya kata kata semata, namun fakta yang diberikan Mercedes Benz kepada konsumen nya.

Dan di seri EQS elektik yang sedang dibahas ditulisan ini, Mercedes Benz mengkamanye kan tagar #AlwaysAwake pada video nya, yang ingin para driver terus focus dan sadar saat mengemudi sehingga meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun