Pendidikan harus menjadi sarana strategis untuk mengembangkan seluruh potensi guna mencapai tujuan menghasilkan manusia Indonesia seutuhnya. Lembaga Pendidikan berperan penting dalam mendukung upaya pemerintah untuk menghasilkan Pendidikan yang bermutu dan berdaya guna, menghasilkan Pendidi-mutiara talenta yang produktif, kreatif dan berdaya saing. Tapi Sayang sekali institusi ini masih menghadapi proses Pendidikan yang kurang berkualitas. C
ara lain untuk meningkatkan efektivitas dan kualitas Pendidikan adalah pemanfaatan teknologi informasi dalam Pendidikan. Terdapat fakta bahwa di negara modern informasi yang disajikan oleh Pendidik yang terhubung dengan internet sebagai media utama memberikan kontribusi yang signifikan terhadap proses Pendidikan. Menggunakan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas Pendidikan mencakup bidang-bidang seperti Pendidikan manajemen informasi, e-learning, media pembelajaran dan kecakapan hidup.
Dalam pembukan UUD 1945 terdapat tujuan bangsa yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan di dalam pasal 28B Ayat (1) bahwa setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendpatkan Pendidikan dan mendapatkan manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya demi meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan umat manusia dan Pasal 31 ayat (1) bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan Pendidikan
Didalam isi pebukaan UUD 1945 dan beberapa pasal mengenai Pendidikan,endidi Pendidikan memiliki peran yang prnting untuk membantu tugas pemerintah dalam hal penyelenggaraan Pendidikan dan menghasilkan SDA yang unggul dan mempunyai daya saing dengan bangsa lain. Namun kenyataannya Pendidikan di Indonesia masih masih sangat rendah Hal ini diperkuat dengan laporan penelitian yang dirilis oleh programme for international student endidikan  (PISA) pada selasa (3/12) di Paris,menempatkan Indonesia di peringkat 72 dari 77 negara. Dengan demikian upaya untuk menciptakan SDA yang unggul dan mampu bersaing belum berjalan sesuai yang diharapkan
Untuk mengurangi permasalahan  kualitas Pendidikan dinegara kita  salah satu caranya dengan memanfaatkan teknologi informasi dan teknologi komunikasi dalam peningkatan proses belajar mengajar. Mengapa demikian? Karena negara negara maju di dunia menggunakan cara tersebut didalam proses belajar mengajar di sekolah seperti di Kanada banyak sekolah yang menggunakan teknologi computer untuk menunjang proses belajar mengajar. Teknologi informasi dan komunikasi merupakan kunci untuk kemajuan Pendidikan di Indonesia
PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Definisi teknologi informasi dikemukakan oleh Nina W. Syam (2004). Menurutnya, teknologi informasi dapat diartikan sebagai pengetahuan yang diperlukan untuk mengelola informasi agar dapat dilacak dengan mudah dan akurat. Ada penyimpanan dan pengelolaan informasi yang efektif.
Komputasi bagi dunia pendidikan sudah menjadi standar sekaligus sarana untuk menyebarluaskan program pendidikan. Peran teknologi informasi dan komunikasi adalah untuk mengumpulkan informasi tentang kesehatan, hiburan, hobi, spiritualitas dan kemudian profesi seperti sains, teknologi, perdagangan, berita, bisnis, dll..
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi dapat dianggap sebagai ilmu yang sangat diperlukan untuk mengelola informasi, membantu pencarian informasi dengan mudah, dan memfasilitasi keberadaan manusia
MODERNISASI TEKNOLOGI INFORMASI
Modernisasi adalah perubahan masyarakat yang bergerak dari keadaan tradisional menuju masyarakat modern. pengertian menurut ahli:
A. Menurut Soerjono Soekanto, modernisasi merupakan salah satu bentuk transformasi sosial berdasarkan suatu perencanaan, yang biasa disebut perencanaan sosial..
B. Widjojo nitisastro, modernisasi adalah transformasi lengkap kehidupan komunal tradisional dari segi teknologi dan organisasi sosial ke dalam pola ekonomi dan politik.
Teknologi adalah kata yang diserap dari bahasa Inggris, yaitu technology. kata teknologi secara umum digunakan untuk menyebut segala sesuatu yang bersifat teknis yang dapat memudahkan pekerjaan manusia dan tentunya teknologi merupakan hasil dari suatu kebudayaan baik sengaja maupun tidak sengaja diciptakan oleh manusia..Â
Berikut pendapat ahli mengenai teknologi:
A. Poerbahawadja Harahap,Bahwa penggunaan kata teknologi pada dasarnya merujuk pada ilmu yang mempelajari cara kerja teknik dan merujuk pada ilmu yang digunakan di pabrik atau industri
B. Miarso (2007), Teknologi adalah proses penambahan nilai. Proses saat ini dapat menghasilkan beberapa produk. Ditambahkan bahwa teknologi merupakan bagian integral dari sistem yang diberikan.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa modernisasi merupakan bagian dari perubahan terencana, perubahan yang terjadi sebagai akibat modernisasi menurut kebijakan pemerintah, seperti dalam hal pendidikan, Siswa dan guru harus mempersiapkan perubahan tersebut. terjadi sebagai akibat dari modernisasi, suka atau tidak suka. Tentunya setiap orang akan merasakan perubahan tersebut, terutama dampak dari proses modernisasi yang semakin kuat
UPAYA PENINGKATAN EFEKTIFITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR
Upaya memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan efektivitas belajar mengajar bisa dilakukan sebagai berikut: membuat aplikasi server yang dapat menyimpan dan mengolah data akademik meliputi system pembelajaran, system nilai, informasi kurikulum dan lain sebagainya.mengoptimalkan pemanfaatan TV sebagai media edukasi yang menunjang peningkatan nilai Pendidikan penerapan system bertahap sehingga memudahkan para siswa dan tenaga pengajar dalam proses belajar mengajar disekolah
Upaya yang bias dilakukan untuk meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar meliputi:
1.e-learning
E-learning secara harfiah adalah sistem pembelajaran yang menggunakan perangkat elektronik dan metode belajar/mengajar yang dilakukan dalam jaringan atau online. Dalam prakteknya, e-learning menggunakan teknologi informasi sebagai sarana pembelajaran. Materi yang disajikan dalam e-learning dapat berupa teks dalam bentuk dokumen, video pembelajaran, instruksi audio atau audio saja, atau video streaming di YouTube. Semua bahan kajian tersebut dapat diakses di website
Implementasi e-learning dapat dilakukan oleh berbagai pihak. Universitas dan sekolah diharapkan mampu menyelenggarakan e-learning sendiri. E-learning dapat diimplementasikan dengan cara guru membuat website sendiri yang berkaitan dengan pelajaran.
2.pendidikan life skill
Teknologi informasi, dengan komputer sebagai intinya, telah merasuk ke semua bidang kehidupan. Hampir setiap pekerjaan membutuhkan komputer. Kemampuan menggunakan komputer merupakan salah satu kecakapan hidup yang diperlukan untuk tetap kompetitif khususnya dalam bidang iptek.
Pendidikan Teknologi Informasi merupakan kecakapan hidup yang dapat mengembangkan kecakapan hidup secara khusus dan umum. Menguasai penggunaan komputer, baik aplikasi maupun bahasa pemrograman, merupakan keahlian profesional.untuk keterampilan mengumpulkan informasi di internet, keterampilan hidup secara umum.
3.Media pembelajaran
Secara garis besar upaya peningkatan efektivitas balajar mengjar menggunakan teknologi informasi sebagai media pembelajaran terdapat tiga kelompok yaitu:
A.media penyimpan materi
Pada pemanfatan jenis ini para peserta didik dapat memperoleh materi pembelajaran yang telah dikemas dalam suatu perangkat lunak agar lebih praktis dan efisien
B. media pedistribusian memalui internet
Materi ajardapat dikemas dalambentuk web,atau program belajar Kemudian materi belajar diletakkan disebuah server yg terhubung internet sehingga peserta didik dapat mengakses dimana saja dan kapan saja.
C.media komunikasi
Moment komunikasi ini difungsikan untuk menanyakan hal yang kurang mengerti ataupun ingin menyampaikan pendapat supaya bisa ditanggapi oleh siswa lain ataupun guru. Dengan demikian siswa mendapatkan feedback dari guru atau siswa lain mengenai materi yang sudah disampaikan.
MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI ALAT PEMBELAJARAN
Ada beberapa manfaat besar dari teknologi informasi dalam Pendidikan antara lain:
1.Alat pengelola pengetauan
Dokumen elektronika & sejenisnya kian hari kian berkembang. Popularitas & kecanggihannya semakin cepat menyebar berkat dukungan teknologi komunikasi. Pada saatnya orang lain nir akan lagi dibebani tumpukan kertas yg tebal yangmemakan tempat,tenaga Oleh karenanya sekolah masa depan akan sangat ekonomis pada mengurusi asal asal pengetahuan.
2. Sebagai alat pengkajian
Asesmen dan analisis hasil belajar, penelitian perilaku dikelas oleh guru, dan prediksi perencanaan sekolah adalah contoh kegiatan yang melibatkan penelitian yang bermanfaat, dan teknologi informasi dapat memberikan solusi
3.Mempermudah cara belajar
Proses belajar mengajar dipermudah dengan hadirnya teknologi informasi dalam dunia pendidikan. Misalnya, pengajar dapat memberikan materi dan tugas melalui email, sehingga siswa dapat langsung mengedit dan mengirimkan tugas tersebut.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H