Mohon tunggu...
Mariam Umm
Mariam Umm Mohon Tunggu... Administrasi - Ibu 4 anak

Ibu Rumah Tangga

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Artikel Utama

[Resep] Okra Kuah Tomat dengan Nasi ala Libanon

27 April 2016   01:51 Diperbarui: 27 April 2016   16:52 489
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sayur okra, favorit keluarga saya

Okra, ladies fingers, bema, atau di Saudi populer dengan nama bamiah, adalah nama sejenis sayuran. Sekilas penampakannya seperti terung telunjuk, tapi okra berbulu halus, dan juga lebih pendek dari terung telunjuk.

Saya pertama kali mengenal okra saat ibu mertua yang asli Libanon memberikan semangkuk sayur okra untuk lauk makan siang suami saya.

Heran juga sih, secara dari penampakannya, sayur okra buatan ibu mertua keliatannya hanya dibumbui tomat ajah, jadilah permintaan ibu mertua untuk mencoba sayur itu saya sambut dengan gelengan kepala. Tapi gak lama, karena kebetulan okra adalah sayur favorit suami saya, lama-lama saya 'dipaksa' untuk terbiasa. Iyaaaa..terbiasa liat okra, terbiasa masak okra, terbiasa makan okra.

Gak heran deh, sekarang sayur okra jadi salah satu sayur favorit keluarga saya. Anak saya semua suka, teksturnya yang lembut, nikmat saat disantap bareng nasi ala Libanon.

Ada banyak cara mengolah okra, ada yang di santan kari, ada yang di goreng tepung, ada yang dicampur daging kambing, daging sapi, dan ayam, bahkan ada yang di panggang. Resep yang akan saya share ini adalah memasak okra kuah tomat ala Libanon, resep asli ibu mertua yang bisa disantap dengan nasi dan juga roti pita, tergantung pas selera Anda ajah. Kebetulan di keluarga saya, kami biasa menyantap sayur okra dengan nasi ala Libanon.

Ya udah gak usah panjang pendek, buat anda yang hobi nge-dapur macam saya, ayo kita masak sayur okra.

Mengolah Okra
Okra getahnya seperti lendir, mudah over cooked dan kental saat diolah. Makanya ada trik khusus untuk mengolahnya. Kebetulan di resep ini saya pakai okra zero, atau okra yang ukurannya paling kecil. Biasanya okra zero dikemas dalam bentuk sayuran beku. Tapi jika anda pilih okra segar, trik memasaknya tetap sama kok.

1. Buang ujung okra, lalu cuci dengan air mengalir untuk membuang getah lendir.

me-571fd48b959773b30ca53aab.png
me-571fd48b959773b30ca53aab.png

Menyiapkan Okra

2. Beri sedikit garam, ratakan, lalu biarkan agak kering atau sampai air tak lagi menetes dari wadah. Sekarang, mari kita mengolah okra, semoga suka yaaa dengan resep favorit keluarga saya, selamat mencoba.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun