Mohon tunggu...
Rani Rasyida
Rani Rasyida Mohon Tunggu... Guru - Guru

Rasulullah Saw. bersabda, “Barangsiapa yang menjadikan negeri akhirat sebagai orientasinya maka Allah akan menjadikan kekayaan di dalam hatinya dan Dia akan mengumpulkan segala kekuatannya sementara dunia ini akan datang mengejarnya dengan penuh ketundukan, dan barangsiapa yang menjadikan dunia sebagai orientasinya maka Allah akan menjadikan kefakiran di hadapannya dan mencerai-beraikan kekuatannya dan dunia tidak datang kepadanya kecuali apa yang telah ditetapkan baginya.” (H.R. Tirmidzi) https://ranirasyidaa.wordpress.com/ https://catatanmuslimah.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Koneksi antar Materi Modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi

6 November 2023   19:42 Diperbarui: 6 November 2023   19:49 205
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber foto : dokumentasi CPG

2.1.a.8 KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 2.1 

PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

 

Rani Rasyida

Calon Guru Penggerak Angkatan 9

SMKN 1 Katapang Kab. Bandung

Pembelajaran berdeferensiasi merupakan  metode pengajaran yang bertujuan untuk  mengakomodasi kebutuhan belajar murid yang berbeda-beda. Pembelajaran berdeferensiasi memberikan ruang yang sama bagi murid untuk menumbuhkembangkan minat dan bakatnya saat belajar didalam kelas. Pembelajran berdeferensiasi adalah bentuk keadilan dalam memenuhi kebutuhan belajar murid yang beragam. Oleh karena itu guru harus memahami karakteristik, minat dan bakat setiap murid-muridnya. Hal ini penting untuk menentukan proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan setiap murid.

A. Bagaimana pembelajaran berdeferensiasi dapat di implementasikan di dalam kelas? 

Pertanyaan ini harus difahami mulai dari bahwa seorang  guru harus mampu memberikan keadilan dalam memenuhi kebutuhan belajar murid yang beragam. Adil disini bukan berarti pembagian sama rata, keadilan yang dimaksud disini adalah guru berusaha memastikan semua murid mendapatkan apa yang dia butuhkan dalam menumbuhkan kembangkan minat dan bakatnya, dan tetunya saja hal itu akan menjadikan porsi yang berbeda-beda untuk semua murid. Guru harus melakukan assessment awal terkait minat dan bakat siswa dengan mengidentifikasi karakteristik murid ini bisa dijadikan sebagai acuan untuk proses pembelajaran berdiferensiasi selanjutnya.

Setidaknya ada 3 aspek yang harus di identifikasi oleh seorang guru sebelum melaksanakan pembelajaran, yaitu :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun