Mohon tunggu...
muhammad nurul
muhammad nurul Mohon Tunggu... Guru - Penulis Baru

Instruktur di Balai Latihan Kerja Pasaman Barat - Senang bermain dengan kata, semoga apa yang diketik bisa membawa manfaat untuk sesama. Insya Allah.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Mau di Medsos atau Marketplace, Hukum Kausalitas Berlaku

27 Juni 2023   06:00 Diperbarui: 27 Juni 2023   07:46 185
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
canva.com, diolah penulis

Mau di Medsos atau Marketplace, Hukum Kausalitas Berlaku  - "Dan tidak satupun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)." Qs. Hud Ayat6. Ayat ini menjadi dasar kita untuk tidak ragu dan takut masalah riski. Kemudian apa yang perlu kita takutkan, laku tidak lakukah jualan kita di Media Sosial ataupun dimarketplace? semua sudah tertulisakan.

Namun kalau kita pernah mendengar hukum kausalitas (sebab akibat), tentu kita tidak berserah diri saja. Ada upaya yang harus kita lakukan untuk mendapatkan yang terbaik walau sudah dituliskan hasilnya oleh Allah. 

Hukum kausalitas merupakan bagian dari sunnatullah yang dapat di rasionalkan dalam akal pikiran manusia, karena kehendak Allah tidak dapat dijangkau oleh akal manusia, maka Allah menciptakan sebab untuk akibat. 

Sebagai pedang sekarang tentu sudah memiliki stategi khusus untuk mampu meningkatkan penjualannya. Ada yang fokus di Sosial Media ada juga yang fokus di Marketplace dan tidak sedikit pula yang menjalani keduanya. 

Mana yang lebih baik? semua tergantung pada individunya, jika individu itu bisa fokus kepada keduanya maka akan lebih baik, sebagaimana pepatah bilang semakin banyak sumber akan semakin banyak air yang didapat. Tapi jika tidak fokus, keduanya malah tak akan menghasilkan air setetespun. Baik gali saja satu lobang hingga dalam sampai menemukan sumber yang besar.

Berdagang memang sudah dipermudah di era sekarang. Cukup post barang dagangan penjual langsung bisa melihat apa yang sedang kita jual. Namun ingat semua butuh strategi dan konsisten. 

Strategi seperti apa? lihat pasar yang akan dituju, lihat peluang produk diterima di pasar, posisioning brand sangat diperlukan untuk bersaing berjualan di era digital sekarang ini. 

Konsisten dalam mempromosikan produk juga takkalah penting. Konsisten menyampaikan keunggulan yang ditawatkan dan didapat calon konsumen merupakan syarat penting sukses berjualan di era sekarang.

Semua metode baik. Mau berjualan di medsos atau marketplace, sama saja. Namun ingat semua sudah ditentukan oleh Allah, jadi jangan risau sesuai pesan yang disampaikan Allah dala QS. Hud ayat 6. Tapi jangan indakkan hukum kausalitas!

Penulis : Muhammad Nurul - Pasaman Barat, 27 Juni 2023

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun