menurut piaget, anak-anak yang berada di dalam tahap praoperasional belum mampu melakukan berbagai oerasi yang bersifat aktivitas yang dibalik.Meskipun demikian mereka mulai mampu menyajikan dunia dengan menggunakan simbol untuk membentuk konsep-konsep yang stabil dan untuk bernalar. Selama sub tahapan fungsi simbolik yang berlangsung dari usia 2 sampai 4 tahun ini, anak-anak mulai menciptakan simbol. Meskipun demikian, pemikiran mereka masih dibatasi oleh egosentrisme dan animisme.
Teori vygotsky menyajikan pendekatan konstruktivis sosial terhadap perkembangan. Menurut vygotsky, anak-anak menyusun pengetahuannya melalui interaksi sosial, dan mereka menggunakan bahasa bukan hanya untuk berkomunikasi dengan yang lain, namun juga untuk merencanakan, mengarahkan dan memonitor tingkah lakunya sendiri, serta untuk membantu mereka memecahkan masalah-masalahnya.
Selama masa kanak-kanak awal, kemampuan anak dalam menanggapi stimuli bertambah,. Meskipun demikian, anak cenderung untuk lebih menanggapi ciri-ciri tugas yang menonjol dibandingkan yang relevan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H