Aku terkejut saat  anak milenialku itu lari ke rest room dengan muka pucat.  Terdengar dari kamar mandi, suara  orang yang muntah.  Â
Kepanikanku timbul : Â "Kamu kenapa?". Â Dengan pucat pasi dia mengatakan mual tak bisa makan, dan pengin muntah terus.Â
Hanya dalam waktu sekitar 10 menit, dia sudah kembali lari ke toilet. Â Memuntahkan segala sisa makanan.Â
Wah aku segera memberikan obat mual yang baru saja kubeli dari apotik. Â Â Hanya dalam hitungan detik, anak berlari ke toilet untuk kesiakan kalinya.
"Wah kamu harus ke rumah sakit nich, udah hampir 7 kali kamu bolak-balik muntah. Tak ada satu makan pun yang kamu konsumsi!" seru saya.
Sempat berpikir  pola gaya hidup  sehat anak milenial say aini sehat, diet keto tanpa makan daging, maupunn karbo.  Sakit ketatnya,  kadang-kadang salah kaprah, menghindari semua makanan.
Tanpa pikir panjang, segera cek apakah  dokter spesialis  gastroenterologi praktek di rumah sakit. Ternyata masih bisa booking satu pasien lagi.Â
Begitu sampai di rumah sakit,  anak tak tahan lagi untuk muntah, dia buru-buru  ke toilet lagi. Saat registerasi, saya sudah membawa  kartu asuransi anak.Â
Begitu  dapat nomor antrian dokter yang dituju, segera kami ke tempat prakteknya.Â
Selesai periksa dokter,biaya dokter dan obat-obatan pengobatan tak perlu dibayar secara tunai tinggal gesek kartu asuransi dan tanda tangan surat diagnosa dari dokter.
Lega banget saya karena semua urusan ke dokter bisa selesai dalam waktu singkat karena besok hari adalah hari libur panjang.Â
Kesehatan merupakan salah satu kebahagiaan bagi para milenial.  Meskipun Kebahagiaan bagi setiap generasi  berbeda satu dengan yang lainnya.Â
Bagi mereka yang termasuk golongan  tua mengatakan bahwa kebahagiaan tidak dapat diukur oleh uang.
Setiap generasi  pasti memiliki cara pandang yang berbeda tentang relasi dengan teman, kesehatan atau kekayaan dan kebahagiaan.
Milenial atau Baby boomers disebut sangat optimis dan menolak disebut bukan pekerja keras. Â Mereka tidak mengejar uang karena memang uang bukan satu-satunya kebahagiaan. Â Mereka akan kejar kebahagiaan yang sesungguhnya .Kebahagiaan yang punya dampak bermanfaat dalam hidup mereka. Contohnya dampak dari suatu perlindungan yang mereka bayar disebut dengan asuransi.
Kebahagiaan saat mereka mengalami pengalaman yang menarik dalam mencari informasi dengan mudah  dan bertransaksi  secara digital , ngga ribet, mudah dan cepat dan premi yang terjangkau sesuai dengan kantong mereka.  Apalagi jika sudah punya polis, ngga perlu lagi datang ke kantor perusahaan asuransi hanya untuk memperoleh informasi pembayaran atau  refund klaim .
Dalam sebuah survey yang diadakan oleh Inventure dengan tajuk "Insurance Industry Outlook", 78,7% dari total 629 responden menyatakan bahwa  ancaman pandemic membuat para milenial semakin sadar pentingnya kepemilikan asuransi jiwa dan Kesehatan. Dalam survei  tersebut jumlah responden yang menyetujui untuk memiliki asuransi Kesehatan/jiwa sebesar 78.7%  , sementara yang tidak setuju sebesar  21.3 %.
Di era digital,  bagi milenial yang baru saja ingin mengajukan  aplikasi untuk asuransi, pasti  menginginkan  prosesnya  pengajuan aplikasi yang  serba mudah, cepat tanpa melalui perantara atau agen penjualan asuransi.
Seringkali terjadi kesalah pahaman antara  agen asuransi dalam menjelaskan tentang produk asuransi . Kesalah-pahaman itu terjadi karena  perbedaankepentingan agen dan kepentingan /kebutuhan milenial.
Untuk menghindari kesalahah-pahaman ini,  perusahaan asuransi Allianz telah menghadirkan  dan memfasilitasi  kebutuhan mereka dengan asuransi Kesehatan  online atau  asuransi online.
Para calon pembeli polis dalam waktu yang singkat dapat membaca  semua ringkasan  tentang produk unggulan online itu dalam satu rangkuman yang disebut dengan "Ringkasan  Informasi Produk dan Layanan (RIPLAY) Umum".
Produk asuransi  online unggulan yang dapat  memenuhi kebutuhan kebahagiaan dan kesehatan dikemas dan dikenal dengan nama  Allianz OptimAll,  yang punya jargon  Lebih OptimAll.
eAZYHealth  merupakan Produk asuransi Kesehatan online yang ditawarkan oleh PT. Asuransi Allianz Utama Indonesia , untuk kesehatan individu  untuk memberikan manfaat santunan tunai harian apabila tertanggung di Rawat Inap di Rumah Sakit dan Rawat Jalan.
Semua keterangan tentang premi, deskripsi produk, manfaat produk, simulasi, risiko dan syarat dan ketentuan pembelian asuransi dicantumkan dalam masing-masing produk dan dapat dibaca secara online . Â Sebagai orang awam yang belum mengenal literasi asuransi pun, akan mudah memahami penjelasan yang diuraikan dengan bahasa sederhana dan langsung pada poin-poin yang perlu dipahami oleh calon pembeli asuransi.
Sebagai contoh tertanggung  berusia 15 hari-20 tahun, pembayaran premi Rp.1.377.000 per tahun, dengan manfaat rawat inap dan rawat jalan yang tercantum datanya secara rinci. Bahkan diberikan simulasi untuk Bapak Beni usia 41 tahun pembayaran premi Rp.1.674,000/tahun, manfaat yang akan diterimanya ketika harus rawat inap selama 7 hari karena demam berdarah dengue.
Kebutuhan manfaat ini harus sesuai dengan kemampuan bayar premi . Â Kita tidak bisa memaksakan diri untuk mendapat manfaat besar dengan pembayaran premi besar tapi kita tidak mampu membayarnya.
Apabila setelah membaca dengan teliti dan saksama RIPLAY tersebut, kita tinggal mencari situs allianz untuk mencari agent terdekat melalui situs allianz. Agent akan menghubungi kita untuk memproses polisnya.
Apabila kita sudah selesai mengajukan persetujuan, kita pasti tinggal menunggu polisnya. Polis yang ditanda-tangani secara elektronik merupakan bukti sah persetujuan kita untuk mematuhi semua regulasi dari polis yang kita beli.
Sebelum membeli suatu produk, pastikan apa keunggulanya. Â Jangan sampai kita tidak membandingkan produk ini dengna produk yang sejenis.
Keunggulan  produk ini adalah
- Mudah: dapat dibeli secara online melalui aplikasi
- Cepat : Klaim lengkap dan benar dibayarkan dalam 7 hari kerja
- Komprehensif: Jangkau perlindungan mencakup seluruh dunia
- Effisien premi tergantung dari usia pemohon
- Praktis tidak memerlukan pemeriksaan Kesehatan
Terdapat 3 pilihan planyang dapat disesuaikan dengan kebutuhan  (eAZyHealth, SmartGuardProdtecion Plan A dan SmartGuardProtection Plan B).
Setelah memilih, menyetujui dan memiliki polis,  kita tidak perlu  ribet  untuk mencari informasi bagaimana pembayaran , bagaimana untuk berobat, bagaimana koverage atau bagaimana mengajukan klaim.Â
Untuk memenuhi kebutuhan semua informasi di atas, telah disiapkan dan diluncurkan  layanan digital yang yang disebut eConnect .Gunakan Easy Connect ini melalui web aplikasi (progressive web app/applikasi melalui playstore) .  Keuntungan gunakan aplikasi eConnect, benar-benar user friendly, mudah diunduh dari playstore dan tidak perlu update serta hemat memori.
Akses untukWindow  gunakan Google Chrome, Mozilla Firefox, untuk laptop McOS gunakan  Safari , atau  gadget iOS  Segera daftarkan diri (gunakan email sebagai user id, password dan handphone) lalu aktivasi.
Khusus untuk asuransi Kesehatan,ada tiga fitur yang disiapkan dalam eConnect yaitu eAZyPayment  fungsinya untuk mengecek histori pembayaran, transaksi, dan  investasi ;  eAZyMedical untuk mengecek histori polis dan terakhir  eAZyCover untuk  Klaim dan Ajukan Klaim Kesehatan.
eConnect menjadi satu layanan asuransi Kesehatan dan jiwa online yang terpadu dan cukup mudah askesnya  dalam satu genggam jadi impian semua pemegang polis eAZYHealth produk dari Allianz.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H