Mohon tunggu...
Ina Tanaya
Ina Tanaya Mohon Tunggu... Penulis - Ex Banker

Blogger, Lifestyle Blogger https://www.inatanaya.com/

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Bermaaf-maafan Berani Membuang Ego, Hidup Saling Berdamai

22 Mei 2020   13:29 Diperbarui: 22 Mei 2020   13:41 893
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: BeritaCenter.com

Membahas tentang bermaaf-maafan, umumnya identik dengan  silaturahmi  sebelum  Ramadan dan saat Lebaran.  Setelah shalat Id,  semua warga datang ke rumah orangtua, kerabat yang dituakan atau teman-teman dekat, atasan yang "open house".

Sebelum Ramadan, selalu ada acara bermaaf-maafan, baik secara pribadi maupun komunal.

Acara buka rumah itu biasanya dimulai dengan acara bermaaf-maafan.   Jika ini terjadi di istana Kepresidenan, maka kita akan  berbaris rapi dengan membawa kartu undangan dari ke Sekretariat Keprisedanan .  Satu persatu mereka akan menyalami Presiden dan istri untuk sungkem dan minta maaf. Setelah selesai acara bermaaf-maafan, barulah dilanjutkan dengan makan ketupat sebagai puncak dari acara Idul Fitri.

Sebelum ada Covid-19, kami kelompok Ibu-ibu Senam Tera, selalu mengadakan silaturahmi sebelum Ramadan untuk saling beramaafan.  Bersih hati jelang puasa.

Saat saya bekerja, acara bermaaf-maafan baru dapat dilakukan setelah libur kerja usai.  Hari pertama kami masuk kerja, saya dan beberapa orang berkeliling ke semua divisi/departemen di seluruh lantai kantor.  Kami saling minta maaf atas kesalahan sambil mengucapkan selamat Idul Fitri.

Begitu pula acara bermaaf-maafan dengan skala rumah tangga atau keluarga  umumnya, anak-anak yang telah berkeluarga akan mengunjungi ibu, ayah atau mertua perempuan/lelaki atau kerabat dari pihak ibu atau ayah, nenek dan seterusnya.

Sungkem dan silaturahmi untuk minta maaf merupakan suatu momen yang berharga ketika kita datang ke keluarga besar.  Momen penting itu hanya terjadi setahun sekali.  Kita tidak pernah tahu apakah dalam setahun itu kita pernah melukai hati dengan perkataan, perbuatan atau apa pun.

Pengalaman Pribadi:

Seringkali dalam perjalanan kehidupan , baik itu antar saudara atau antar keluarga, pasti ada perkataan atau perbuatan  yang tak sengaja  membuat hati kita tidak berkenan.   Saya pun pernah mengalami hal yang sama.

Saya merasa  relasi  dengan keluarga pihak keluarga  suami  terputus.   Saat  mereka menghakimi saya dengan hal-hal yang tidak pernah saya perbuat. Bahkan, ketika kami merasa berat hati  bahwa saya jadi pembicara atas nama suami untuk menghentikan bantuan . Namun, ternyata ada yang salah paham dengan hal ini.  Saya justru dipersalahkan.

Dalam kondisi demikian, hati saya sedih, dan saya berdiam diri bahkan saya justru berbalik arah.   Sikap hati saya membeku karena merasa dipersalahkan tanpa salah.

Tali persaudaraan sempat terputus. Kami tidak lagi menjadi dekat seperti dulu. Kami seolah menjadi manusia asing di antara saudara-saudara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun