Ngoplah Belajar SEO memang cukup berat temanya yaitu "SEO", terutama bagi saya yang lanjut usia. Event Ngoplah SEO diadakan pada tanggal 12 Mei di Gedung Kompas, Ruang Studio II bukan event formal. Mulai dari nara sumbernya adalah internal sendiri alias ketua Ketapels, Al-A'la Dzulfikar, sampai kepada tempat belajarnya pun duduk di tikar dalam suatu ruangan ber AC di lantai 6. Tapi wajah-wajah peserta yang datang itu sungguh serius mau belajar SEO.
Setelah itu langsung disambung kepada pemaparan materi. Kang Dzul, panggilan dari Al-A'la Dzulfikar mengatakan bahwa setiap blogger diharapkan memiliki blog yang punya niche yang sangat specific. Artinya jika blog itu niche tentang wisata atau travelling, maka menuliskan tentang wisata terus.Â
Jangan dicampur adukkan dengan niche yang lainnya. Hal ini sangat penting sekali karena google 2018 dengan algoritma yang barunya sudah dapat mengindentifikasi blog yang punya niche yang konsisten akan tinggi nilainya.
Selain, niche maka konten dan penempatan keyword itu jadi andalannya SEO.
Pembahasan terbagi dalam materi yang disusun secara sistimatis dan langsung ke pertanyaan jika ada yang belum dipahami :
Meningkatkan traffics organic lewat SEO
Cara mencari keywords berkualitas
Cara menentukan keywords yang tepat
Cara menerapkan keywords dalam postingan blog atau Kompasiana
Cara mencari keywords yang berhubungan dengan keywords utama
Cara mencari parent keywords
Meningkatkan traffic organic lewat SEO:
Konten sebaiknya sich tidak SEO sytle tetapi lebih ke reader friendly. Tidak perlu lagi mengikuti kaidah sebelumnya harus 1000 kata tetapi harus merespon kebutuhan informasi bagi pembacanya. Mencari keyword berkualitas dan penempatan yang tepat jadi andalannya agar tulisan kita dapat menduduki tempat pertama sampai ketiga di halaman pertama google.
Cara mencari keywords berkualitas:
Masalah dari kita dalam menentukan keywords berkualitas adalah tidak mengetahui dimana tempatnya dan bagaimana cara menganalisanya.
Yang pertama dilakukan adalah mencarinya di situs ini
 https://adwords.google.com/home/tools/keyword-planner/
Cara menganalisanya:
- Mulai gunakan kyword planner
- Masukkan keyword yang akan digunakan misalnya: belanja dan belanja online
- Klik "mulai"
- Dari Hasilnya: pada kolom cari penelusuran bulan rata2: lihat yang 1-10 ribu dan status rendah/sedang persaingannya
- Kita dapat ambil: situs jual beli online' toko online terpercaya, online shop terpercaya
 Cara mencari keywords yang tepat
https://trends.google.com/trends/explore?
- Setelah memasukkan dua keyword yang dipilih
- Terlihat bahwa dua statistik dari kedua keyword
- Pilihlah statistik yang tinggi:
- Contohnya: antara "belanja" dan "belanja online" yang tertinggi adalah belanja
Cara menempatkan keyword dalam posting:
Tempatkan keyword yang telah dipilih di bagian-bagian ini:
- 1.judul
- 2.permalink
- 3.sub judul(h2)
- 4.paragraph tengah
- 5.paragraph akhir
Tips2:
- - judul: kata provikatif
- -gunakan Google Webmaster tools utk verifikasi dr keyword dan memilih yg berkualitas
Cara mencari keyword yang berhubungan dengan keyword utama, dapat dicek dari situs:
- Masukkan kata keyword "Belanja online"
- Generate
Seringkali kita mendengar kata semantik atau arti sebuah kata. Misalnya dari sebuah keyword menu buka puasa. Kita dapat gunakan sebagai berikut:
judul : Daftar Menu Buka puasa untuk 10 hari Ramadhan 2018
Sub Judul: Menu 10 hari pertama
Judul: Resep Buka Puasa sederhana 10 hari Pertama
Sub Judul: Menu 10 hari kedua
Optimazation Blog:
Ketika kita sudah mengikuti kaidah SEO itu, kita perlu melihat hasilnya di pageview Google. Apakah tulisan atau posting kita sudah masuk ke dalam pageview di ranking 1, 2 atau 3. Jika ternyata belum karena kompetitor itu jauh lebih baik di mata google, maka kita harus berusaha untuk menggali apa sebabnya kompetitor bisa jauh lebih baik.
Analisa situs kompetitor yang berada di rank 1, 2 atau 3 denganÂ
https://ahrefs.com/ (untuk menganalisa backlink kompetitor)
Dari hasil analisa itu, kita harus perbaiki posting kita dengan membandingkan keyword yang dipergunakan oleh kompetitor, juga mendapatkan backlink yang lebih banyak dari kompetitor kita.
Bagaimana belajar lebih jauh tentang SEO:
Ada beberapa situs yang dapat kita akses untuk kita pelajari lebih lanjut:
SEO Source
https://www.searchenginejournal.com/
Peserta antusias untuk bertanya saat pemaparan. Tidak perlu menunggu selesainya pemaparan. Dijawab dengan baik oleh nara sumber dengan baik sekali.
Belajar SEO untuk pemula bukan suatu keniscayaan. Tapi harus berani mengexplore lebih banyak dan menganalisa kompetitor karena google hanya menempatkan tulisan yang baik, berkualitas dan sesuai dengan parameter SEO di pageview 1.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H