Dunia digital bukan hanya merambah kepada satu industri saja, tetapi hampir semua industri terkena dampaknya. Â Salah satunya adalah industri perbankan.
Epos dari perbankan retail juga menunjukkan perubahan drastis dari perilaku nasabahnya. Â Para nasabah lebih menyukai kepraktisan dari segi pembayaran, Â informasi, Â transaksi melalui inovasi yang cepat dan mudah dalam pembayaran dan tansformasi yang lebih luas dalam sistem yang dimungkinkan oleh teknologi digital. Â
Digital perbankan tak bisa dihindari karena hal itu menjadi suatu kesempatan di satu sisi, tapi di sisi lain merupakan resiko bagi bank.  Keduanya menjadi masalah bagi perbankan.  Dunia digital bisa dapat diangggap suatu kesempatan baru tapi dapat dianggap sebagai ancaman jika masih mempertahankan hal yang konvensional. Lebih baik  fokus untuk mengambil langkah yang lebih dalam di dunia digital.
Kesempatan baru itu sudah dibuktikan  oleh pemain dari retail perbankan yang telah mulai terjun ke dunia digital dengan meraup pendapatan dan laba dengan skala yang jauh lebih besar bagi bank yang telah mampu menyerap teknologi digital , untuk memproses semua transaksi dengan otomatis,  menciptakan produk-produk baru , memperbaiki  peraturan kepatuhan atau yang dikenal dengan "regulatory compliance", mentransformasikan  pengalaman dari nasabah, disrupsi komponen penting  dari distribusi .  Institusi , bank  yang tak mau menggunakan inovasi digital akan ditinggalkan oleh nasabahnya, pasar keuangan , bahkan pengambil kebijakan.Â
4 "Role Model" yang tepat untuk memenangkan sistem digital dalam industri perbankan:
- Digital Relationship Manager: Â Relasi dengan nasabah makin dalam dengan adanya arus informasi tanpa batas dan transaksi melalui channel fisik dan digital
- Digital Category Killer:  nasabah mengetahui kepada siapa dia harus  berbicara untuk produk dan jasa yang memiliki teknologi secara khusus.
- Open Platform Player:  Bekerja sama dengan partner  untuk mencari solusi berinteraksi dengan dan sharing nilai yang diinginkannya.
- Utility Provider: Â Bank mempersiapkan nasabaha semua kebutuhan dan solusi dari nasabah mulai dari penempatan deposito sampai pinjaman /kredit lunak.
Bank Ganesha sebagai bank devisa yang telah masuk dalam pasar modal sebagai emiten dimana sahamnya telah tercatat secara resmi di Bursa Efek Indonesia
Setelah melepaskan sahamnya sebesar 5.372.320.000 dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO. Hasil IPO dipergunakan untuk memperkuat struktur  permodalan dan mendukung ekspansi kredit dan investasi pengembangan bisnis untuk pembiayaan segmen konsumer, komersial dan SME (bidang teknologi digital).
Dengan adanya penambahan modal, peningkatan status bank berubah menjadi bank umum kegiatan usaha (BUKU) II dengan modal inti lebih dari Rp.1 triliun.
Langkah strategis yang diterapkan  oleh Bank Ganesha dalam rangka menghadapi teknologi digital adalah dengan  menggunakan "role model" open platform player dan utility provider".  Langkah awalnya dengan membangun open platform player yaitu https://www.bankganesha.co.id/.
Begitu akses ke situs  platform ini , saya sangat surprise melihat  penampilannya yang menarik .  Sebagai calon nasabah ,saya dapat dengan mudah membaca atau "grab" produk lengkap  yang ditawarkan oleh Bank Ganesha.  Tabungan, kredit dan pinjaman,kartu kredit , online banking, Bancasurrance, berbagai promo.  Masing-masing produk dibaca dengan jelas pada keterangan atau diskripsinya.
Tabungan dengan berbagai kategori sesuai dengan kebutuhan dan manfaatnya.  Keunikan dan keunggulan dari  produk tabungan MAPCLUB adalah nasabah dapat menikmati belanja di lifestyle retailer terbesar, PT. Mitra adiperkasa, dikenal "MAP"  dengan menggunakan poin hasil dari tabungannya.
                                      Â
E-channel: Â
Inilah transformasi pengembangan teknologi digital oleh Bank Ganesha, dari sebuah bank devisa menjadi bank digital yang dikenal dengan  mengusung tag  "Experience Everyday Banking by Bank Ganesha", cepat,aman dan nyaman.
Diawali dengan  "G-online"sebuah feature online banking  dimana semua nasabah baik individual maupun corporate dapat mengungkapkan pengalamannya dalam bertransaksi baik untuk transfer, pembukaan deposito,pembelian pulsa/tiket, pembayaran tagihan telpon, tv kabel.   Bagi nasabah korporat , lebih lengkap fiturnya dengan transfer SKN/RTGS, pembelian , pembayaran, virtual account, payroll, Sweep in/Sweep Out.
"G-onLine"  dioperasikan melalui internet di komputer dengan sistem pengamanan yang sangat "secure"  yaitu encripsi dari situs, password  dan Mobile PIN yang sudah diverifikasi dan konfirmasi sebelum transaksi dilakukan.
Langkah berikutnya Bank Ganesha telah membangun platform  aplikasi yang sangat mobile, handy, cepat dan mudah disebut dengan "BANGGA".  Aplikasi ini dapat diunggah dari Android melalui Google Playstore atau  iOS melalui App Store.
Apa yang sebenarnya ingin  dikatakan  aplikasi BANGGA kepada nasabah,  "Inilah Gaya Hidup bersama Bank Ganesha". Â
Ada  fitur Belanja online,  Layanan yang terdiri dari News, Games, Promo dan Donasi.   Bagi milienals,  Anda tak perlu ragu lagi dengan kemudahan penggunaannya karena cukup download dan masukkan user name dan password.  Pilih salah satu yang Anda inginkan,  Belanja online, News, Games, Promo atau Donasi. Â
Langkah-langkahnya sangat mudah dan BANGGA menyediakan gaya hidup lengkap bagi nasabahnya dalam berbelanja, berinteraksi, berselancar  dalam satu genggaman "BANGGA".
Â
Terakhir adalah  G-Money merupakan  dompet elektronik .  Fitur dari uang elektronik ini  jadi uang saku kamu atau disebut cash wallet, dihubungkan dengan kartu kredit.  Manfaatnya dapat digunakan untuk belanja di merchant-merchant yang bekerja sama dengan Bank Ganesha .  Tanpa harus membuka akun di  Bank Ganesha. Cara menggunakannya dengan upload melalui  Android di Googple Playstore  atau iOS  di App Store  dengan nama  G-Money.  Â
Mengenal lebih dekat dengan Bank Ganesha  yang telah bertransformasi untuk menyongsong  banking digital , membuat kita ingin secepatnya jadi nasabah karena digital perbankan memudahkan , mempercepat transaksi serta gaya hidup tetap terjaga.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI