Pernahkah terpikir kenapa blog Anda tidak punya konten viral. Pertanyaan yang sama juga terjadi pada saya. Menulis di blog pribadi saya sudah hampir 4 tahun dengan hampir 165 artikel. Namun, kok momen viral konten itu belum juga muncul pada blog saya. Apa sebenarnya yang jadi masalah yach?
Masalahnya baru terjawab setelah saya ikut workshop “Sponsored Viral Content” yang diprakarsai oleh Blogger Perempuan dengan Nara Sumber, Reza Gardino.
Awalnya Reza bertanya kepada kami semua yang hadir di workshop , apa artinya viral itu. Beberapa peserta ada yang menjawab bahwa viral itu adalah dengan hitungan menit, detik berita dapat menyebar sampai ke jumlah yang tertinggi. Ada pula yang mengatakan bahwa viral itu ketika video, berita itu disukai semua orang.
Ternyata, jawaban yang paling benar adalah viral itu apabila penyebaran berita/tulisan itu meluas bukan hanya berada di circle /lingkaran kita. Artinya tuisan itu bukan hanya dishare oleh teman yang mengenal kita atau orang yang sudah senang dengan tulisan kita. Justru tulisan itu disebarkan oleh orang yang tidak mengenal atau bukan teman atau orang-orang di lingkungan teman, sahabat atau follower kita.
Sedihnya, blog saya itu ternyata sampai sekarang belum viral kenapa karena indeks share hanya 8. Loh , kok bisa yach, usaha keras sudah dilakukan dengan menulis posting yang menurut saya akan menarik buat pembacanya. Tehnik yang demikian itu ternyata tidak benar.
Ada tips yang perlu diketahui oleh Anda yang ingin kontel viral di media sosial:
TIPS PERTAMA:
Kenapa harus viral?
Setiap blogger punya cita-cita dong untuk menerima sponsor post di blognya. Siapa sich ngga pengin mendapatkan uang atau memonetize blognya sehinggal menghasilkan pundi-pundi dari hasil jernih payahnya.
Nach, seperti blog saya yang belum memiliki konten viral, saya pengin sekali jadi viral karena viral itu akan menjadi dasar pertimbangan utama dari para stakeholder seperti social entrepreneur atau komersial, perusahaan brand besar.
Ayo, sekarang kita belajar dulu untuk mengetahui seluk beluk konten viral.
TIPS KEDUA:
Click Bait VS Viral Content
Seringkali kita menjumpai di sebelah kanan facebook ada timeline yang judulnya sangat menarik perhatian kita. Menarik karena provokatif. Contohnya : “Jaket Jokowi keren, Lazada untung besar”. Begitu baca, orang langsung tertarik pengin membacanya dengan mengklik url dari judul itu. Begitu diklik ternyata apa yang ditulis di judul tak sesuai dengan konten di dalamnya. Berbeda dengan apa yang menarik dengan apa yang ditulis. Itu sangat mengecewakan hati pembacanya. Langsung pembaca meninggalkan tulisan itu tanpa mencoba untuk menyebarkan berita itu.
Ketidak-sinkronan antara judul dengan konten disebut dengan Click bait.
Click bait akan dihindari oleh Facebook karena sejak September 2016 facebook telah membuat Algoritma Baru di Facebook dimana orang yang masuk dan keluar lagi itu akan tercatat dalam Algoritma.
TIPS KETIGA:
Bagaimana cara untuk viral?
Kunci agar konten tulisan menjadi viral adalah AIDA.
AIDA singkatan dari :
Awareness: DariBelum tahu jadi tahu
Contoh kalimat:
-Sungguh Smartphone itu Candu bagimu, ini alasannya… dan Cara mengatasinya
-Dengan Menggunakan Smartphone tubuhmu memproduksi dopamine, dan itu serupa obat antidepresi
Interest: Dari Sudah tahu jadi menyukai
Contohnya:
-Sebenarnya kamu sudah tahu setiap kehidupan perlu kontrak, tapi kamu tak mau ribet dengan pengacara. Ini sekarang ada yang mudah untuk mengetahui pengacara yang perlu kamu pilih)
Desire : Sudah suka dengan benda itu dan sekarang bagaimana supaya kamu sekarang mempunyai
Contoh:
-Jika kamu punya smartphone ini, ada keuntungan yang akan kamu peroleh. Keuntungan: pertama; kedua..
Action: Sudah punya jadi Ingin Punya Model yang baru Sekarang ini juga (atau lakukan sekarang ) Contoh:
- Sekarang kamu harus membelinya, jika tidak kamu akan rugi dengan potongan harga dan ketinggalan mode yang tidak kamu inginkan.
-Rekomendasi kepada Mahkamah Agung, Katakan TIDAK pada pernikahan Anak Usia DIni .Ubah Usia Pernikahan 18 menjadi 21
TIPS KEEMPAT:
Merancang Materi Viral:
- Seach
- Url dari SERP: check ke http://graph.facebook.com (https://developers.facebook.com/docs/apps/upgrading)
- Masukkan satu persatu dari kalimat yang muncul di seach.
- Lalu kamu masukkan ke list berapa share dari kalimat itu , buatlah dalam excel
- Ambil share yang paling banyak agar viral.
Facebook jadi acuan untuk riset karena dari semua sosial media itu ternyata yang paling digunakan secara aktif adalah Facebook. Oleh sebab itu FB menjadi acuan untuk viral tidaknya konten.
Online behavior Indonesia menunjukkan bahwa yang ingin online untuk medsos (dari android) paling besar yaitu 68.7% Sebagian besar waktu penggunaan internet Indonesia dihabsikan di sosial media
Smartphone user behavior :
Reading magazine: 2 4 minute
Using mobile : 106 minutes
Listening ratio: 28 minutes
TIPS KELIMA
Gaya tulisan memainkan peran penting untuk konten viral. Agar gaya bahasa itu dapat diterima oleh pembacanya, ada kuadran parameter yang perlu diketahui untuk mencapai kepada sasaran emosi pembacanya. Tulisan yang memiliki emosi yang negatif dan lemah dalam menimbulkan emosi, harus diperbaharui sampai tercapai emosi positif dan kuat sehingga pembaca tulisan itu jadi sesuatu yang memang dicarinya.
Emosi positif atau negatif?
Ketenangan:
- Tempatnya bagus
- Kamu capai ketemu tempat yang bagus begini serasa nikmat
- Ada suara burung, bagaikan ketemu hutan di dalam kota
Ceritakan keberhasilan atau terungkapnya sebuah rahasia
Kemarahan:
Menyinggung keprcayaan seseorang
Misalnya : Samsugn lebih baik dari …
Kegelisahan:
BIcarakan tentang potnesi kehilangan
Coton: meomen bahagia tak pernah kembali, siapkan dirimu untuk menghadapi
Ketakutan:
Melakukan kesalahan tanpa disadari
Contoh: sungguh smartphone itu candu, ini alasannya.
Kegembiraan:
- Cerita yang terkait dengan membagikan nostalgia Contoh: Anak sekarang perlu tahu kenapa Khitna pantas jadi musisi legendary paling romantiK.
Nafsu:
- Sajikan potensi yang bisa didapat
- Contoh:
- Kalau kamu melakukan ini kamu dapat.
- Ini rencanaku untuk bulan madu kita nanti
Kejutan:
Tantanglah asumsi seesorang yang berikan cara yang baru.
Contoh: Mungkin kamu sudah kenal Kartini, tapi coba baca ini.
Mungkin Selama ini cara kita minum teh itu keliru.
Di Momen fitri ini, aku Memilih Memaafkannya.
IDENTITAS PUBLIK
Orang biasanya tidak suka menyepi, ingin punya identitas
- harus terindetifikasi
- harus ada jumlah share
STOP:
- Penjahat berkeliaran bahkan di tempat yang terlihat aman
- Pacaran lama belum tentu menikah, jangan mau perempuan jadi perempuan yang rugi.
- Untuk kamu yang berhenti merokok inilah caranya
KENALI DAN TENTUKAN TAGET PEMBACA
FB Group, Google + Community, Kaskus, atau forum online
Tulisan yang ingin menginspirasi
Contoh:
Kitab ini mengatur hidup kita
Demi kebaikanmu, berhentilah merokok!
Ixinkan aku menunjukkan caranya!
Ini loh 3 manfaat PEtai!
Sering dihina karena doyan petai? Santai saja, 3 hal ini membuktikan manfaat petai.
RAHASIA
Contoh:
Kenapa orang Indonesia banyak yang ke Australia..
Ketahuilah waktumu hanya 30 detik.
Makan kepiting di meja tanpa sendok garpu.
BUAT PERTANYAAN SIFATNYA TERBUKA
Contoh:
Aku lebih memilih terlambat menikah daripada salah pilih pasangan hidup.
PAIN & PLEASURE
Sakit dan senang amat sangat.
Contoh:
Sakit hati?
Segurat senyum kamu, bila berarti dunia seisinya untuk orang lain
Laki-laki juga butuh menenangkan diri
Ancamannya? 5 Tahun pencara!
PAKSA UNTUK MEDITASI
. Bayangkan
.Coba perhatikan
.ingat
.Sangat jelas
. Terbayang di kepala
.Coba kamu bayangkan
.Bayangkan kita baru bangun
GUNAKAN KALIMAT PERINTAH
Contoh: Reza menenandang pintu
MENGANTISIPASI KERAGUAN
.Belum paham
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H