Mohon tunggu...
Ina Tanaya
Ina Tanaya Mohon Tunggu... Penulis - Ex Banker

Blogger, Lifestyle Blogger https://www.inatanaya.com/

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

5 Tips untuk Membuat Konten Viral di Medsos

31 Desember 2016   15:14 Diperbarui: 31 Desember 2016   15:30 522
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pernahkah  terpikir kenapa blog Anda tidak punya konten viral.   Pertanyaan yang sama juga terjadi pada saya.  Menulis di blog pribadi saya sudah hampir 4 tahun dengan hampir 165 artikel.  Namun, kok   momen viral konten itu belum juga muncul pada blog saya.  Apa sebenarnya yang jadi masalah yach?

Masalahnya baru terjawab setelah saya ikut workshop “Sponsored Viral Content” yang diprakarsai oleh Blogger Perempuan dengan Nara Sumber,  Reza Gardino.

Awalnya Reza bertanya kepada kami semua yang hadir di workshop , apa artinya viral itu.   Beberapa peserta ada yang menjawab bahwa viral itu adalah dengan hitungan menit, detik berita dapat menyebar sampai ke jumlah yang tertinggi.   Ada pula yang mengatakan bahwa viral itu ketika video, berita itu disukai semua orang.

Ternyata, jawaban yang paling benar adalah viral itu apabila penyebaran berita/tulisan itu meluas  bukan hanya berada di circle /lingkaran kita.   Artinya  tuisan itu bukan hanya dishare oleh teman yang mengenal kita atau orang yang sudah senang dengan tulisan kita.  Justru tulisan itu disebarkan oleh orang yang tidak mengenal atau bukan teman atau orang-orang di lingkungan teman, sahabat atau follower kita.

Sedihnya, blog saya itu ternyata sampai sekarang belum viral kenapa karena indeks share hanya 8.   Loh , kok bisa yach, usaha keras sudah dilakukan dengan menulis posting yang menurut saya akan menarik buat pembacanya.   Tehnik yang demikian itu ternyata tidak benar. 

Ada tips yang perlu diketahui oleh Anda yang ingin kontel viral di media sosial:

TIPS PERTAMA:

Kenapa harus viral?

Setiap blogger  punya cita-cita dong untuk menerima sponsor post di blognya.   Siapa sich ngga pengin mendapatkan uang atau memonetize  blognya sehinggal menghasilkan pundi-pundi dari hasil jernih payahnya.

Nach,  seperti blog saya yang belum memiliki konten viral, saya pengin sekali jadi viral karena viral itu akan menjadi dasar pertimbangan utama dari para stakeholder seperti social entrepreneur atau komersial, perusahaan brand besar.   

Ayo, sekarang kita belajar dulu untuk mengetahui seluk beluk konten viral.

TIPS KEDUA:

Click Bait VS  Viral Content

Seringkali  kita menjumpai di sebelah kanan facebook ada timeline  yang judulnya sangat menarik perhatian kita.    Menarik karena provokatif.   Contohnya  :  “Jaket Jokowi keren, Lazada untung besar”.    Begitu baca, orang langsung tertarik pengin membacanya dengan mengklik  url  dari judul itu.  Begitu diklik  ternyata apa yang ditulis di judul tak sesuai dengan konten di dalamnya.   Berbeda dengan apa yang menarik dengan apa yang ditulis.  Itu sangat mengecewakan hati pembacanya.  Langsung pembaca meninggalkan tulisan itu tanpa mencoba  untuk menyebarkan berita itu.

Ketidak-sinkronan  antara judul dengan konten disebut dengan Click bait.

Click bait akan dihindari oleh Facebook karena  sejak September 2016 facebook telah membuat Algoritma Baru di Facebook dimana orang yang masuk dan keluar lagi itu akan tercatat dalam Algoritma.

TIPS KETIGA:

Bagaimana cara untuk viral?

  Kunci agar konten tulisan menjadi viral  adalah AIDA.

AIDA  singkatan dari  :

Awareness:   DariBelum tahu jadi tahu

 Contoh kalimat:

-Sungguh Smartphone itu Candu bagimu,  ini alasannya… dan Cara mengatasinya    

-Dengan Menggunakan Smartphone tubuhmu memproduksi dopamine, dan itu serupa obat antidepresi

Interest:   Dari Sudah tahu jadi menyukai 

Contohnya:

-Sebenarnya kamu sudah tahu setiap kehidupan perlu kontrak, tapi kamu tak mau ribet dengan pengacara.  Ini sekarang ada yang mudah untuk mengetahui pengacara yang perlu kamu pilih)

Desire  :  Sudah suka dengan benda itu  dan   sekarang bagaimana  supaya kamu sekarang mempunyai 

 Contoh:

 -Jika kamu punya smartphone ini, ada keuntungan yang akan kamu peroleh. Keuntungan:  pertama;  kedua..

Action:   Sudah punya  jadi Ingin Punya  Model yang baru Sekarang ini juga (atau lakukan sekarang )  Contoh:

- Sekarang kamu harus membelinya,  jika tidak kamu akan rugi dengan potongan harga dan ketinggalan mode yang tidak kamu inginkan.

-Rekomendasi kepada Mahkamah Agung, Katakan TIDAK pada pernikahan Anak Usia DIni .Ubah Usia Pernikahan 18 menjadi 21

TIPS KEEMPAT:

Merancang Materi Viral:

Facebook jadi acuan untuk riset karena dari semua sosial media itu ternyata yang paling digunakan secara aktif adalah Facebook.  Oleh sebab itu FB menjadi acuan untuk viral tidaknya konten.

Online behavior  Indonesia menunjukkan bahwa yang ingin online untuk medsos (dari android) paling besar yaitu 68.7% Sebagian besar waktu penggunaan internet Indonesia dihabsikan di sosial media

Smartphone user behavior :

Reading magazine:  2 4 minute

Using mobile :  106 minutes

Listening ratio:  28 minutes

TIPS KELIMA

Gaya tulisan memainkan peran penting untuk konten viral.   Agar gaya bahasa itu dapat diterima oleh pembacanya, ada kuadran parameter yang perlu diketahui untuk mencapai kepada sasaran emosi pembacanya.  Tulisan yang memiliki emosi yang negatif dan lemah dalam menimbulkan emosi,  harus diperbaharui sampai tercapai emosi positif  dan kuat sehingga pembaca  tulisan itu jadi sesuatu yang memang dicarinya.

Emosi positif atau negatif?

emosi-58676acc2d7a615c112332f9.jpg
emosi-58676acc2d7a615c112332f9.jpg
Untuk konten viral diperlukan dari kuadran permainan emosi negatif  dan lemah sampai mencapai Kuadran emosi positif dan kuat

Ketenangan: 

  • Tempatnya bagus
  •  Kamu capai ketemu tempat yang bagus begini serasa nikmat
  •  Ada suara burung, bagaikan ketemu hutan di dalam kota

Ceritakan keberhasilan atau terungkapnya sebuah rahasia

Kemarahan:  

Menyinggung keprcayaan seseorang

Misalnya : Samsugn lebih baik dari …

Kegelisahan:

 BIcarakan tentang potnesi kehilangan

Coton: meomen bahagia tak pernah kembali, siapkan dirimu untuk menghadapi

Ketakutan:

  Melakukan kesalahan tanpa disadari

Contoh:  sungguh smartphone itu candu, ini alasannya.

Kegembiraan:

  • Cerita yang terkait dengan membagikan nostalgia Contoh:  Anak sekarang perlu tahu kenapa Khitna pantas jadi musisi legendary paling romantiK.

Nafsu:

  • Sajikan potensi yang bisa didapat
  • Contoh:
  • Kalau kamu melakukan ini kamu dapat.
  • Ini rencanaku untuk bulan madu kita nanti


Kejutan:

Tantanglah asumsi seesorang yang berikan cara yang baru.

Contoh:  Mungkin kamu sudah kenal Kartini, tapi coba baca ini.

Mungkin Selama ini cara kita minum teh itu keliru.

Di Momen fitri ini, aku Memilih Memaafkannya.

IDENTITAS PUBLIK

Orang biasanya tidak suka menyepi, ingin punya identitas

  • harus terindetifikasi
  •  harus ada jumlah share

STOP:

  • Penjahat berkeliaran bahkan di tempat yang terlihat aman
  • Pacaran lama belum tentu menikah, jangan mau perempuan jadi perempuan yang rugi.
  • Untuk kamu yang berhenti merokok inilah caranya

KENALI DAN TENTUKAN TAGET PEMBACA

FB Group, Google  + Community, Kaskus, atau forum online

Tulisan yang ingin menginspirasi

Contoh:

 Kitab ini mengatur hidup kita

Demi kebaikanmu, berhentilah merokok!

Ixinkan aku menunjukkan caranya!

Ini loh 3 manfaat PEtai!

Sering dihina karena doyan petai?  Santai saja, 3 hal ini membuktikan manfaat petai.

RAHASIA

Contoh:

Kenapa orang Indonesia banyak yang ke Australia..

Ketahuilah waktumu hanya 30 detik.

Makan kepiting di meja tanpa sendok garpu.

BUAT PERTANYAAN SIFATNYA TERBUKA

Contoh:

Aku lebih memilih terlambat menikah daripada salah pilih pasangan hidup.

PAIN & PLEASURE

Sakit dan senang amat sangat.

Contoh:

Sakit hati? 

Segurat senyum kamu, bila berarti dunia seisinya untuk orang lain

Laki-laki juga butuh menenangkan diri

Ancamannya?  5 Tahun pencara! 

PAKSA UNTUK MEDITASI

. Bayangkan

.Coba perhatikan

.ingat

.Sangat jelas

. Terbayang di kepala

.Coba kamu bayangkan

.Bayangkan kita baru bangun

GUNAKAN KALIMAT PERINTAH

Contoh: Reza menenandang pintu

MENGANTISIPASI KERAGUAN

.Belum paham

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun