Mohon tunggu...
Ina Tanaya
Ina Tanaya Mohon Tunggu... Penulis - Ex Banker

Blogger, Lifestyle Blogger https://www.inatanaya.com/

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

"Full Day School", Efektifkah untuk Pembentukan Karakter?

14 September 2016   17:25 Diperbarui: 14 September 2016   17:46 568
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ganti Menteri Ganti Kebijakan

Itulah slogan yang sering kita dengar.  Menteri Pendidkan baru , Muhadjir Effendy sudah punya  program baru yang dikenal dengan “Full Day School”.   Pada dasarnya  “Full Day School” itu untuk membangun karakter atau revolusi mental agar krisis moral yang terjadi itu dapat diperbaharui. Revolusi mental dan pembangunan karakter itu dianggap penting karena sering terjadinya narkoba, tawuran, pemerkosaan anak-anak.

Ditengarai  bahwa  krisis moral atau akhlak, mental anak-anak sekarang ini turun derajatnya karena waktu yang luang setelah pulang sekolah digunakan oleh anak-anak dengan hal-hal yang negatif seperti tawuran, berkumpul  dengan gang-gangnya.

Ide atau pemikiran semacam itu mungkin ada benarnya. Tetapi perlu adanya pemikiran yang lebih matang, apakah penyebab akhlak yang turun ini.    Pengkajian itu harus menyeluruh dan matang  karena revolusi mental bukan hanya melihat dari kulit luarnya saja.

Anak-anak yang tawuran gara-gara anak itu setelah pulang sekolah, bukan karena waktu yang luang yang digunakan untuk tawuran atau pergi ke mall atau mencari-cari lawannya yang bisa jadi sasarannya. Justru ada  akar masalahnya yang perlu diketahui  kenapa yang  tawuran selalu terjadi pada anak-anak dari sekolah tertentu saja. Cari akar masalahlah, mungkin karena masalah senioritas atau bullying yang perlu dituntaskan.

Makna  “Full Day School” dari sisi kementrian Pendidikan

Satu sisi, dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menganggap satu-satunya jalan  agar mental dan karakter  generasi penerus di masa datang itu dapat mencapai lebih baik,  hanya dengan “Full Day School” .  

Pengertian “Full Day School” dari sisi kementrian Pendidikan adalah:

Diberlakukan untuk tingkat Sekolah Dasar dan SMP, baik itu swasta maupun negeri.

Untuk anak SD  pulang pukul 15:00-15.30

Untuk Anak SMP pulang pukul 16.00

Kegiatan full day bukan berarti para siswa belajar selama sehari penuh di sekolah. Program ini memastikan siswa dapat mengikuti kegiatan-kegiatan penanaman pendidikan karakter, misalnya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.   

Pak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terinspirasi dari sistem pendidikan swasta yang menurut beliau sudah menggunkan sistem “Full Day School”. Tapi ini bukan berarti sudah dikaji apakah dengan sistem ini sudah pasti  target yang dicapai (pembentukan karakter) sudah berhasil.

Makna “Full School Day” dari segi guru, orangtua

Kerja keras atau extra kerja untuk guru jika mereka harus mengurus anak dari pagi hingga sore hari. Baik itu kurikulum, pelajara maupun extra kurikulernya. Padahal tidak semua guru itu punya kapasitas dan kompetensi yang sama atau standar. Ada yang mampu untuk membuat extra kurikuler yang atau kreativitas agar anak-anak tidak bosan di dalam kelas. Seharian mereka sudah di kelas,  terus  saja mereka berada di kelas atau sekolah.   

Orangtua pun bermacam-macam reaksinya,  tidak semua orangtua itu bekerja di kantor atau kerja formal yang pulangnya  sampai sore. Di Jakarta mungkin sebagian orangtua kerja di kantor, lalu bagaimana di kota-kota kecil di seantero Indonesia, atau di daerah terpencil. Orangtuanya ada yang petani, buruh, yang justru membntuhkan anaknya untuk membantu pekerjaan mereka. Mereka tak peduli dengan apa yang dinamakan pendidikan karakter, ekonomi untuk mengisi kebutuhan pangan jauh lebih penting.

Orangtua harus menyiapkan dana tambahan untuk mempersiapkan makan siang atau beli makanan di sekolah. Dana tambahan itu tak memberatkan bagi orangtua yang berada, tapi mereka yang di daerah terpencil orangtua harus mengeluarkan kocek yang di luar budgetnya akan merasakan berat sekali.

Belum lagi orangtua tidak menganggap bahwa di sekolah itu selalu aman sentosa. Seringkali, justru di sekolah pun ada bullying guru kepada murid atau antar murid sendiri.

Perangkat atau infrastruktur untuk ekskul  dari tiap sekolah berbeda. Ada yang punya lapangan untuk olahraga,  ruangan untuk menari, membatik, latihan paduan suara. Tetapi  lain halnya dengan sekolah di daerah. Kelas yang terbuat dari bahan-bahan “gedeg” , sederhana tanpa memiliki ruang lain seperti komputer, ruang tambahan untuk ekskul.    

 Bagi anak-anak yang harus hari-harinya harus di sekolah, akan merasakan jenuh, cape,  dan bosan. Interaksi dengan orangtuanya (yang tidak bekerja) berkurang.  Dia hanya bertemu dengan orangtua sore hari. Juga anak akan kehilangan interaksi dengan lingkungan sekitar. Anak-anak tidak bertemu dengan teman-teman di sekitar tetangganya.

Anak pun setelah pulang sekolah sudah tak mampu belajar lagi. Padahal sistem pendidikan di Indonesia itu masih menerapkan PR, ulangan.  Anak-anak tak mampu lagi belajar jika sudah lelah jika tiap hari harus pulang sore. Saya pernah belajar di dua sekolah ketika SD karena sekolah saya yang pertama dalam keadaan darurat hampir ditutup , pagi hari saya sekolah di sekolah A, dan siang hari saya sekolah di B. Saya tak tahan lama karena badan saya tak kuat lagi. Saya sering sakit. Akhirnya, orangtua memutuskan saya untuk memilih salah satu sekolah.

Roadmap Pendidikan Indonesia

pixabay.com
pixabay.com
Pembentukan karakter bukan hanya dibentuk dari waktu yang dihabiskan untuk di sekolah. Pembentukan karakter dapat dilakukan sejak kecil, ketika anak itu masih berada dalam keluarga. Orangtua bertanggung jawab atas pembentukan karakter anak-anaknya, menjadi teladan anak.

Setelah anak itu bersekolah, pendidikan karakter tetap diberikan di sekolah, dengan suatu simulasi atau kreativitas seorang guru, bentuk cerita, bentuk tanya jawab, bentuk pendapat atau opini. Bukan dengan pelajaran,doktrin atau hafalan mati saja.

Sekolah menjadi media bagi anak untuk menikmati pendidikan dengan bahagia, kebahagiaan itu akan membentuk karakter yang displin, bertanggung jawab .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun