Judul Buku : Marketing 2030 Menuju SDGs, Gen-Z, Dan Metaverse.
Penulis: Hermawan Kartajaya & Tim MarkPlus.
Editor: Wibi Hardani.
Desain Sampul: Yudi Nur Riyadi & Felix Rahardja (Desainer M Corp).
Tebal Buku : 221 halaman.
ISBN : 978-623-266-871-3.
Penerbit : Erlangga. Â
Tahun Terbit : 2022. Â
Buku berjudul Marketing 2030 Menuju SDGs, Gen-Z, Dan Metaverse hasil karya Hermawan Kartajaya & Tim MarkPlus yang diterbitkan pada tahun 2022, buku ini menjelaskan konsep pemasaran yang dilihat dari sudut lain dalam eranya Marketing 2030, penulis Hermawan Kartajaya memperkirakan ada tiga tren yang akan berperan penting pada pemasaran di Indonesia meliputi Sustainable Development Goals (SDGs), Generasi Z dan Teknologi Metaverse. Tentunya di dalam buku ini dipaparkan juga konsep 12C transformasi 9 elemen pemasaran yang digunakan selama ini. Berikut konsep 12C sendiri terdiri 3 elemen utama New Marketing Strategy (Strategi Pemasaran Baru), New Marketing Tactic (Taktik Pemasaran Baru) dan New Marketing Value (Nilai Pemasaran Baru). Menariknya lagi buku ini disajikan contoh kasus dari perusahaan nasional dan multinasional untuk digunakan sebagai referensi bacaan dari berbagai konsep-konsep. Buku berjudul Marketing 2030 Menuju SDGs, Gen-Z, Dan Metaverse menggunakan bahasa yang lugas, jelas dan mudah dipahami oleh pembaca dari kalangan mahasiswa, dosen, orang bekerja bidang pemasaran dan masyarakat umum. Buku ini diharapkan menarik minat pembaca tentang penjelasan isi buku dari penulis Hermawan Kartajaya & Tim MarkPlus.
Penulis buku dengan judul Marketing 2030 Menuju SDGs, Gen-Z, Dan Metaverse bernama Hermawan Kartajaya merupakan founder dan Chairman dari M Corp, pionir perusahaan konsultan pemasaran di Indonesia yang telah memiliki kiprah selama lebih dari 30 tahun. Ia juga menjadi inisiator beberapa organisasi di bidang pemasaan dan kewirausahaan, antara lain sebagai Co-Founder dari World Marketing Forum (WMF), Co-Founder dari Asia Marketing Federation (AMF), serta Chairman dari ACSB (Asia Council for Small Business). Ia juga mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa dari ITS Surabaya pada tahun 2010 dan Distinguished Professor dari Compania School, Korea Selatan pada 2019. Buku ini terdapat Prakata, Daftar Isi, Bagian 1 : Swoosh 2030: Dari Recovery menuju Rise, Megatrend 1: Sustainabe Development Goals, Megatrend 2: Generasi Z, Megatrend 3: Metaverse, Bagian 2: New Value Creation: Dari Sains-Teknoogi menuju Industri-Pasar, New Value Formation Dari Sosial-Budaya ke Politik-Legal, Value and Values Balancer: Ekonomi dan Bisnis, Bagian 3: O-Communitization adalah New Segmentation, O-Communitization adalah New Targeting , O-Communitization adalah New Positioning Bagian 4: O-Codification adalah New Differentiation, Omni-Co-Creation adalah New Product, O-Currency adalah New Pricing, O-Conversation adalah New Promotion, O-Communal Activation adalah New Place, O-Commercilazation adalah New Selling, Bagian 5: O-Character adalah New Brand, O-Care adalah New Service, O-Collaboration adalah New Process, Tentang Penulis dan Indeks.
Kelebihan buku ini sangat cocok sebagai bahan bacaan pembaca untuk kalangan mahasiswa, dosen dan orang bekerja bidang pemasaran. Tidak mungkin juga masyakarakat umum juga boleh. Cover buku menarik menurut peresensi. Dikarenakan warna ungu kombinasi putih pada tulisan judul cover serta terdapat sketsa punakawan dan seorang laki-laki berdiri.
Kelemahan buku ini yakni pembaca buku ini lebih disarankan untuk pembaca dari kalangan mahasiswa, dosen, orang bekerja di bidang pemasaran dan masyarakat umum. Buku ini belum ada glosarium pada isi di bagian belakang buku.
Daftar Pustaka
Kartajaya, Hermawan & Tim MarkPlus. Marketing 2030 Menuju SDGs, Gen-Z, Dan Metaverse. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2022.
Nb: Pernah terbit di kolom resensi buku di e-paper kompas hal.7 (23/9/2024).
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H