Menurut wikipedia
Pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.
Tipe pemasaran digital mencakup banyak teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaran internet. Dengan adanya ketergantungan pemasaran tanpa internet membuat bidang pemasaran digital menggabungkan elemen utama lainnya seperti ponsel, SMS (pesan teks dikirim melalui ponsel), menampilkan iklan spanduk, dan digital luar.
Pemasaran digital turut menggabungkan faktor psikologis, humanis, antropologi, dan teknologi yang akan menjadi media baru dengan kapasitas besar, interaktif, dan multimedia. Hasil dari era baru berupa interaksi antara produsen, perantara pasar, dan konsumen. Pemasaran melalui digital sedang diperluas untuk mendukung pelayanan perusahaan dan keterlibatan dari konsumen.
Menurut saya, konsep promosi digital adalah
[caption id="attachment_368160" align="aligncenter" width="300" caption="Komponen dalam promosi di online"][/caption]
Kalo dulu mengenal strategi marketing adalah istilah ” AIDA”, yaitu
1. Awareness ; konsumen mulai sadar keberadaan produk kita mungkin melalu media cetak, dalam fase ini konsumen bisa cukup tahu. tools yg dipakai biasanya brosur, flyer, billboard, iklan tvc atau radio
2. Interest : konsumen mulai tertarik dan mulai mencari tahu mengenai brand atau produk kita. Fase ini konsumen mulai sedikit mencari tahu namun belum terlalu detail
3. Desire : konsumen mulai benar-benar tertarik dan mencoba mencari tahu lebih detail. Dalam hal ini sudah ada kebutuhan akan produk tersebut
4. Action: Fase ini adalah yang paling diinginkan semua Brand. Konsumen langsung membeli produk
Nah kalo di Pemasaran atau Promosi Digital, strateginya adalah
1. Attract ; adalah fase memperkenalkan brand kepada konsumen. nah tools yang dipakai disini adalah
- Website
- Facebook
- BLog
- Keywords
* utk keyword akan kita bahas kemudian
2. Convert, adalah fase dimana setelah konsumen attract atau tertarik atau masuk kedalam fase sebelumnya, dimana dalam fase ini konsumen biasa sudah willingly memberikan kontak information. Informasi yang masuk akan menjadi database dan dapat menjadi potential buyer. “Contact information is the most valuable currency there is to the online marketer.” Tools yang dipakai pada fase ini adalah
- Form kontak
- Call to action
- Landing Page
3. Close, nah kita sudah dapat konsumen yg attract, kita sudah dapat database dan informasi mereka. Selanjutnya adalah kita lebih personalisasi. Tools pada fase ini adalah
- CRM
- Email
4. Delight, fase ini kita harus menyediakan smart content, baik buat konsumen lama maupun calon visitor. Kebanyakan pada Bisnis owner menganggap sepele smart content. Company continues to engage with, delight, and (hopefully) upsell their current customer base into happy promoters of the organizations and products they love. Tools pada fase ini adalah
- Smart Content
- Survey
- Social Monitoring
Kalo secara grafik bisa disimpulkan dengan gambar dibawah
[caption id="attachment_368161" align="aligncenter" width="300" caption="Digital Online Tools"]
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H