Tidak sedikit orang yang telalu santai membohongi hatinya. Hubungan yang paling intim dengan Tuhan adalah dengan hati. Karena itu dalam satu keterangan dikatakan jika hatinya penuh dengan ketidak teraturan dalam berbagai aspek, maka akan mempengaruhi terhadap sikap dan etika sosialnya. Dalam al Quran dikatakan sebagai golongan orang yang munafik.
Munafik secara umum dapat diindikasikan dari tiga hal. Ketika berjanji maka mengingkari, ketika diberi amanah maka tidak jujur, dan ketika dipercaya maka menghianati. Hal ini secara umum berkaitan dengan sifat manusia yang manusiawi. Â Bahwa manusia memiliki potensi salah dan lupa. Apalagi kalau dicari-cari kesalahannya.
Beragam komunikasi sosial, utamanya sosial -- keagamaan diwarnai dengan konsep syariah dan siasah. Walaupun secara metodologis kehidupan dirangkai menurut kondisi sufismenya. Mengapa? Karena beriman kepada Tuhan menjadi landasan perjalannya. Oleh sebab itu potensi yang perlu dibangun adalah rasa kasih dan sayang.
Seiring kemajuan zaman, pola pikir masyrakat juga ikut tergerak untuk mengikuti kemajuan tersebut. Di mana segala sesuatu dipermudah, diringankan oleh kemajuan tekhnologi dan pengeahuan. Sampai akhirnya menemukan titik jenuh dan menyadari ada ruang kosong di dalam hatinya.
Landasan keimanan itu terbentuk di dalam diri manusia, melalui hatinya. Dari setiap perenungan, tambah keimananya. Kemudian outputnya adalah sikap dan komunikasi sosial, atau lebih dikenal dengan hablum minallah.
"Di antara manusia ada yang mengatakan dirinya beriman tetapi hatinya bertolak belakang (8)" Sederhananya adalah ketika mengimanai Tuhan dan utusanNya maka wajib, paling tidak mengilhami sikap dan sifatNya. Dalam hal ini kasih dan sayang. Tidak sedikit di antara kita yang dipandang paham agama dan nilai-nilainya. Tetapi ada satu sikap atau ucapan yang kemudian menjadi ganjalan atas keimananya.
Ruangnya memang privat, tidak harus setiap manusia mengetahui isi hatinya. Tetapi bagaimana dengan sikap dan intoleransinya kepada sesama manusia? hal ini menjadi rujukan atas disiplin keimanannya. Dalam satu keterangan dikatakan bahwa sikap menunjukkan hatinya. Oleh sebab itu untuk menunjang keimanan kepada Tuhan perlu adanya sinkronisasi terhadap gerak di dalam hati.
"Mereka hendak menipu Tuhan dan orang-orang di sekitarnya, padahal mereka jelas menipu dirinya sendiri. Sayang, mereka tidak menyadarinya. (9)" Berangkat dari mahfudzat  sayyidina Umam Bin Khattab bahwa "Introspeksi dirilah terlebih dahulu, sebelum engkau diintrospeksi orang lain." Hal ini jelas bahwa ruang kesadaran harus tetap dibangun setiap waktu. Yang jelas adalah kehati-hatian. Karena tidak semua yang menyampaikan pengetahuan, sudah menjalankan pengetahuan tersebut.
Sikap yang tepat adalah terus belajar untuk membentuk kesadarannya.
"Di dalam hatinya penuh sesak dengan persepsi pribadinya. Sehingga Tuhan menambahnya. Ketika siksa atau akibat dari keegoisannya itu terjadi, bukan karena siapa-siapa, tetapi karena berdusta kepada dirinya sendiri. (10)" Ketika sebagian orang mengutip salah satu keterangan bahwa "Kenalilah dirimu, sebelum mengenal Tuhanmu. Karena siapapun yang mengenal dirinya pasti mengenal Tuhannya." Ungkapan ini sangat populer tentunya di kalangan akademisi muslim dan para penda'i.Â