Berbagai Pengalaman telah dituliskan oleh para teman-teman kompasianers tentang Alfamart dan begitu juga saya, akan menuliskan sedikit pengalaman ketika berbelanja di Alfamart yang memiliki Slogan " Belanja Puas, harga Pas" yang telah berusia 12 tahun pada saat ini.
Sebelum menginjakkan kaki di pulau jawa saya tidak pernah tahu akan Alfamart karena didaerah saya hanya ada Mini market lokal yang mungkin namanya tidak setenar Alfamart. Mencicipi bangku kuliah membuat saya tahu akan hal-hal yang sebelumnya tidak pernah saya ketahui dan temui ketika berada di kampung halaman. Termasuk Mini market yang bernama Alfamart. Rasa ingin tahu yang kuat dalam diri saya, membuat saya selalu ingin mencicipi sesuatu yang baru, Termasuk tempat berbelanja seperti Alfamart. Maklum dikampung halaman saya biasanya kalau belanja hanya diwarung atau kios kecil sebelah rumah. Sesuatu banget yah..hehe
Menjadi anak kost tentunya tidak akan terelakkan lagi dengan belanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, dari Sabun mandi, Pasta gigi, sikat gigi serta makanan Instant seperti Mie. keberadaan Alfamart sangat membantu anak kost seperti saya, Apalagi ketika ingin membeli sesuatu kebutuhan yang mendesak. ketika semua sudah tertutup namun Alfamart selalu terbuka pintunya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama 24 jam nonstop.
Terlepas dari itu semua, ada hal yang menarik, pengalaman yang saya dapat dari berbelanja di Alfamart, Yaitu dari segi kepuasan konsumen. karena kepuasan konsumen merupakan tujuan dalam membangun Usaha seperti Alfamart. hal ini tercatum dalam Visi, Misi dan Budaya dari Alfamart.Lihat disini
Adapun hal-hal yang membuat Alfamart menjadi Besar menurut pengamatan saya adalah :
Lingkungan Fisik
Yaitu Bisa berbentuk lingkungan Informasi dan Lingkungan Minimarket (Alfamart). lingkungan Informasi dari sebuah minimarket seperti Alfamart sangatlah penting karena dibutuhkan oleh konsumen untuk mengambil keputusan pembelian. Alfamart sudah menerapkan strategi itu, Seperti :
- Ketersedian Informasi
Informasi mengenai produk harus tersedia di Minimarket. Informasi harga seringkali dibutuhkan oleh konsumen supaya bisa membandingkan harga berbagai merek sehingga mengambil keputusan yang cepat. selain dari itu pengelola Alfamart juga sudah menyediakan informasi lainnya seperti cara pembayaran yang diterima, Petugas atau wiraniaga bisa ditanya jika konsumen memerlukan informasi.
- Format Informasi
Pengelola Alfamart sudah merancang bagaimana informasi disampaikan kepada konsumen. misalnya, Penempelan harga pada produk. penempelan harga produk mempengaruhi perilaku konsumen.
- Bentuk Informasi
Pengelola Alfamart sudah merancang bagaimana informasi disampaikan kepada konsumen. Contoh kualitas produk beras, Misalnya dibuat dalam bentuk semantik oleh pengelola A (sangat baik) B (Baik) dan C (sedang).
Lingkungan Alfamart
beberapa karakteristik lingkungan yang sangat diperhatikan oleh Alfamart dan hal ini sangat berpengaruh kepada perilaku konsumen :
- lokasi yang strategis, mudah terlihat dan terjangkau oleh konsumen.
- layout (tata letak produk, Kasir, dan arus lalu lalang Konsumen)
- Musik (merupakan bagian penting untuk melengkapi kenyamanan berbelanja )
Demikianlah sedikit berbagi apa yang saya lihat dan rasakan ketika berbelanja di Alfamart, Semoga bermanfaat.
Alfamart Is The Best
Belanja Hemat, Alfamart Saja
Belanja Puas, Harga Pas ...
Selamat ultah Alfamart, Semoga semakin jaya dan berkembang.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H