Sekolah : SDN 2 Ayamputih
Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan
Kelas/ Semester : V/ I
Waktu : 4 x Pertemuan
A. STANDAR KOMPETENSI
4. Mengeksresikan diri melalui seni musik.
B. KOMPETENSI DASAR
4.1 Memainkan alat musik ritmis dan melodis sederhana dalam bentuk ansambel sejenis.
C. INDIKATOR
a. Memperagakan teknik memainkan alat musik ritmis.
b. Memperagakan teknik memainkan alat musik melodis.
c. Memainkan alat musik dalam ansambel sejenis.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Pertemuan 1
Siswa dapat :
a. Memainkan alat musik ritmis.
b. Mengiringi lagu dengan alat musik ritmis.
2. Pertemuan 2
Siswa dapat :
a. Memainkan lagu dengan alat musik melodis.
3. Pertemuan 3
Siswa dapat :
a. Membuat aransemen sederhana untuk memainkan alat musik dalam ansambel sejenis.
4. Pertemuan 4
Siswa dapat :
a. Memainkan alat musik dalam ansambel sejenis.
E. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pertemuan 1
~ Memainkan alat musik ritmis.
Alat musik ritmis yang dapat digunakan dalam permainan musik antara lain : gendang, ketipung, kecrek, seruling, gambang, angklung, kecapi, dan sebagainya.
2. Pertemuan 2
~ Memainkan lagu dengan alat musik melodis.
Alat musik ritmis yang digunakan misalnya rekorder atau pinanika.
3. Pertemuan 3 dan 4
~ Memainkan alat musik dalam ansambel sejenis.
Dalam permainan ini, siswa menggabungkan permainan berbagai alat musik ritmis atau alat musik pianika, snare drum, tamborin dan simbal untuk mengiringi satu jenis lagu.
F. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
1. Metode : Ceramah, penugasan, tanya jawab, pengamatan, latihan, diskusi.
2. Model :
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
No.
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a.Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran.
b.Siswa mengelompok sesuai kelompok kerja masing-masing.
c.Secara berkelompok, siswa menyiapkan beberapa jenis alat musik ritmis.
5’
2’
3’
Ceramah
Penugasan
Penugasan
2
Kegiatan Inti
a.Eksplorasi
-Dalam kelompoknya, masing-maisng siswa mencoba untuk memainkan alat musik ritmis yang telah tersedia.
b.Elaborasi
-Bersama kelompoknya, siswa membuat aransemen sederhana untuk memainkan alat musik ritmis mengiringi satu jenis lagu yang telah ditentukan.
-Secara berkelompok, siswa berlatih memainkan alat musik ritmis.
-Setiap kelompok memainkan alat musik ritmis di depan kelas secara bergantian.
c.Konfirmasi
-Siswa bersama guru membahas tentang teknik permainan alat musik ritmis dari masing-masing kelompok.
-Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara memainkan alat musik ritmis yang baik.
5’
10’
10’
20’
5’
5’
Penugasan
Penugasan
Penugasan
Penugasan
Tanya jawab
Pengamatan
3
Kegiatan Penutup
-Pemberian tugas
5’
Penugasan
Pertemuan 2
No.
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a.Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai melalui proses pembelajaran.
b.Tanya jawab tentang materi yang telah lalu.
3’
5’
Ceramah
Tanya jawab
2
Kegiatan Inti
a.Eksplorasi
-Masing-maisng siswa menyiapkan rekorder.
-Secara bersama-sama siswa menyanyikan sebuah lagu wajib dengan syair dan notasi musiknya.
b.Elaborasi
-Siswa dan guru bertanya jawab tentang lagu telah dinyanyikan.
-Siswa berlatih memainkan lagu yang telah dinyanyikan dengan rekorder.
c.Konfirmasi
-Siswa memperhatikan penjelasan dan peragaan guru tentang cara memainkan sebuah lagu dengan menggunakan rekorder yang benar.
2’
5’
3’
15’
5’
Penugasan
Penugasan
Tanya jawab
Latihan
Pengamatan
3
Penutup
-Secara bergantian siswa memainkan sebuah lagu dengan rekorder.
-Siswa bersama guru membahas tentang teknik yang telah dilakukan siswa dalam memainkan rekorder.
-Pemberian tugas.
25’
5’
2’
Penugasan
Tanya jawab
Pertemuan 3
No.
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a.Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang materi yang telah lalu.
5’
Tanya jawab
2
Kegiatan Inti
a.Eksplorasi
-Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang bermain musik dalam ansambel sejenis.
b.Elaborasi
-Bersama kelompoknya, siswa menentukan sebuah lagu dan jenis alat musik melodis yang akan digunakan untuk memainkan musik dalam ansambel sejenis.
-Secara berkelompok, siswa membuat aransemen sederhana dari lagu yang telah ditentukan.
c.Kolaborasi
-Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang contoh aransemen yang baik untuk memainkan musik dalam ansambel sejenis.
3
Penutup
-Siswa diberi tugas untuk berlatih memainkan alat musik dalam ansambel sejenis secara berkelompok.
5’
Penugasan
Pertemuan 4
No.
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a.Siswa menyiapkan berbagai alat musik yang akan digunakan untuk memainkan musik dalam ansambel sejenis.
5’
Penugasan
2
Kegiatan Inti
a.Eksplorasi
Secara berkelompok siswa berlatih memainkan musik dalam ansambel sejenis.
b.Elaborasi
-Secara berkelompok siswa memainkan alat musik dalam ansambel sejenis di muka kelas.
c.Kolaborasi
-Siswa bersama guru membahas tentang permainan alat musik ansambel sejenis dari masing-masing kelompok.
10’
45’
8’
Penugasan
Tanya jawab
3
Penutup
-Pemberian tugas.
2’
H.SUMBER BELAJAR
1.Berbagai alat musik ritmis.
2.Berbagai alat musik melodis.
3.Buku SBK Kelas 5 : Erlangga dan Buku SBK Kelas 5 : SBE
I.PENILAIAN
1.Penampilan cara memainkan alat musik ritmis.
2.Penampilan cara memainkan alat musik melodis.
3.Penampilan cara memainkan alat musik dalam ansambel sejenis.
Mengetahui
Kepala Sekolah
Martadi, S. Pd
NIP.19591204 197911 1 003
Ayamputih, 25 Desember 2010
Guru Kelas V
Wilujeng Setyani
NIP.
10’
15’
25’
10’
Tanya jawab
Diskusi
Penugasan
Ceramah
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H