Situasi Pembelajaran di masa Pandemi
Tgl 2 Maret 2020 pertama kali diumumkan tentang adanya COVID-19 di Indonesia.Adanya kebijakan social distancing dan phisical distancing. Pembelajaran jarak jauh (learning distancing). Berbagai permasalahan muncul akibat hal tersebut. Diperlukan kreatifitas dan inovasi untuk mengatasi permasalahan .Permasalahan Pembelajaran di Masa Pandemi,Guru dan siswa terbiasa melakukan pembelajaran tatap mukaAkibatnya:
1.Guru kesulitan menyampaikan materi ke siswa.
2.Guru kesulitan menjelaskan materi ke siswa.
3.Guru kesulitan melakukan penilaian ke siswa (misal: keterampilan dan sikap).
4.Siswa tidak memahami materi karena tidak ada yang membimbing orang tua/wali sibuk, tidak tahu caranya, tidak mampu mengendalikan anaknya.
5.Siswa tidak mempunyai motivasi belajar merasa sedang pada masa liburan. Belajar bertempat di sekolah.
6.Tidak semua menguasai teknologi (guru, orang tua, siswa)
Sulit jaringan,Tidak punya kuota mahal,tidak punya HP, atau media belajar yang terbatas
Orang tua kesulitan membantu belajar tidak bisa mengunduh atau mengunggah hasil
Solusi bagi Guru / Pendidik
- Guru harus kreatif dan inovatif
- Kreatif > memilih materi, memilih metode, memilih media, memilih alat penilaian
- Kenapa?
- Harus dapat memotivasi siswa untuk belajar
- Motivasi timbul jika pembelajaran menyenangkan dan bermanfaat bagi mereka
- Terdapat petunjuk yang jelas, sehingga orang tua/wali dapat membantu
- Materi sesuai dengan karakteristik siswa > sesuia dengan lingkungan
- Memaksimalkan mereka untuk mengonstruksikan pengetahuan siswa