Situasi Pembelajaran di masa Pandemi
Tgl 2 Maret 2020 pertama kali diumumkan tentang adanya COVID-19 di Indonesia.Adanya kebijakan social distancing dan phisical distancing. Pembelajaran jarak jauh (learning distancing). Berbagai permasalahan muncul akibat hal tersebut. Diperlukan kreatifitas dan inovasi untuk mengatasi permasalahan .Permasalahan Pembelajaran di Masa Pandemi,Guru dan siswa terbiasa melakukan pembelajaran tatap mukaAkibatnya:
1.Guru kesulitan menyampaikan materi ke siswa.
2.Guru kesulitan menjelaskan materi ke siswa.
3.Guru kesulitan melakukan penilaian ke siswa (misal: keterampilan dan sikap).
4.Siswa tidak memahami materi karena tidak ada yang membimbing orang tua/wali sibuk, tidak tahu caranya, tidak mampu mengendalikan anaknya.
5.Siswa tidak mempunyai motivasi belajar merasa sedang pada masa liburan. Belajar bertempat di sekolah.
6.Tidak semua menguasai teknologi (guru, orang tua, siswa)
Sulit jaringan,Tidak punya kuota mahal,tidak punya HP, atau media belajar yang terbatas
Orang tua kesulitan membantu belajar tidak bisa mengunduh atau mengunggah hasil
Solusi bagi Guru / Pendidik
- Guru harus kreatif dan inovatif
- Kreatif > memilih materi, memilih metode, memilih media, memilih alat penilaian
- Kenapa?
- Harus dapat memotivasi siswa untuk belajar
- Motivasi timbul jika pembelajaran menyenangkan dan bermanfaat bagi mereka
- Terdapat petunjuk yang jelas, sehingga orang tua/wali dapat membantu
- Materi sesuai dengan karakteristik siswa > sesuia dengan lingkungan
- Memaksimalkan mereka untuk mengonstruksikan pengetahuan siswa
Sikap/Nilai
1) Nilai-nilai kebersamaan
2) Nilai kejujuran, yakni mampu jujur dalam melaksanakan observasi  atau eksperimen, serta tidak memanipulasi  data hasil pengamatannya.
3) Nilai kasih sayang, yakni tidak membedakan orang lain yang mempunyai karakter dan kemampuan social ekonomi yang berbeda. Karena semua sama-sama makhluk Tuhan.
4) Nilai tolong-menolong, yakni mau membantu orang lain yang membutuhkan tanpa meminta dan tanpa mengharapkan imbalan apapun.
5) Nilai semangat dan minat belajar, yakni mempunyai semangat, minat dan rasa ingin tahu.
6) Nilai semangat bekerja, yakni mempunyai rasa untuk bekerja keras dan belajar dengan giat.
7) Bersedia menerima pendapat orang lain dengan bersikap legowo, tidak alergi terhadap kritik, serta menyadari kesalahannya sehingga saran dari orang lain dapat diterima dengan hati terbuka dan tidak merasa sakit hati.
Sikap Pembelajar Daring
- Mempunyai motivasi internal
- Lingkungan belajar yang mendukung
- Sarana pembelajaran yang memadai
- Cara belajar yang tepat dan kreatif
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI