RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
               Sekolah             :  SMK KESEHATAN BK SUKARAJA
              Kelas/Semester       :  XI Keperawatan/Genap
              Mata Pelajaran       :  Keterampilan Dasar Tindakan Keperawatan
              Materi Pokok        :  Personal Hygiene
              Sub Pokok Bahasan   :  Memandikan Klien Di Tempat Tidur
              Pertemuan ke        :  1
              Alokasi Waktu       :  2 x 4 JP (@45 menit)
Tujuan Pembelajaran
- Melalui kegiatan pembelajaran yang didapatkan dengan metode diskusi dan tanya jawab, menuntut peserta didik untuk mengamati, membaca permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan di depan kelas, peserta didik dapat menerapkan konsep prosedur memandikan klien, dan peserta didik mampu melakukan tindakan memandikan klien dengan sikap yang baik, ramah, jujur, Â percaya diri, mampu berkomunikasi, peduli, disiplin dan tanggung jawab. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, menyaji secara efektif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari disekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan yang dipelajarinya disekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung
Materi Pembelajaran
- Definisi memandikan klien
- Tujuan memandikan klien
- Indikasi dan kontraindikasi memandikan klien
- Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memandikan klien
- Alat dan bahan yang digunakan memandikan klien
- Langkah-langkah/SOP memandikan klien
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H