Â
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan fondasi utama dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas dan sebagai ujung tombak dalam proses pembangunan bangsa. Namun pada kenyataanya berbagai tantangan serta hambatan dalam dunia pendidikan saat ini semakin terus meningkat. Dalam pengelolaan satuan pendidikan terwujudnya pendidikan yang bermutu, relevan, efektif dan efisien menjadi suatu keinginan di setiap sekolah. Â Untuk mewujudkan hal tersebut perlu adanya pengelolaan yang baik dari kepemimpinan sekolah. Adanya kemampuan manajerial dan professional dari pemimpin terhadap pengelolaan pendidikan menjadi salah satu jalan untuk mencapai tujuan dari pendidikan nasional. Menurut Nurochmah (2019:74) bahwa pengelolaan dalam satuan pendidikan di sekolah dasar merupakan unit yang paling bawah untuk melakukan suatu perencanaan program pendidikan disertai dengan pembuatan keputusan dan implementasinya secara komprehensif bagi pemenuhan kebutuhan pada satuan pendidikan.
Kepala sekolah adalah seorang pemimpin di satuan pendidikan yang bertanggung jawab penuh terhadap penyelenggaraan, pengelolaan, dan pengembangan sekolah. Kepala sekolah sebagai pemimpin di satuan pendidikan memegang peranan yang cukup penting dalam sistem pendidikannya. Sebagai pemimpin, kepala sekolah tidak hanya mengelola saja tetapi juga menginspirasi dan memotivasi sumber daya yang ada dalam sekolah. Pemimpin dalam lembaga satuan pendidikan ini berkaitan dengan bagaimana kepala sekolah mampu memastikan semua aspek pendidikan di sekolah berjalan dengan baik, efektif, dan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Menurut Ellianis (2022:41-42) bahwa kepala sekolah sebagai manajer pendidikan yaitu merencanakan sesuatu atau strategi yang baik, mengorganisasikan dan mengkoordinasikan sumber-sumber pendidikan yang berserakan supaya menyatu dalam melaksanakan pendidikan, dan mengadakan kontrol terhadap pelaksanaan dan hasil pendidikan.
Seorang kepala sekolah harus mempunyai strategi untuk menjaga eksistensi sekolahnya, tentunya didukung oleh beberapa pihak dalam satuan pendidikan sekolah tersebut. Â Tanpa dukungan dan kerjasama dari seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, kepala sekolah tidak akan mampu untuk menjalankan tugas dalam pengelolaan sekolah.
B. Rumusan Masalah
- Bagaimana peran kepala sekolah dalam mengelola pendidikan di satuan pendidikan?
- Bagaimana kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam mengelola pendidikan di satuan pendidikan?
C. Tujuan Penelitian
- Mendeskripsikan peran sekolah dalam mengelola Pendidikan di satuan pendidikan
- Mendeskripsikan kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam mengelola pendidikan di satuan pendidikan
Â
Metode
Dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tujuan menjelaskan atau mendefinisikan fakta, data, atau objek penelitian mengenai peran kepala sekolah sebagai pemimpin dalam pengelolaan pendidikan pada satuan pendidikan. Adapun pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan guna memperoleh informasi mengenai pengelolaan Pendidikan oleh kepala sekolah sebagai pemimpin di SDN Janaka 2.
Hasil dan Pembahasan