Mohon tunggu...
Willing T Gunawan
Willing T Gunawan Mohon Tunggu... wiraswasta -

Seorang pembaca setia kompas yang hanya belajar untuk menambah pengetahuan

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Evolusi Menuju Kesempurnaan

19 April 2016   14:29 Diperbarui: 19 April 2016   16:31 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Evolusi tiada henti dalam dunia otomotif memang banyak memberikan banyak kemudahan bagi penggunannya, pengalaman akan mampu memberikan masukkan buat evolusi itu agar terus berkembang dan semakin sempurna.

Sebagai seorang pengendara roda 2 tentu saya menginginkan banyak aspek dari kendaraan yang saya milki, bukan hanya nama besar dan enak dipandang tapi juga dari sisi ekonomis dan ergonomis, tentu layanan dan banyaknya lokasi service menjadi pertimbangan.

[caption caption="welovehonda.com"][/caption]Saya akan membahas salah satu merk terbesar di indonesia yaitu HONDA, berkat Mr.Soichiro Honda lah hari ini kita bisa menikmati motor/mobil honda dan berbagai teknologi yang ada di dalamnya. salah satu pionir dalam dunia otomotif yang masih bertahan dan menjadi raksasa di bidangnya, ijinkan saya untuk menperkecil ruang lingkup pembahasan saya menuju ke Honda VARIO ESP 150 the one and only. Jujur saya tidak memiliki sepeda motor ini yang saya miliki juga motor matik tapi merk kompetitor dengan awalan "S" yang saya beli karena terhalang keadaan dana dan koneksi seorang kawan sebagai sales manager hehehe..that what a friend for, saya hanya melihat brosur dan sesekali beruntung bisa test drive milik kawan. Kata-kata Vario 150 sempurna mungkin terlalu muluk-muluk tapi saya akan coba jabarkan mengapa Vario 150 sempurna?

[caption caption="welovehonda.com"]

[/caption]Dengan jantung 150 cc 4 langkah 2 katup SOHC PGM-FI eSP yang bisa meletupkan daya maksimun 9,3 KW (12,6 PS) pada 8.500 RPM dan torsi maksimun 12,8 N.m pada 5.000 RPM dan sudah dibekali dengan fuel injection yang memiliki semprotan bahan bakar lebih halus dari kompetitornya secara otomatis berarti konsumsi bahan bakar lebih irit,  dengan pendingin radiator sama seperti Honda vario seri sebelumnya tetapi ada tambahan Breather Passage yaitu lubang pendinginan selain jalur saluran air radiator, ada embel-embel eSP yang diberikan Honda. Apakah eSP itu?

Berdasarkan informasi saya eSP itu adalah Enhanced Smart Power, teknologi eSP ini bukan sebuah tambahan atau alat yg dipasang di motor tapi merupakan sebuah pengembangan secara keseluruhan dari mesin sehingga irit bahan bakar,bertenaga dan ramah lingkungan, dulu pada Honda vario seri sebelumnya kita terganggu dengan bunyi keras saat starter kini dengan ACG starter yang terintegrasi dengan teknologi eSP Honda vario eSP 150 menghidupkan mesin terdengar lebih halus tanpa suara hal ini karena starter dibuat menyatu dengan alternator. Dan didukung dengan ISS (Idling Stop System) fitur canggih dari honda yang dapat mematikan mesin bila berhenti lebih dari 3 detik sehingga bahan bakar tidak terbuang percuma saat idle. Fitur canggih ini juga ditanam di skutik premium dari Honda yaitu Honda  PCX 150. inilah yang disebut dengan THE UNSTOPPABLE PERFORMANCE, suatu masterpiece dari Honda, suatu penyempurnaan dari Honda. Itulah mengapa Vario 150 sempurna

[caption caption="welovehonda.com"]

[/caption]Dengan NEW DUAL KEEN EYES LED HEADLIGHT makin membuat garang tampilan Honda vario 150 eSP pemakaian lampu LED pada headlight Honda vario 150 eSP akan memberikan penerangan sempurna pada perjalanan dan konsumsi listrik yang irit. Wooww this is something new!! Honda vario 150 eSP sudah tidak memakai lampu headlight konvensional biasa, suatu nilai tambah bagi Honda vario 150 eSP karena kita tidak usah repot-repot memodifikasi headlight untuk mendapatkan tampilan yang eyecatching dengan sorot lampu  warna putih makin menjadi pembeda diantara kompetitor. Oh iya lampu di Honda vario 150 eSP sudah AHO (Automatic Headlamp On) yang mengikuti regulasi berlalu lintas kepolisian RI. Tapi jangan khawatir dengan umur aki/accu konsumsi LED headlight Honda vario 150 eSP mencapai efisiensi sampai 80%. Itulah mengapa Vario 150 sempurna

[caption caption="welovehonda.com"]

[/caption]Penyimpanan di bawah jok Honda vario 150 eSP mencapai sampai 18 liter artinya 1 buah helm full face dapat muat di ubox Honda vario 150 eSP. ini sesuatu sekali bagi saya karena di skutik saya belum ada ubox selega ini. Terus terang saya sangat dan amat sangat iri sekali. Barang-barang belanjaan apapun pasti muat di dalam sehingga tak perlu tergantung di dekat kaki yang sangat menganggu bila berkendara. Saya ada pengalaman tak menyenangkan karena hal ini setelah berbelanja banyak untuk keperluan bulanan ada 1 kantong plastik yang terlepas/tercecer saat perjalanan, hal itu harusnya bisa dicegah bila ada ubox selega Honda vario 150 eSP. . Itulah mengapa Vario 150 sempurna

[caption caption="welovehonda.com"]

[/caption]Answer back system terasa sekali kegunaannya bila parkir dilokasi parkiran padat, terkadang kita lupa dimana motor kita dan terkadang motor kita digeser oleh petugas parkir, dengan answer back system hanya dengan sekali tekan kita langsung tahu dimana lokasi motor. Saya merasa ini belum ada dikompetitor lain. Well done Honda! . Itulah mengapa Vario 150 sempurna

[caption caption="welovehonda.com"]

[/caption]Honda vario 150 eSP terpasang ban depan ukuran 80/90 ring 14” dan belakang ukuran 90/90 ring 14” dan semua sudah tubeless. Ini merupakan nilai tambah lagi untuk Honda vario 150 eSP, kita sudah tidak perlu mengganti ban dan jadi penghematan. Itulah mengapa Vario 150 sempurna

[caption caption="welovehonda.com"]

[/caption]Integrated key shutter with seat openner, sama seperti Honda vario seri sebelumnya juga terdapat fitur yang sangat membantu ini. Key shutter atau penutup kunci magnet merupakan salah satu pengamanan terhadap pencurian, saya selalu menyarankan untuk selalu memakai fitur ini bila hendak parkir di manapun baik yang sementara ataupun lama. Lebih baik repot sedikit daripada motor kesayangan raib diambil pencuri. Seat opener juga sangat membantu, kita tak perlu repot-repot mencabut kunci bila akan mengisi bahan bakar atau hal lainnya cukup menekan tuas jok akan terbuka. Sering saya jumpai kunci motor masih tertancap di lubang kunci pembuka jok dan sang pemilik entah kemana hal ini sangat krusial maka Honda menberikan fitur seat opener untuk mencegah salah satu hal itu. Itulah mengapa Vario 150 sempurna

[caption caption="welovehonda.com"]

[/caption]Side Stand Swtich, mesin tidak akan hidup bila standar samping masih terbuka, fitur ini sangat membantu untuk keamanan berkendara. Tentu sangat berbahaya bila standar samping masih terpasang dan kita terkejut ketika standar terkena aspal,fitur ini tampaknya tetap dipertahankan oleh Honda di varionya dari seri lama sampai sekarang ini. Itulah mengapa Vario 150 sempurna

[caption caption="welovehonda.com"]

[/caption]Break Lock dan Combi break system, fitur break lock juga tetap dipertahankan dari seri Honda vario lama sampai sekarang, fitur break lock membantu bila kita berhenti pada jalan tanjakan sehingga tangan kita tak perlu dituas rem terus, cukup membantu di antrian masuk parkir yang menanjak. Fitur combi break system kita dapati di Honda vario seri sebelumnya juga.fitur yang mencegah penguncian roda belakang pada saat rem mendadak karena dibantu oleh rem depan juga. Itulah mengapa Vario 150 sempurna

Semua fitur diatas bukan didapat dari hasil kerja 1 atau 2 tahun saja tetapi melalui banyak pengalaman dan perkembangan sehingga menghasilkan suatu evolusi, evolusi yang akan memberikan banyak kemudahan dalam berkendara. Suatu kesempurnaan dari Honda yang disebut Honda Vario 150 eSP.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun