Kami berharap dapat bercerita dan berbagi dengan kamu yang dari wilayah berbeda dengan industri yang sama tentang pengalaman membuka toko, pilihan yang harus diambil, sikap dan konsep dalam hidup, dan berbagi jalur pertumbuhan dengan WOOK.
                                                      Â
Untuk memenuhi kebutuhan dari pelanggan baru, pemilik toko terus memperbaharui produk baru, tetapi mereka tidak memahami kebutuhan pelanggan secara akurat, dengan buta membeli barang yang akhirnya mengakibatkan barang bagus menumpuk di toko, ini adalah hal yang umum terjadi terhadap toko. Yuk kita sama-sama lihat bagaimana cara Rizky Cellular keluar dari dilema ini melalui filosofi WOOK.Â
Pada tahun 2018, pemilik toko membeli produk VIVAN melalui toko yang menjual aksesoris digital, karena kualitas produknya sangat dipuji, jadi dia menghubungi tim sales lokal kami melalui berbagai saluran dan mulai mengambil barang dari WOOK pada Agustus 2018. Didukung oleh sumber daya merek WOOK dan dukungan SELL OUT dari tim salesnya, " beragam model dan kategori dengan jumlah kecil" secara bertahap menjadi rahasia transformasinya.
Selama periode tersebut, ia mendapat undangan dari brand aksesoris smartphone ternama, namun karena tidak ada tim layanan sales lokal profesional yang mendukung dan filosofi bisnis penumpukan stok yang tidak sesuai dengan prinsip dagang Rizky Cellular, pemilik toko menolak undangan tersebut.Â
Filosofi bisnis WOOK adalah tidak mendukung perilaku penumpukan stok, tetapi membangun merek dengan berbagai model dan image branding. Seluruh produk memiliki garansi 1 tahun, dan terdapat kantor cabang di seluruh Indonesia, mengandalkan tim layanan sales lokal yang kuat untuk membantu pelanggan menjalankan bisnis mereka sendiri dengan lebih baik. Saat ini, produknya sudah mencakup 4 industri utama yaitu aksesoris digital, sistem keamanan(CCTV), perangkat pintar(Drone), dan material bahan bangunan (wallpaper, hardware). Merek yang dioperasikan sendiri antara lain adalah VIVAN, ROBOT, GAMEN, RONA, dll, yang dapat memenuhi kebutuhan harian 80% orang di industri tersebut.Â
Timeline Pertumbuhan TokoÂ
Luas toko:Â 6
Masalah toko kecil:
Tampilan produk di toko berantakan dan tidak diklasifikasikan;
Kategori produk sedikit tapi jumlahnya terlalu banyak menyebabkan beberapa persediaan menjadi lamban;
Banyak pelanggan tapi yang membeli hanya sedikit, tidak mampu memenuhi kebutuhan banyak pelanggan;
Produk utama tidak memiliki display material dan tidak dapat mencapai efek promosi.Â
Luas Toko:Â 64
Ide tampilan:
Salesman Hezkia Rivo kunjungi toko tersebut, dan buat tampilan klasifikasi produk;
BM Mr. TangXunQi memberikan panduan pembelian produk, model produk, jumlah produk untuk menghindari penumpukan stok barang;
Berdasarkan kondisi penjualan, pelan-pelan memberikan support dimulai dari stiker, hanging lightbox, neonbox, rak C, rak A dll.
 Produk ditampilkan menurut divisi merek, ROBOT di kiri dan VIVAN di kanan, terpadu visi merek;
Hancurkan dinding di tengah dan ubah pintu geser untuk lebih memperluas kesan ruang toko dan menarik pelanggan;
Tambahkan Shop Sign luar ruangan VIVAN, tambahkan logo merek dan kenyamanan.Â
Produk dipajang sesuai dengan mereknya, produk VIVAN disimpan di rak VIVAN, sehingga tingkat kerapiannya meningkat;
Semua produk ROBOT ditempatkan di sisi kiri toko, dan model yang sama disusun bersama dalam satu pengait;
Sesuaikan gambar dinding toko, dinding dipadukan dengan warna merah brand untuk mempercantik suasana toko.
Sebuah Toko, Sebuah HarapanÂ
Bisnis Rizky Cellular kini semakin baik. Pemiliknya akan berinterkasi dengan pelanggan dan penduduk daerah, memperkenalkan produk baru kepada mereka, dan membuat grup di Facebook bernama "JKBR (Jubel Kotamobagu + Bolmong Raya)", dengan lebih dari 65.000 anggota, selama ada produk baru datang, si pemilik toko akan mengirimkan gambar produk ke grup untuk memperkenalkan produk baru kepada anggotanya dan terkadang pemilik akan buat live di Facebook, "Inilah cara berbisnisnya, mari jelajahi secara perlahan".Â
Apakah pemilik toko berikutnya adalah kamu?
Di kota kecil Bolaang Mongondow,sudah ada 4 toko eksklusif VIVAN & ROBOT, membentuk keunikan merek WOOK, dan lebih banyak lagi toko serupa yang akan bekerja sama dengan kami di masa depan. WOOK telah melayani lebih dari 30K toko retail. Dibalik setiap toko pasti ada sebuah keluarga, ada cerita, ada perbedaan era. Jika toko kalian juga ingin menjadi toko benchmark VIVAN&ROBOT, silahkan komen dan ceritakan kisah kamu, keraguan kamu. Kami akan dengan senang hati membantu.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H