Masyarakat di Indonesia terkenal dengan istilah jam karet oleh orang asing, karena sifat orang Indoesia yang suka menunda -- nunda waktu dan menyia-nyiakan waktu, yang dimana satu detik itu bisa sangat berharga.
Manajemen waktu itu adalah kunci untuk mencapai kesuksesan, dimana kita bisa mengatur, mengendalikan, dan memfokuskan waktu kita kepada hal hal yang lebih berguna atau kepada orang lain untuk memperoleh suatu keberhasilan melalui aktivitas yang kita lakukan.
Dengan keterampilan manajemen waktu kita bisa mengatur semua pekerjaan secara teratur dan rapih, semua sudah tersusun dan tertata, kita bisa melakukan semua kesibukan sehari hari dengan mudah dan cepat. Selain itu keterampilan manajemen waktu bisa membantu kita menghindari stres dan dapat  mencapai produktivitas yang lebih tinggi.
Tujuan dari manajemen waktu ini adalah untuk mempermudah orang dalam menyelesaikan lebih banyak dan lebih baik lagi pekerjaan yang dilakukan. Manajemen waktu yang baik itu ketika kalian bekerja lebih cerdas bukan lebih keras dan dapat mencapai tujuan dalam waktu yang lebih singkat dan dengan sedikit usaha, sambil menciptakan keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik.
Selain itu Tujuan dari manajemen waktu adalah untuk memaksimalkan waktu yang dihabiskan untuk aktivitas yang lebih penting dan efektif, mengurangi waktu untuk pekerjaan yang tidak penting dan memiliki lebih banyak waktu untuk pekerjaan penting. Jika kalian dapat belajar mengatur waktu secara efektif , akan lebih mudah untuk mencapai hasil yang lebih besar dengan cara yang paling mudah dan produktif.
Manfaat manajemen waktu di tempat kerja yaitu kalian dapat menjadi lebih efisien dan efektif dengan waktu yang dimiliki, memungkinkan kalian memfokuskan waktu pada aktivitas yang kecil dan  menghasilkan hasil yang besar.Â
Dengan kata lain Keuntungan dari manajemen waktu yang baik di tempat kerja adalah kalian dapat bekerja lebih sedikit dan mencapai hasil yang lebih besar. Dengan mengatur manajemen waktu yang baik kalian bisa mempercepat pekerjaan dengan waktu yang lebih sedikit.Â
Dan dapat meningkatkan produktifitas kinerja kalian, dan dengan manajemen waktu yang baik kalian juga bisa menerapkan nya bukan hanya di tempat kerja saja tapi dimana pun kalian berada jika kalian sudah terbisa dengan manajemen waktu yang baik maka kesuksesan yang akan menhampiri kalian.
Manajemen waktu yang baik juga sangat berpengaruh besar terhadap pikiran kalian, karena bisa mengurangi stress, apalagi sampai menjadi beban pikiran kalian dan menyusahkan diri sendiri dengan beban pikiran yang tidak pernah hilang. Cara terbaik dalam menghilangkan pikiran yang ada di kepala kita adalah dengan menyelesaikannya dengan cara yang baik dan benar, salah satunya dengan mengatur manajemen waktu yang baik.
Berikut manfaat manajemen waktu yang baik secara keseluruhan
- Mengurangi stress (Sudah pasti dan yang sudah sangat terbukti yaitu dapat mengurangi stress yang ada di pikiran kita, ketika kalian mengendalikan waktu, segala sesuatunya menjadi lebih mudah dan stress akan berkurang. Dengan mampu mengatur manajemen waktu dapat meningkatkan produktivitas, membantu kalian tidur lebih nyenyak dan memungkinkan kalian menciptakan keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik.)
- Dapat menyeimbangkan kehidupan dengan perkerjaan (Sebagian dari kalian pasti masih banyak yang sering menghabiskan waktunya dengan pekerjaan dari pada dirumah, itu pun ketika kita dirumah masih suka di campuri dengan urusan pekerjaan, itu karena sebagian dari kalian tidak bisa mengatur manajemen waktu dengan baik. Keseimbangan kehidupan kerja adalah tentang menciptakan keseimbangan waktu antara kehidupan profesional dan kehidupan pribadi. )
- Lebih banyak kebebasan waktu (Dengan mengatur manajemen waktu yang baik maka kalia akan lebih cepat menyelesaikan pekerjaan yang ada, sehingga akan banyak waktu luang kalian untuk melakukan aktivitas lain yang bermanfaat dan kalian sukai, sehingga kalian akan lebih fresh dalam menyelesaikan pekerjaan kalian dan bisa menikmatinya.)
- Memiliki fokus yang lebih tinggi (Penggunaan waktu yang benar makan akan membuat semua pekerjaan tersusun secara rapih dan sesuai tujuan sehingga memiliki tingkat focus yang lebih tinggi.)
- Mengurangi penundaan (Ketika kalian menggunakan waktu yang ada dengan benar dan memanfaatkan yang ada, maka lebih mudah untuk tidak  menund- nunda pekerjaan yang ada.)
Kesimpulan
Keterampilan manajemen waktu sangat berpengaruh besar bagi kehidupan sehari-hari kita, selain itu juga dengan mengatur manajemen waktu yang baik sangat penting dalam membantu meningkatkan produktivitas kerja kalian. Dan dengan memanfaatkan waktu dapat meningkatkan energi, dan meningkatkan fokus. Ketika kalian dapat fokus pada sejumlah hal yang kecil menciptakan dampak  yang besar dan bekerja dengan orang lain untuk membantu mendukung kalian, akan jauh lebih mudah untuk mencapai hasil yang lebih besar dan mencapai tujuan kalian dengan lebih cepat.
Sumber  : http://manajemen.uma.ac.id
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H