Laporan Magang di PT Indraco Suncity Festival Madiun
Dosen Pembimbing Lapangan: Wiwin Juliyanti S.E., S.Pd.,M.Ak
Nama: Karelius Rafael Abib Danuarta
NIM: 2103102112
Program Studi S1 Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas PGRI Madiun
1. Lokasi Magang
Nama Perusahaan: PT Indraco Suncity Festival Madiun
Alamat: Oro-oro Ombo, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun
Divisi: Marketing
2. Durasi Magang
Tanggal Mulai: 15 Juli 2024
Tanggal Selesai: 15 September 2024
3. Deskripsi Singkat Perusahaan
PT. Indraco berdiri pada tahun 2001 sebagai Developer & Contractor spesialis di bidang Commercial Property. Commercial Property yang kami kembangkan secara mandiri adalah Kawasan Suncity Festival Madiun (Hotel, mall, Ruko, WaterPark), Suncity Mall Sidoarjo (Hotel, mall, Ruko, WaterPark), Suncity Square Bekasi, dll. Kawasan Elit terbaru kami yang saat ini kami kembangkan adalah SunCity Biz yang terletak di Jalan Arteri Sidoarjo.
4. Tujuan Magang
Tujuan dari magang ini adalah untuk mempelajari proses marketing dalam perusahaan PT Indraco Suncity Festival Madiun, serta memahami strategi pemasaran di industri event dan festival, mengasah keterampilan komunikasi untuk promosi acara, menerapkan teknik digital marketing guna meningkatkan awareness, berpartisipasi dalam kampanye promosi yang kreatif dan efektif, mengembangkan jaringan dengan pihak terkait untuk mendukung kegiatan pemasaran.selama kuliah dalam situasi kerja nyata.
5. Tugas dan Tanggung Jawab
Selama magang, saya bertanggung jawab dalam:
Membantu penyusunan laporan kunjungan marketing.
Membantu jalannya loket di suncity waterpark Madiun.
Membantu lobby operasional.
Menginput data permintaan pembalian oleh resto yang ada di suncity waterpark Madiun.
6. Hasil yang Dicapai
Selama magang, saya berhasil menyelesaikan:
Laporan KPI untuk bulan Agustus dan September 2024.
Panitia event yang dilaksanakan oleh Suncity Fertival Madiun.
Memperlajari bagaimana kegiatan marketing seperti kunjungan dan sponsorship.
7. Kendala dan Solusi
Kendala utama yang saya hadapi adalah berangkat pagi hari saat masih petang seperti jam 5 pagi ketika ada kegiatan kunjungan/sponsorship. Untuk mengatasi hal ini, saya membiasakan diri untuk bangun pagi di jam kerja yang tidak menentu mempelajari tanggung jawab yang dipercayakan kepada saya, sehingga saya bisa menyesuaikan dengan cepat.
8. Penutup
Selama magang di Suncity Festival Madiun, saya telah memperoleh banyak pengalaman dan pengetahuan baru tentang marketing, terutama di bidang acara. Di masa depan, keterampilan yang saya peroleh, seperti strategi pemasaran, digital marketing, dan komunikasi,
 akan sangat membantu saya berkembang. Pengalaman magang saya menjadi lebih baik karena saya dapat bekerja sama dengan tim yang profesional dan bersemangat.
9. DokumentasiÂ
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H