Mohon tunggu...
Wiwin Juliyanti
Wiwin Juliyanti Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Prodi S1 Manajemen UNIPMA

Hi! Salam Kenal :)

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Kasus Riset Operasional: Sistem Antrian di Pom Bensin SPBU Sidomulyo Wonoasri

14 September 2024   04:55 Diperbarui: 14 September 2024   04:58 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dosen Pembimbing               : Wiwin Juliyanti S.E., S.Pd., M.Ak

Lokasi Observasi                   : Jln. Raya Wonoasri, Desa Sidomulyo Kec. Wonoasri Kab. Madiun

Waktu Observasi                   : 16 -- 23 Juni 2024

Tim Observer                         :  Kharissa Insani Rahesti

LATAR BELAKANG

SPBU Sidomulyo Wonoasri adalah sebuah tempat pengisian bahan bakar kendaraan bermotor maupun roda empat yang terletak di Jln. Raya Wonoasri tepatnya di Desa Sidomulyo, Kec. Wonoasri Kab. Madiun. Letak SPBU Sidomulyo dinilai sangat strategis karena berada di jalan alternatif yang menghubungkan Kabupaten Madiun dan Kota Madiun. Terkadang mengalami antrian yang membludak pada saat jam sibuk antara pukul 06.00 -- 08.00, 14.00 - 17.00, dan 18.00 -- 19.00 yang menyebabkan antrian Panjang hingga ke jalan raya.

TUJUAN

  • Menganalisis sistem antrian yang ada di SPBU Sidomulyo Wonoasri.
  • Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab antrian panjang.
  • Mengembangkan solusi untuk meningkatkan efisiensi sistem antrian.

DATA DAN ASUMSI

  • SPBU Sidomulyo Wonoasri mengalami lonjakan pelanggan pada jam sibuk dan jam pulang kerja masyarakat.
  • Jumlah staff / karyawan = 4 orang dibagi 2 shift.
  • Jam operasional SPBU 16 jam/hari.
  • Antrian pengisian bahan bakar sering kali panjang, menyebabkan waktu tunggu yang lama.
  • Rata-rata waktu pelayanan pengisian adalah 3 - 5 menit per pelanggan.
  • Rata-rata waktu tunggu antrian 10 -- 15 menit.
  • Pelanggan datang secara acak, tetapi lebih ramai pada jam berangkat kerja dan jam pulang kerja.

METODOLOGI

  • Data waktu kedatangan dan pelayanan pelanggan selama beberapa hari pada jam-jam sibuk.
  • Observasi langsung terhadap proses antrian dan pengisian bahan bakar.
  • Wawancara dengan staff dan pelanggan untuk memahami tantangan yang dihadapi.

HASIL YANG DIHARAPKAN

  • Pengurangan Waktu Tunggu : Diharapkan berkurangnya waktu tunggu antrian para pelanggan pada jam sibuk dan pulang kerja.
  • Peningkatan Kepuasan Pelanggan : Diharapkan meningkatnya kepuasan pelanggan dengan adanya peningkatan dalam pelayanan dan pengurangan waktu tunggu.
  • Optimalisasi Penggunaan Sumber Daya : Diharapkan peningkatan dalam efisiensi penggunaan staff pengisian bahan bakar.
  • Peningkatan Penjualan : Diharapkan peningkatan penjualan karena berkurangnya waktu tunggu.
  • Penambahan mesin pengisian bahan bakar : Diharapkan penambahan mesin pengisian bahan bakar dapat mempercepat proses  antrian dan meningkatkan kenyamanan pelanggan.

SKENARIO HASIL DARI TIM OBSERVER PRODI S1 MANAJEMEN FEB UNIPMA

  • Peningkatan Kapasitas : Menambah jumlah mesin pengisian bahan bakar dan menambahkan staff untuk mengurangi antrian panjang.
  • Penerapan Teknologi Antrian : Menggunakan sistem antrian elektronik untuk mempercepat proses pemesanan dan memastikan pelanggan antri dengan lebih teratur.
  • Penjadwalan Staff yang Lebih Efisien : Menjadwalkan staff sesuai dengan jam-jam sibuk untuk mengoptimalkan pelayanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun