Â
Dosen Pembimbing        : Wiwin Juliyanti S.E., S.Pd., M.Ak
Lokasi Observasi          : Exploseco Store Trift Second Yogyakarta
Waktu Observasi          : 17 Juni 2024
Tim Observer               : Herlinda Candra N A (2203102181)
     Â
            ÂLATAR BELAKANG
Exploseco store merupakan toko yang bergerak dibidang jual beli pakaian second yang cukup terkenal di jogja. Walaupun yang di jual pakaian second tapi pakaian yang mereka jual masih sangat bagus dan masih layak pakai dan dari berbagai macam brand terkenal seperti TNF( the nort face), Dickies 1922, NB, Adidas, Nike, National Geograpic, Carhat, dan masih banyak lagi. Lalu barang yang dijual pun mulai dari kaos, celana, Hoodie, Topi sampai Sepatu. Walaupun took ini terbilang masih baru di jogja tetapi sudah memiliki pelanggan yang banyak dan followers di Instagram sudah mencapai 160 ribu pengikut. Penjualan nya pun juga melayani secara online agar memudahkan pelanggan yang berada di daerah luar jogja. Exploseco store ini menggunakan system antrian bagi pelanggan ketika melakukan pembayaran. Dengan tujuan agar pelanggan yang datang bisa di tata dengan baik agar semua pengunjung merasa nyaman ketika belanja.Â
TUJUAN
 Menganalisa dan mengoptimalkan sistem antrian Exploseco Store, sehingga bisa mengurangi waktu tunggu pelanggan serta akan berdampak tidak menumpuknya antrian .
DATA DAN ASUMSI
Jumlah pelanggan dalam sehari      : 100 – 350  pelanggan
Jumlah kasir yang ada             : 2  kasir
Waktu pelayanan per pelanggan     : 2- 5menit
Jam operasioanl saat kondisi ramai   :  mulai jam 14.00 – 20.00 WIB
METODOLOGI
- Observasi langsung di lapangan untuk memverifikasi data secara langsung.
- Model Antrian: Menmakai Single Channel, Multi Phase (Satu Jalur, Banyak Tahap)
HASIL YANG DIHARAPKAN
- Waktu Tunggu Rata-rata: Mengurangi waktu tunggu rata-rata dari 10 menit menjadi kurang dari 5 menit.
- Mengumpulkan data waktu pelayanan kasir.
- Mengumpulkan data tentang kedatangan pelanggan
SKENARIO HASIL DARI TIM OBSERVER PRODI S1 MANAJEMEN FEB UNIPMA
- Penambahan Karyawan (Kasir):
- Menambahkan 1 kasir  (total 3 kasir)
- Penggunaan Self Check out
- Menambahkan 1 mesin self_Check out .
- Hasil simulasi terjadi pengurangan waktu, dari 5 menit menjadi 3 menit.
- Penyesuaian jam Operasional dam Shift Kasir
- Menambahkan tambahan sift atau menambah karyawan pada saat jam ramai
- Hasil menunjukkan penurunan waktu tunggu rata-rata menjadi 3 menit.
IMPLEMENTASI DAN REKOMENDASI
- Berdasarkan hasil simulasi, direkomendasikan untuk menambah 1 kasir di Exploseco store dan menambahkan 1 mesin selfcheck out
- Mengoptimalkan jadwal shift kasir untuk menyesuaikan jam ramai atau sibuk.
- Menggunakan antrian elektronik atau sistem Single Channel, Multi Phase (Satu Jalur, Banyak Tahap) dengan 3 kasir
KESIMPULAN
Dengan menerapkan hasil riset operasional, mampu mengurangi waktu tunggu pelanggan di Exploseco  Store Jogja, sehingga akan berdampak baik kepada pelanggan atau karyawan toko. Dengan berkurang nya jumlah antrian akan memudahkan pelanggan ketika sedang memilih atau mencoba pakaian yang diminati dan memudahkan karyawan untuk melakukan pengawasan dan mendisplay barang yang kosong. Rekomendasi implementasi berdasarkan analisis dan simulasi diharapkan dapat memberikan dampak yang positif bagi pelayanan di Exploseco Store khususnya pada sistem antrian pelanggan.  Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H