Â
Dosen Pembimbing        :Wiwin Juliyanti S.E., S.Pd., M.Ak
Lokasi Observasi          :Samudra Supermarket Madiun, Jl. Pahlawan No.46 - 48, Pangongangan, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63121
Waktu Observasi          : 1 Mei - 31 Mei 2024
Tim Observer              : Anita Dita Cahyani
                 Â
Â
LATAR BELAKANG
Samudra Supermarket Madiun merupakan salah satu supermarket yang menyediakan aneka kebutuhan bulanan, mingguan, maupun harian dengan harga yang sangat terjangkau. Berlokasi di tengah Kota Madiun, menjadi banyak sasaran warga Madiun sekitarnya sebagai tempat untuk berbelanja penuhi berbagai kebutuhan. Selalu mengalami peningkatan jumlah customer pada hari weekend, awal bulan, dan akhir bulan. Hal ini menyebabkan antrian panjang di bagian kasir sampai di lorong area barang, sehingga membuat customer menunggu lama dan menurunkan kepuasan customer. Manajemen ingin mengoptimalkan sistem antrian di Samudra Supermarket Madiun dengan adanya pembelanjaan online by WhatsApp.
TUJUAN
Menganalisis dan mengoptimalkan sistem antrian di Samudra Supermarket Madiun untuk meminimalisir panjangnya antrian di kassa.
DATA DAN ASUMSI
- Jumlah customer ketika weekday: 300 customer.
- Jumlah customer ketika weekend: 800 customer.
- Jumlah kassa ketika weekday: 5 kassa.
- Jumlah kassa ketika weekend: 10 kassa.
- Waktu pelayanan per customer: Rata-rata 5 - 15 menit.
- Jam operasional supermarket: 13 Jam per hari, terbagi menjadi 2 shift.
METODOLOGI
- Mengumpulkan data historis kedatangan customer pada saat weekday & weekend.
- Observasi langsung di lapangan untuk memverifikasi data.
- Wawancara dengan kasir dan menjadi customer untuk memahami keadaan.
Â
HASIL YANG DIHARAPKAN
- Mengurangi waktu antrian: Berkurangnya waktu tunggu rata-rata dari 15 menit menjadi kurang dari 8 menit.
- Meningkatkan pelayanan: Mengadakan pembelanjaan online by WhatsApp.
- Meningkatkan  kepuasan customer: Meningkatkan pelayanan dan mengurangi waktu tunggu pada saat pembayaran di kassa.
SKENARIO HASIL DARI TIM OBSERVER PRODI S1 MANAJEMEN FEB UNIPMA
- Penggunaan Teknologi Otomatisasi:
- Mengimplementasikan pembelanjaan online by WhatsApp.
- Hasil menunjukkan berkurangnya customer yang antri pada kassa.
- Penyesuaian Shift dan Jadwal Pemrosesan:
- Membuka 5 kassa pada weekday & 10 kassa pada weekend.
- Hasil menunjukkan berkurangnya waktu antrian pada kassa.
IMPLEMENTASI DAN REKOMENDASI
- Berdasarkan hasil simulasi, direkomendasikan untuk membuka 5 kassa pada weekday & 10 kassa di weekend.
- Menggunakan sistem pembelanjaan online by WhatsApp untuk mengurangi panjangnya antrian customer.
KESIMPULAN
Dengan menerapkan hasil riset operasional, Samudra Supermarket dapat mengurangi waktu tunggu pada antrian kassa, meningkatkan pelayanan, serta meningkatkan kepuasan customer. Rekomendasi implementasi berdasarkan analisis dan simulasi ini diharapkan akan memberi dadmpak positif pada manajemen pelayanan di Samudra Supermarket Madiun.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H