Mohon tunggu...
Wiwin Juliyanti
Wiwin Juliyanti Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Prodi S1 Manajemen UNIPMA

Hi! Salam Kenal :)

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kasus Riset Operasional: Sistem Antrian di Pelayanan Kasir Syamsuna Swalayan Pusat

13 September 2024   18:36 Diperbarui: 13 September 2024   18:37 126
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Riset/dokpri

 

Dosen Pembimbing               : Wiwin Juliyanti S.E., S.Pd., M.Ak

Lokasi Observasi                   : Syamsuna Swalayan Pusat Jl. Adil Makmur No. 98 Krajan, Bangunsari, Kec. Dolopo, Kab. Madiun, Jawa Timur 63174

Waktu Observasi                   : 16 Juni- 22 Juni 2024

Tim Observer            : Aprilia Nurul Risky

 

LATAR BELAKANG

Syamsuna merupakan sebuah swalayan yang menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari, terletak ditengah-tengah pemukiman padat penduduk, yang mengalami peningkatan jumlah pelanggan disaat jam sibuk dan akhir pekan terutama, menyebabkan waktu tunggu yang panjang di kasir. 

Hal ini menurunkan kepuasan pelanggan dan mempengaruhi efisiensi operasional toko. Manajemen Syamsuna ingin meningkatkan sistem antrian di kasir dan memperbarui sistem master aplikasi kasir guna mengurangi waktu tunggu dan meningkatkan kepuasan pengalaman berbelanja pelanggan.

 

TUJUAN

Jumlah pelanggan pada hari kerja : 300 pelanggan

Jumlah pelanggan pada akhir pekan : 600 pelanggan

Jumlah kasir yang tersedia : 2 kasir

Waktu pelayanan pelanggan : 3 menit

Jam operasional toko : 16 jam per hari

METODOLOGI

  1. Data waktu kedatangan dan pelayanan pelanggan selama beberapa hari pada jam-jam sibuk.
  2. Observasi langsung terhadap proses pelayanan dan pengemasan di kasir.
  3. Wawancara dengan staf dan pelanggan untuk memahami tantangan yang dihadapi.

HASIL YANG DIHARAPKAN

Penambahan petugas :

Menambah 2 petugas pengemasan belanja pelanggan untuk 2 kasa.

Hasil simulasi menunjukkan waktu tunggu lebih efisien.

Penggunaan sistem master kasa baru :

Melakukan update sistem master baru oleh IT.

Dalam tahap pemasangan guna meminimalisir error yang kerap terjadi.

Perluasan area antrian pelanggan :

Memperluas area antrian pelanggan dengan menempatkan display tambahan tidak berjarak terlalu berjauhan.

Hasil menunjukkan antrian tidak berhimpitan dengan pelanggan yang baru masuk toko.

IMPLEMENTASI DAN REKOMENDASI

Direkomendasikan untuk menambah 1 kasa untuk pelanggan belanja kilat.

Menambah jumlah petugas khusus untuk pengemasan belanja pelanggan.

Menggunakan sistem master kasir yang baru agar tidak sering terjadi error.

KESIMPULAN

Dengan menerapkan hasil riset operasional, Syamsuna Swalayan dapat mengurangi waktu tunggu bagi pelanggan yang berbelanja kilat maupun belanja dengan trolley dengan efisien, meningkatkan kepuasan pelanggan karena pelayanan semakin cepat serta pengoperasian komputer kasir dapat dengan maksimal karena tidak lagi ada masalah teknis yang kerap terjadi diSyamsuna Swalayan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun