Â
Dosen Pembimbing        : Wiwin Juliyanti S.E., S.Pd., M.Ak
Lokasi Observasi          : Syamsuna Swalayan Pusat Jl. Adil Makmur No. 98 Krajan, Bangunsari, Kec. Dolopo, Kab. Madiun, Jawa Timur 63174
Waktu Observasi          : 16 Juni- 22 Juni 2024
Tim Observer       : Aprilia Nurul Risky
Â
LATAR BELAKANG
Syamsuna merupakan sebuah swalayan yang menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari, terletak ditengah-tengah pemukiman padat penduduk, yang mengalami peningkatan jumlah pelanggan disaat jam sibuk dan akhir pekan terutama, menyebabkan waktu tunggu yang panjang di kasir.Â
Hal ini menurunkan kepuasan pelanggan dan mempengaruhi efisiensi operasional toko. Manajemen Syamsuna ingin meningkatkan sistem antrian di kasir dan memperbarui sistem master aplikasi kasir guna mengurangi waktu tunggu dan meningkatkan kepuasan pengalaman berbelanja pelanggan.
Â
TUJUAN
Jumlah pelanggan pada hari kerja : 300 pelanggan
Jumlah pelanggan pada akhir pekan : 600 pelanggan
Jumlah kasir yang tersedia : 2 kasir
Waktu pelayanan pelanggan : 3 menit
Jam operasional toko : 16 jam per hari
METODOLOGI
- Data waktu kedatangan dan pelayanan pelanggan selama beberapa hari pada jam-jam sibuk.
- Observasi langsung terhadap proses pelayanan dan pengemasan di kasir.
- Wawancara dengan staf dan pelanggan untuk memahami tantangan yang dihadapi.
HASIL YANG DIHARAPKAN
Penambahan petugas :
Menambah 2 petugas pengemasan belanja pelanggan untuk 2 kasa.
Hasil simulasi menunjukkan waktu tunggu lebih efisien.
Penggunaan sistem master kasa baru :
Melakukan update sistem master baru oleh IT.
Dalam tahap pemasangan guna meminimalisir error yang kerap terjadi.
Perluasan area antrian pelanggan :
Memperluas area antrian pelanggan dengan menempatkan display tambahan tidak berjarak terlalu berjauhan.
Hasil menunjukkan antrian tidak berhimpitan dengan pelanggan yang baru masuk toko.
IMPLEMENTASI DAN REKOMENDASI
Direkomendasikan untuk menambah 1 kasa untuk pelanggan belanja kilat.
Menambah jumlah petugas khusus untuk pengemasan belanja pelanggan.
Menggunakan sistem master kasir yang baru agar tidak sering terjadi error.
KESIMPULAN
Dengan menerapkan hasil riset operasional, Syamsuna Swalayan dapat mengurangi waktu tunggu bagi pelanggan yang berbelanja kilat maupun belanja dengan trolley dengan efisien, meningkatkan kepuasan pelanggan karena pelayanan semakin cepat serta pengoperasian komputer kasir dapat dengan maksimal karena tidak lagi ada masalah teknis yang kerap terjadi diSyamsuna Swalayan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H