Dosen Pembimbing        : Wiwin Juliyanti S.E., S.Pd., M.Ak
Lokasi Observasi          : Swalayan Kaifada, Manisrejo, Kec. Taman, Kota Madiun, Jawa Timur
Waktu Observasi          : 17 Juni - 24 Juni 2024
Tim Observer       : Alifah Jihan Fitria Cahyanti
LATAR BELAKANG
Kaifada merupakan salah satu swalayan yang terletak di Manisrejo. Swalayan Kaifada menyediakan berbagai keperluan rumah tangga mulai dari bahan makanan hingga perlengkapan bayi. Dikarenakan swalayan ini menyediakan berbagai macam kebutuhan yang bisa dibilang lengkap masyarakat menjadi gemar berbenlanja diswalayan Kaifada yang mana lonjakan pembeli sewaktu waktu dapat menyebabkan antrian mengular. Demi kenyamanan dan kepuasan pelanggan, swalayan Kaifada ingin memberikan pelayanan kasir yang baik agar dapat menangani antrian mengular yang biasa terjadi.
TUJUAN
Menganalisis dan mengoptimalkan sistem antrian pada kasir swalayan kaifada untuk mengurangi waktu tunggu pembayaran dan meningkatkan efisiensi pelayanan.
DATA DAN ASUMSI
- Jumlah pelanggan per hari: 250.
- Jumlah pelanggan akhir pekan : 350
- Jumlah petugas kasir : 1
- Jumlah petugas packing : 1
- Waktu pelayanan per pelanggan: Rata-rata 3-4 menit.
- Jam operasional : 14 jam
METODOLOGI
- 1. Data waktu kedatangan dan pelayanan pelanggan selama beberapa hari pada jam-jam sibuk.
- 2. Observasi langsung terhadap proses pelayanan dan pengemasan di kasir.
- 3. Wawancara dengan staf dan pelanggan untuk memahami tantangan yang dihadapi.
HASIL YANG DIHARAPKAN
Waktu Tunggu Rata-rata: Mengurangi waktu tunggu rata-rata dari 5-7 menit menjadi kurang dari 5 menit.
Efektivitas dan Efisiensi Petugas Kasir: Menambah petugas kasir dan petugas packing  agar efisien dan cepat pada saat pelayanan dijam jam sibuk atau pada saat intesitas pelanggan melonjak.
Kepuasan Pelanggan: Meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan berdasarkan survei.
SKENARIO HASIL DARI TIM OBSERVER PRODI S1 MANAJEMEN FEB UNIPMA
- Penambahan Petugas:
- Menambah 1 petugas kasir  (total menjadi 2 petugas).
- Hasil simulasi menunjukkan pengurangan waktu tunggu rata-rata menjadi 4-5 menit.
2. Penggunaan sistem master kasa baru :
Melakukan update sistem master baru oleh IT.
Dalam tahap pemasangan guna meminimalisir error yang kerap terjadi dan menghemat waktu pelayanan.
IMPLEMENTASI DAN REKOMENDASI
- Berdasarkan hasil simulasi, direkomendasikan untuk menambah 1 petugas kasir karena lebih efisien memiliki 2 petugas kasir daripada 1 kasir dan 1 petugas packing, atau bisa dengan petugas packing dialihkan menjadi kasir agar pelayanan bisa lebih cepat.
- Mengoptimalkan cara kerja cepat, tepat dan rapi kepada petugas kasir agar lebih cekatan saat melayani konsumen.
KESIMPULAN
Dengan menerapkan hasil riset operasional, swalayan Kaifada dapat mengurangi waktu tunggu pelayanan kasir secara signifikan, meningkatkan efisiensi layanan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Rekomendasi implementasi berdasarkan analisis dan simulasi diharapkan dapat memberikan dampak positif pada manajemen pelayanan di swalayan Kaifada.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H