Mohon tunggu...
Wiwin Juliyanti
Wiwin Juliyanti Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Prodi S1 Manajemen UNIPMA

Hi! Salam Kenal :)

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kasus Riset Operasional: Antrian di Oijo 24 Cafe Saat Akhir Pekan

13 September 2024   14:10 Diperbarui: 13 September 2024   14:17 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Oijo 24 Cafe Madiun

Dosen Pembimbing               : Wiwin Juliyanti S.E., S.Pd., M.Ak

Lokasi Observasi                   : Jl. Gulun, Rt.31/Rw.10, Kejuron, Kec. Taman, Kota Madiun, Jawa Timur 63132

Waktu Observasi                   : Jumat 28 Juni 2024

Tim Observer            : Adam Akbar N

LATAR BELAKANG

Oijo 24 Cafe merupakan cafe atau beerhouse yang terletak di pusat kota Madiun dan sering dikunjungi oleh pelanggan untuk sekedar nongkrong atau berkumpul dengan teman-teman. Pada jam-jam tertentu dan akhir pekan, terjadi peningkatan jumlah pelanggan yang menyebabkan antrian panjang di kasir dan area parkir yang penuh yang memakan bahu jalan. Fenomena ini menurunkan kepuasan pelanggan, mengganggu lalu lintas sekitar, dan mempengaruhi efisiensi operasional toko. Pemilik cafe berusaha meningkatkan sistem antrian dan parkir guna mengurangi waktu tunggu dan meningkatkan kepuasan pelanggan serta kelancaran lalu lintas di sekitar lokasi cafe.

TUJUAN RISET

  • Menganalisis sistem antrian yang ada di Oijo 24 Cafe.
  • Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab antrian panjang dan kepadatan parkir.
  • Mengembangkan solusi untuk meningkatkan efisiensi sistem antrian dan parkir.

DATA DAN ASUMSI

  • Jumlah pelanggan pada hari kerja: 100 pelanggan.
  • Jumlah pelanggan pada akhir pekan: 400 pelanggan.
  • Jumlah kasir yang tersedia: 1 kasir.
  • Waktu pelayanan pelanggan: 3 menit.
  • Jam operasional toko: 24 jam per hari.
  • Kapasitas parkir: 5 mobil dan 50 motor.

METODE PENELITIAN

  • Pengumpulan data waktu kedatangan dan pelayanan pelanggan selama beberapa hari pada jam-jam tertentu dan akhir pekan.
  • Observasi langsung terhadap proses pelayanan di kasir dan area parkir.
  • Wawancara dengan staf dan pelanggan untuk memahami tantangan yang dihadapi.
  • Analisis data kepadatan di area parkir dan dampaknya terhadap lalu lintas sekitar.

HASIL YANG DIHARAPKAN

  • Pengurangan Waktu Tunggu: Mengurangi waktu tunggu antrian di kasir.
  • Kepuasan Pelanggan: Meningkatkan kepuasan pelanggan dengan layanan yang lebih cepat dan efisien.
  • Optimalisasi Penggunaan Sumber Daya: Mengoptimalkan penggunaan kasir dan area parkir.
  • Pengurangan Kemacetan Lalu Lintas: Mengurangi kemacetan di sekitar area parkir Cafe.
  • Peningkatan Penjualan: Meningkatkan penjualan melalui pelayanan yang lebih cepat dan parkir yang lebih efisien.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun