Dosen Pembimbing : Wiwin Juliayanti S.E.,S.Pd.,M.Ak
Lokasi Observasi   : Desa Temboro Karas Magetan
Waktu Observasi   : 4 Juli 2024
Tim Observasi     :Â
1. Kevin Agus Mustofa       (2203102149)
 2. Muhammad Sholahudin  (2203102229)
 3. Aldi Firmansyah          (2203102032)
LATAR BELAKANGÂ
Jeruk Peras Ahha adalah UMKM yang berada di magetan yang terletak di desa temboro Karas magetan desa tersebut terkenal dengan kampung Madinah yang di dalam nya terdapat beberapa pondok besar yang memiliki banyak santri atau penduduk yang mana daerah tersebut berpotensi bagus di bidang UMKM.
Usaha tersebut di dirikan oleh seorang mahasiswa unipma madiun yang ystem Ahmad dan adik nya Hasan yang mereka memulai usaha tersebut dari pertama hingga kini memiliki 4 cabang di magetan.
Usaha Jeruk Peras Ahha tersebut berhasil dalam berinovasi sehingga produk nya sangat di sukai banyak ystemat sehingga menimbulkan peningkatan penjual yang sangat ystem dan memiliki ystem antrian baik secara langsung maupun pesanan online.
TUJUAN
- Menganalisis sistem antrian pada UMKM Jeruk Peras Ahha di Magetan.
- Menganalisis Jumlah penjualan yang meningkat drastis.
- Mengidentifikasi Faktor ystem antrian pembeli.
- Mengembangkan ystem untuk meningkatkan ystem antrian dan waktu tunggu pembelian.
DATA DAN ASUMSIÂ
- Jam operasional outlet : 09:00 - 22:00
- Jumlah cabang : 4 cabang
- jumlah rata rata pembeli : 50- 70 orang
- waktu pelayanan : 5 menit
- waktu tunggu : 5 - 10 menit
METODOLOGIÂ
- 2Observasi langsung terhadap antrian proses pelayanan dan pemesanan pembeli.
- Observasi langsung terhadap jumlah pembeli per hari,waktu pelayanan pembeli,dan waktu tunggu pembeli.
- Observasi terhadap jam buka Outlet.
- Wawancara terhadap staff untuk mengetahui jumlah pembeli perhari.
Â
HASIL YANG DI HARAPKANÂ
- Peningkatan kepuasan pelanggan : Diharapkan meningkatnya kepuasan pelanggan dengan adanya peningkatan pelayanan dan pengurangan waktu tunggu.
- 3Peningkatan sistem pemesan: menyediakan kan sistem pemesanan via online dan memberikan pelayanan siap antar untuk para pelanggan yang tidak bisa datang ke outlet.
- Optimalisasi : penggunaan sumber daya di harapkan peningkatan dalam efisiensi tugas karyawan.
- Penambahan fasilitas: penyediaan tempat duduk bagi para para pembeli.
SKENARIO HASIL DARI TIM OBSERVASI PRODI S1 MANAJEMEN FEB UNIPMA
- Peningkatan kapasitas: menambah jumlah karyawan di setiap shift.
- Peningkatan efisiensi tugas karyawan: memberikan pelatihan kepada karyawan dalam mengatasi ramai nya pelanggan.
Â
IMPLEMENTASI DAN REKOMENDASIÂ
- Menambah kan karyawan agar pelayanan lebih cepat dan memuaskan.
- Menambahkan Dilievery order agar pelanggan tidak perlu mengantri di outlet.
KESIMPULANÂ
Dengan melakukan riset operasional ini di harapkan Jeruk Peras Ahha dapat meningkatkan inovasi terbaru terhadap menu mereka agar konsumen tidak bosan dan memberikan akses bagi para pelanggan yang datang dengan memberikan tempat parkir kusus pelanggan.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI