Mohon tunggu...
Wiwin Juliyanti
Wiwin Juliyanti Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Prodi S1 Manajemen UNIPMA

Hi! Salam Kenal :)

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Kasus Riset Operasional : Sistem Antrian Di Toko Alat Tulis New Hani Stationery Di Madiun

13 September 2024   05:00 Diperbarui: 12 September 2024   16:15 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dosen Pembimbing   : Wiwin Juliyanti S.E., S.Pd., M.Ak

Lokasi Observasi       : Jl. Trunojoyo No.50, Demangan, Kec. Manguharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63128

Waktu Observasi       : 5 Juli 2024

Tim Observasi            : 

1. Ayudya Navira Wahyudi (2203102027)

2. Alicia Febry I. (2203102061)

3. Yohana Sjeni Melindasari (2203102170)

LATAR BELAKANG

            New Hani Stationery adalah toko yang menyediakan perlengkapan alat tulis berkualitas tinggi bagi masyarakat. Sejak awal berdiri, toko ini telah menarik banyak pelanggan karena komitmennya terhadap produk yang inovatif dan layanan yang ramah. Dalam era digital ini, kebutuhan akan alat tulis konvensional masih sangat besar, terutama di kalangan pelajar dan mahasiswa. Sehingga membuat New Hani Stationery mengalami masalah antrian yang panjang.  Dalam system antrian pada New Hani Stationery ini termasuk dalam model antrian Multi Channel-Single Phase, dimana terdapat beberapa jalur pelayanan (Multi Channel) tetapi setiap pelanggan hanya melewati satu tahap pelayanan (Single Phase).

            New Hani Stationery mengalami antrian panjang terutama pada jam-jam sibuk, khususnya pada waktu pagi dan malam hari. New Hani Stationery mengalami peningkatan permintaan produk pada waktu memasuki musim sekolah baru yang juga dapat mengakibatkan antrian yang panjang dibandingkan hari-hari biasanya.

TUJUAN

  • Menganalisis sistem antrian yang ada di New Hani Stationery
  • Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab antrian panjang
  • Mengembangkan solusi untuk meningkatkan efisiensi sistem antrian
  • Mengimplementasikan solusi yang diusulkan dan mengevaluasi dampaknya terhadap waktu tunggu dan kepuasan pelanggan

DATA DAN ASUMSI

  • Jam operasional toko               : 08.00 WIB -- 21.00 WIB
  • Jumlah kasir yang tersedia      : 2 kasir
  • Jumlah pelanggan per hari       : 500 pelanggan
  • Waktu pelayanan pelanggan   : 5 menit
  • Waktu tunggu pelanggan        : 10 menit
  • Waktu kedatangan pelanggan: Pelanggan datang setiap waktu, akan tetapi lebih ramai saat jam-jam sibuk pada waktu pagi dan malam hari, dan pada waktu memasuki musim sekolah baru.

METODOLOGI           

  • Mengumpulkan data historis tentang kedatangan pelanggan dan waktu pelayanan di kasir
  • Observasi langsung di lapangan untuk memverifikasi data
  • Menggunakan model antrian  M/M/S/I/I

 

HASIL YANG DIHARAPKAN

  • Waktu tunggu rata-rata : Waktu tunggu antrian rata-rata dari 10 menit menjadi kurang 5 menit.
  • Optimalisasi penggunaan sumber daya : Diharapkan peningkatan efesiensi petugas kasir dan sedikit memperluas tempat kasir agar tidak berdempetan dengan produk penjualan.
  • Kepuasan pelanggan : Diharapkan meningkatnya kepuasan pelanggan dengan peningkatan pelayanan dan pengurangan waktu antrian.
  • Adopsi teknologi : Diharapkan adanya sistem pembayaran QRIS untuk mempercepat proses transaksi kasir dan mengurangi antrian transaksi.
  • Peningkatan penjualan : Dengan mengurangi waktu tunggu antrian sehingga dapat meningkatkan dalam penjualan.

SKENARIO HASIL DARI TIM OBSERVER PRODI S1 MANAJEMEN FEB UNIPMA

  • Peningkatan kapasitas : Menambah jumlah kasir transaksi untuk mengurangi antrian dan waktu tunggu antrian.
  • Penggunaan teknologi : Mengimplementasikan sistem pembayaran melalui QRIS, untuk menunjukkan waktu tunggu rata-rata menjadi kurang dari 5 menit.
  • Penjadwalan staf yang lebih efisien    : Melakukan penjadwalan staf pada jam-jam sibuk untuk mengoptimalkan pelayanan.

IMPLEMENTASI DAN REKOMENDASI

  • Menambahkan lebih banyak kasir selama jam sibuk untuk mempercepat proses pembayaran.
  • Melatih kasir untuk bekerja dengan cepat dan efisien, serta memberikan pelayanan yang ramah kepada pelanggan.
  • Mengatur jadwal staf dengan baik agar selalu ada cukup kasir selama jam-jam sibuk dan mengurangi jumlah kasir saat jam sepi.
  • Melakukan pengarahan kepada pelanggan yang ingin melakukan pembayaran dengan sistem QRIS.

KESIMPULAN

Dengan melakukan riset operasional di toko alat tulis New Hani Stationery, toko tersebut memiliki produk atau layanan yang sangat diminati oleh pelanggan, sehingga menyebabkan antrian dengan jumlah pegawai atau kasir yang terbatas, menjadi faktor penyebab antrian panjang terutama pada jam sibuk. Toko tersebut berada di pusat perbelanjaan atau daerah yang ramai dengan jumlah pengunjung yang besar. Meskipun antrian tersebut mengganggu, hal ini juga menunjukkan bahwa toko tersebut memiliki daya tarik dan loyalitas pelanggan yang kuat. Kesimpulan ini dapat membantu untuk memahami mengapa antrian panjang terjadi dan apa implikasinya bagi manajemen dan strategi penjualan toko alat tulis tersebut.


HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun