Mohon tunggu...
Wiwin Juliyanti
Wiwin Juliyanti Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Prodi S1 Manajemen UNIPMA

Hi! Salam Kenal :)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kasus Riset Operasional, Sistem Antrian di Wizzmie Madiun

12 September 2024   10:20 Diperbarui: 12 September 2024   10:24 188
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tim Investigasi Studi Kasus

Dosen Pembimbing   : Wiwin Juliyanti S.E., S.Pd., M.Ak

Lokasi Observasi       : Jl. Biliton No.25, Madiun Lor, Kec. Manguharjo, Kota Madiun, Jawa     Timur

Waktu Observasi       : 20 Juni- 21 Juni 2024

Tim Observer            : 

1. Angga Purniawan

  2. Dian Ismawati

  3. Nurwahyuning Etri R

LATAR BELAKANG

Wizzmie Madiun memiliki antrian yang panjang, terutama saat makan siang. Pelanggan sering mengeluh tentang waktu tunggu yang lama dan kesulitan memesan makanan. Manajemen Wizzmie ingin meningkatkan kinerja sistem antrian mereka agar pelanggan lebih puas dan waktu tunggu lebih pendek.

TUJUAN

  • Menganalisis Sistem Antrian yang Ada di Wizzmie :
  • Menganalisis sistem antrian yang ada di Wizzmie untuk memahami struktur dan fungsi sistem, serta mengidentifikasi kelemahan dan tantangan yang dihadapi.
  • Mengidentifikasi Faktor-Faktor Penyebab Antrian Panjang :
  • Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab antrian panjang di Wizzmie, seperti jumlah pelanggan yang datang secara acak, rata-rata waktu pelayanan yang lama, dan keterbatasan jumlah loket pemesanan.
  • Mengembangkan Solusi untuk Meningkatkan Efisiensi Sistem Antrian :
  • Mengembangkan solusi untuk meningkatkan efisiensi sistem antrian di Wizzmie, seperti menambah jumlah loket pemesanan, mengoptimalkan jadwal kerja staf, dan menggunakan sistem antrian elektronik.
  • Mengimplementasikan Solusi yang Diusulkan dan Mengevaluasi Dampaknya terhadap Waktu Tunggu dan Kepuasan Pelanggan :
  • Mengimplementasikan solusi yang diusulkan dan mengevaluasi dampaknya terhadap waktu tunggu dan kepuasan pelanggan, serta memantau perubahan yang terjadi dalam sistem antrian dan kualitas pelayanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun