Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Eureup-eureup, Fenomena Sleep Paralysis yang Dikenal Masyarakat Sunda

9 Januari 2022   07:58 Diperbarui: 9 Januari 2022   10:04 2621
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sleep Paralysis (Sumber : pixabay.com)

Suatu waktu, saya menginap di rumah paman. Saya tidur di lantai atas, sendirian. Di saat dini hari, saya merasa sudah terbangun. Tapi kaki,  tangan, dan anggota badan lain tidak bisa digerakkan.

Di saat itulah setengah sadar saya melihat seekor kelelawar besar sebesar manusia,  persis berada di atas langit-langit. Kelelawar itu membentangkan sayapnya dan siap mencengkeram.

Saya berteriak dan berusaha bangun menghindari sergapan kelelawar. Namun suara  teriakan seperti berada di ruangan kedap suara. Walau pun dengan sekuat tenaga saya berusaha bangun dan lari, tapi anggota badan saya juga tetap tidak bisa digerakkan. Saking takutnya badan saya gemetar.   

Kejadian itu berlangsung cukup cepat, sekira 5-10 detik saja. Setelah itu saya benar-benar terbangun dan tersadar kembali.

Kendati sudah benar-benar terbangun dan tersadar kembali, namun perasaan takut karena mau diterkam "kelelawar raksasa" tadi masih ada. Saya pun terus berusaha mengembalikan kesadaran secara penuh. Dalam istilah Sunda saya berusaha "ngumpulkeun pangacian".   

Di kalangan masyarakat Sunda, apa yang saya alami seperti di atas disebut dengan istilah eureup-eureup. Sebagian orang meyakini kondisi eureup-eureup merupakan kondisi mistis. Mereka percaya bahwa orang yang mengalami hal itu sedang didatangi makhluk halus.

Wujud atau bentuk "makhluk halus" ketika mengalami eureup-eureup bisa bermacam-macam. Bisa berwujud atau berbentuk pocong, kuntilanak, harimau, ular, atau sesuatu yang lain. Intinya semua "makhluk halus" atau eureup-eureup itu menakutkan.

Saya sendiri pernah terkena eureup-eureup tidak hanya sekali itu saja. Saya beberapa kali pernah mengalami hal serupa. Namun eureup-eureup yang benar-benar "nyata" yang pernah saya alami, ya eureup-eureup "kelelawar raksasa" itu.

Kejadian eureup-eureup lain yang pernah saya alami bentuknya samar-samar, tidak jelas dan tidak bisa saya ingat dengan baik. Apakah bentuk binatang menakutkan, pocong, kuntilanak, atau makhluk lain. Tapi semuanya menakutkan. 

Di daerah lain, mungkin ada istilah yang berbeda untuk menyebut kondisi yang sama dengan eureup-eureup. Namun secara umum orang mengenal kondisi semacam itu dengan istilah ketindihan.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun