Wiwik Kuswijayanti (34202200040), Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung.
Mata Kuliah: Pembelajaran Matematika Inklusi
Dosen Pengampu: Nila Ubaidah, S.Pd., M.Pd.
Matematika dipandang  sebagai  ilmu  yang  abstrak  dan  rumit,  menimbulkan  rasa  takut  dan  cemas  bagi  banyak  siswa,  terlebih  lagi  bagi  anak  tunagrahita.  Kemampuan  intelektual  yang  berbeda  membuat  mereka  menghadapi  tantangan  tersendiri  dalam  memahami  konsep  dan  logika  matematika.  Namun,  di  balik  tantangan  tersebut,  tersimpan  potensi  dan  keunikan  yang  menanti  untuk  dikembangkan.  Anak  tunagrahita,  layaknya  semua  anak,  memiliki  hak  untuk  mendapatkan  pendidikan  yang  berkualitas,  termasuk  dalam  bidang  matematika.  Penting  bagi  para  pendidik  untuk  memahami  karakteristik  dan  kebutuhan  belajar  mereka,  serta  menerapkan  strategi  pembelajaran  yang  tepat  agar  matematika  bukan  lagi  momok  yang  menakutkan,  melainkan  sarana  untuk  mengembangkan  potensi  diri  dan  mencapai  kemandirian.Â
Anak tunagrahita, dengan segala keunikan dan potensinya, seringkali menghadapi tantangan dalam memahami konsep abstrak, terutama dalam pelajaran matematika.  Anggapan bahwa mereka tidak mampu belajar matematika adalah sebuah miskonsepsi yang perlu diluruskan.  Zulfa et al. (2024) dalam penelitiannya  menegaskan  bahwa dengan pendekatan yang tepat, modifikasi kurikulum,  dan lingkungan belajar yang suportif, anak tunagrahita dapat menikmati proses belajar dan mengembangkan kemampuan matematika mereka.  Kunci utama dalam pembelajaran ini adalah penggunaan strategi yang tepat, yang disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan individual setiap anak.
Anak tunagrahita memiliki karakteristik belajar yang berbeda. Mereka cenderung membutuhkan  pendekatan yang lebih konkret dan terstruktur.  Media pembelajaran visual dan permainan interaktif akan sangat membantu mereka dalam memahami konsep abstrak matematika (Zulfa et al., 2024).  Misalnya,  dalam mengajarkan konsep penjumlahan,  guru dapat memanfaatkan benda-benda di sekitar, seperti balok, manik-manik,  atau uang koin untuk mengajarkan konsep berhitung,  membandingkan  jumlah,  dan  memahami nilai mata uang.
Selain itu,  penggunaan media pembelajaran visual  seperti gambar, video, dan permainan interaktif  dapat  menciptakan  pengalaman  belajar  yang  lebih  menarik  dan  mudah  dipahami.  Hadi, F. R. (2016) menjelaskan  bahwa  pendekatan  individualistik  juga  sangat  penting  karena  setiap  anak  tunagrahita  memiliki  kebutuhan  dan  kemampuan  yang  berbeda.  Guru  perlu peka  dalam  mengidentifikasi  karakteristik  dan  gaya  belajar  setiap  siswa,  kemudian  menyesuaikan  materi  dan  metode  pembelajaran  dengan  kebutuhan  masing-masing.  Penguatan  positif  seperti  memberikan  pujian,  penghargaan,  atau  hadiah  kecil  ketika  siswa  berhasil  menyelesaikan  tugas  juga  berperan  penting  dalam  meningkatkan  motivasi  dan  kepercayaan  diri  mereka.  Fadillatul. H, H. & Ahmad Sopandi, A. (2020)  menambahkan  bahwa  metode  drill  atau  pengulangan  materi  secara  teratur  dapat  membantu  siswa  tunagrahita  memperkuat  ingatan  dan  pemahaman  mereka.
Di dalam kelas, guru dapat memulai pembelajaran dengan pertanyaan pemantik sederhana untuk menarik perhatian siswa,  menghubungkan  materi  dengan  pengalaman  mereka  sehari-hari,  seperti  bertanya  tentang  hari,  tanggal,  atau  benda-benda  di  sekitar  mereka.  Dian, L. (2016)  menunjukkan  bahwa  penerapan  matematika  dalam  kegiatan  praktis  seperti  simulasi  jual  beli  atau  permainan  menghitung  uang  dapat  membuat  pembelajaran  lebih  bermakna  dan  relevan  dengan  kehidupan  mereka.  Evaluasi  pembelajaran  dapat  dilakukan  melalui  berbagai  metode,  seperti  pengamatan,  tugas  portofolio,  atau  kuis  sederhana  yang  disesuaikan  dengan  kemampuan  siswa.  Hasil  evaluasi  ini  kemudian  digunakan  untuk  menyusun  program  pembelajaran  individual  (PPI)  yang  bersifat  dinamis  dan  responsif  terhadap  perkembangan  setiap  siswa.  Tindak  lanjut  berupa  remedial,  pengayaan,  atau  konseling  dapat  diberikan  sesuai  dengan  kebutuhan.
Yang  terpenting,  pembelajaran  matematika  untuk  anak  tunagrahita  haruslah  menyenangkan,  interaktif,  dan  bermakna.  Hindari  metode  ceramah  yang  monoton  dan  ciptakan  suasana  kelas  yang  positif,  suportif,  dan  menumbuhkan  rasa  percaya diri.  Dengan  pendekatan  yang  tepat  dan  cinta  dalam  mengajar,  guru  dapat  membantu  anak  tunagrahita  mengembangkan  potensi  mereka  dalam  matematika,  menumbuhkan  rasa  cinta  pada  pelajaran  ini,  dan  mempersiapkan  mereka  untuk  hidup  mandiri  di  masyarakat.
Mengajar  matematika  pada  anak  tunagrahita  adalah  sebuah  perjalanan  yang  penuh  tantangan  dan  kepuasan.  Dibutuhkan  kesabaran,  kreativitas,  empati,  dan  dedikasi  yang  tinggi  dari  seorang  pendidik  untuk  membantu  mereka  menjelajahi  dunia  angka  dan  logika.  Dengan  menciptakan  lingkungan  belajar  yang  menyenangkan,  mendukung,  dan  menyesuaikan  dengan  kebutuhan  individual  siswa,  kita  dapat  menumbuhkan  rasa  percaya  diri,  mengasah  kemampuan  berpikir,  dan  membuka  pintu  kesempatan  bagi  mereka  untuk  mencapai  potensi  terbaiknya.  Mari  kita  bersama-sama  merangkul  keunikan  mereka,  mengajar  dengan  hati,  dan  memahami  dengan  rasa,  agar  anak  tunagrahita  dapat  menikmati  proses  belajar  matematika  dan  mewujudkan  mimpi-mimpinya.
Daftar Pustaka:
Fadillatul. H, H. & Ahmad Sopandi, A. (2020) "Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas IX di Slb Negeri 1 Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar", Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), pp. 93-103.