1.Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) Vygotsky
Konsep zona perkembangan proksimal, juga dikenal sebagai zona perkembangan potensial, digunakan untuk menjelaskan potensi perkembangan kognitif dan kemampuan anak saat mereka dibimbing melalui suatu tugas.
Jika seorang anak dihadapkan dengan tugas yang sedikit di atas tingkat kemampuannya, zona perkembangan proksimal (ZPD) mengacu pada kemampuan mereka untuk melakukannya dengan bantuan orang yang lebih berpengetahuan. Teori ini menjelaskan mengapa beberapa keterampilan muncul dalam konteks yang lebih sosial ketika anak tidak mampu menampilkannya sendiri.
Zona perkembangan proksimal dapat digambarkan sebagai jarak antara tingkat perkembangan aktual saat dinilai secara mandiri dan tingkat perkembangan potensial saat dinilai melalui kolaborasi dengan teman sebaya atau mentor atau di bawah bimbingan seorang guru.
1.Zona Tahapan Perkembangan Proksimal
2.Tugas yang dapat diselesaikan oleh pelajar tanpa bantuan
3.Tugas yang dapat diselesaikan oleh pelajar dengan bantuan
2.Perancah PembelajaranÂ
Perancah instruksional adalah metode pembelajaran terbimbing yang membantu siswa belajar dengan memasangkannya dengan seorang pendidik. Pendidik harus memiliki pengalaman yang lebih banyak dengan tugas atau proses daripada siswa, tetapi mereka juga harus memiliki pemahaman tentang tingkat siswa dan bagaimana mereka dapat mengatasi tingkat ini.
Teknik untuk perancah instruksional dapat mencakup penggunaan alat bantu visual (seperti diagram), memberikan contoh, bekerja secara individual dengan siswa, dan memberikan umpan balik.Â
Tujuan dari perancah adalah untuk menciptakan lingkungan di mana siswa merasa nyaman mengajukan pertanyaan hingga mereka dapat melakukan keterampilan tersebut tanpa bantuan apa pun.
Manfaat perancah meliputi:
a.Memotivasi pelajar dengan membantu mereka melalui aspek tugas yang mereka alami kesulitan
b.Meminimalkan rasa frustrasi bagi pelajar
c.Memberikan pengalaman belajar yang lebih
3.Konsep Vygotsky tentang Orang Lain yang Lebih Berpengetahuan (MKO)
Lev Vygotsky (lahir 1965)Teori Vygotsky menekankan pentingnya membimbing pembelajaran anak melalui interaksi mereka dengan orang lain yang lebih berpengetahuan (MKO). Orang lain yang lebih berpengetahuan bisa jadi adalah orang yang lebih memahami tugas atau konsep yang ingin diselesaikan atau dipelajari anak. Paling sering, orang ini adalah orang tua, pengasuh, atau guru, tetapi bisa juga teman sebaya atau mentor.