Mohon tunggu...
Wiwik Angraeni
Wiwik Angraeni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Wiwik Dia Angraeni

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Zona Perkembangan, Perancah Pembelajaran, MKO Dan Teori Jean Piaget Tentang Tahapan Perkembangan Kognitif

16 Oktober 2024   09:22 Diperbarui: 16 Oktober 2024   09:42 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

1.Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) Vygotsky
Konsep zona perkembangan proksimal, juga dikenal sebagai zona perkembangan potensial, digunakan untuk menjelaskan potensi perkembangan kognitif dan kemampuan anak saat mereka dibimbing melalui suatu tugas.

Jika seorang anak dihadapkan dengan tugas yang sedikit di atas tingkat kemampuannya, zona perkembangan proksimal (ZPD) mengacu pada kemampuan mereka untuk melakukannya dengan bantuan orang yang lebih berpengetahuan. Teori ini menjelaskan mengapa beberapa keterampilan muncul dalam konteks yang lebih sosial ketika anak tidak mampu menampilkannya sendiri.


Zona perkembangan proksimal dapat digambarkan sebagai jarak antara tingkat perkembangan aktual saat dinilai secara mandiri dan tingkat perkembangan potensial saat dinilai melalui kolaborasi dengan teman sebaya atau mentor atau di bawah bimbingan seorang guru.

1.Zona Tahapan Perkembangan Proksimal
2.Tugas yang dapat diselesaikan oleh pelajar tanpa bantuan
3.Tugas yang dapat diselesaikan oleh pelajar dengan bantuan

2.Perancah Pembelajaran 

Perancah instruksional adalah metode pembelajaran terbimbing yang membantu siswa belajar dengan memasangkannya dengan seorang pendidik. Pendidik harus memiliki pengalaman yang lebih banyak dengan tugas atau proses daripada siswa, tetapi mereka juga harus memiliki pemahaman tentang tingkat siswa dan bagaimana mereka dapat mengatasi tingkat ini.

Teknik untuk perancah instruksional dapat mencakup penggunaan alat bantu visual (seperti diagram), memberikan contoh, bekerja secara individual dengan siswa, dan memberikan umpan balik. 

Tujuan dari perancah adalah untuk menciptakan lingkungan di mana siswa merasa nyaman mengajukan pertanyaan hingga mereka dapat melakukan keterampilan tersebut tanpa bantuan apa pun.


Manfaat perancah meliputi:

a.Memotivasi pelajar dengan membantu mereka melalui aspek tugas yang mereka alami kesulitan
b.Meminimalkan rasa frustrasi bagi pelajar
c.Memberikan pengalaman belajar yang lebih

3.Konsep Vygotsky tentang Orang Lain yang Lebih Berpengetahuan (MKO)
Lev Vygotsky (lahir 1965)Teori Vygotsky menekankan pentingnya membimbing pembelajaran anak melalui interaksi mereka dengan orang lain yang lebih berpengetahuan (MKO). Orang lain yang lebih berpengetahuan bisa jadi adalah orang yang lebih memahami tugas atau konsep yang ingin diselesaikan atau dipelajari anak. Paling sering, orang ini adalah orang tua, pengasuh, atau guru, tetapi bisa juga teman sebaya atau mentor.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun