Mohon tunggu...
Wiwik Sukaisih
Wiwik Sukaisih Mohon Tunggu... Guru - Guru TKN 1 Tungkal Ilir

Saya adalah seorang guru yang sedang melaksanakan Pembelajaran PPG dalam jabatan kategori 1 tahun 2022 artikel ini saya buat untuk memenuhi tugas ppg dalam jabatan di universitas Negeri Manado

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Laporan Penelitian Tindakan Kelas Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna

7 Oktober 2022   18:59 Diperbarui: 7 Oktober 2022   18:58 192
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

LINK LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

https://drive.google.com/file/d/18MOT1v1tIqXZptW1HtRFqTHhQesucyJ0/view?usp=sharing

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

MENIGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI FINGER PAINTING DENGAN MEDIA BUBUR WARNA 

DI KELOMPOK B TK TIARA IBU KECAMATAN BETUNG

Disusun Oleh: WIWIK SUKAISIH, S.Pd

NIM : 201504640439

BIDANG STUDI PENDIDKAN ANAK USIA DINI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PROFESI GURU

UNIVERSITAS NEGERI MANADO TAHUN 2022

ABSTRAK

Wiwik Sukaisih. (2022).

Meningkatkan kemampuan mengenal warna melalui finger painting dengan media bubur warna di kelompok B TK Tiara Ibu Kecamatan

Betung Dosen Pembimbing : Drs. Eduard J Lengkong, M.Pd

Guru Pamong : Anneke Fany Kesek, S.Pd

Kata kunci : mengenal warna melalui finger painting dengan media bubur warna di kelompok B TK Tiara Ibu

Finger painting adalah jenis kegiatan membuat gambar yang dilakukan dengan cara menggoreskan adonan warna (bubur warna) secara langsung dengan jari tangan secara bebas di atas bidang gambar, batasan jari di sini adalah semua jari tangan, telapak tangan, sampai pergelangan tangan. “Jadi, finger painting adalah kegiatan melukis dengan jari” Finger painting ini juga merupakan metode eksperimen atau percobaan sederhana. “Metode eksperimen yaitu pemberian kesempatan kepada anak untuk melakukan suatu percobaan dan dilakukan secara berulang-ulang” paparnya. Hasil dari observasi awal yaitu bahwa anak belum maksimal dalam mengenal warna dan memahaminya, terdapat beberapa warna yang hanya ditebak saja oleh anak. Mengenalkan warna secara langsung dengan bermain. “Sehingga anak tidak terasa jika sedang belajar dan dia menyukainya” anak mengenalkan warna sampai eksperimen pencampuran warna dan anak turun langsung dalam hal tersebut serta melihat langsung hasilnya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak; 2) Memberikan pembelajaran yang menyenangkan dengan finger painting dengan media bubur warna di kelompok B TK Tiara Ibu. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa finger painting dengan media bubur warna sangat efektif untuk mengenalkan warna pada anak, untuk itu disarankan pada semua guru dapat memberikan kegiatan finger painting dengan media bubur warna sehingga anak dapat mengenal warna dan sangat menyenangkan bagi anak.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun