Mohon tunggu...
I Putu Hendra Wirawan
I Putu Hendra Wirawan Mohon Tunggu... Guru - Kepala Sekolah di SD N 1 Melinggih Kelod yang juga merupakan Co-Kapten Belajar id

Lahir di Selumbung, sebuah desa tua di Karangasem Bali. Memulai karirnya sebagai guru di daerah terpencil di Nusa Tenggara Timur pada tahun 2012, namun kini ia aktif menjadi Kepala Sekolah di SDN 1 Melinggih Kelod salah satu Sekolah Dasar di Payangan, Gianyar. Ia baru saja menyelesaikan Study Magisternya di Universitas Pendidikan Ganesha pada Program Pendidikan Dasar. Selain mengajar ia rutin membuat Buku Cerita Anak dengan menggandeng penggiat sastra dan ilustrator lokal. Hobinya saat ini adalah lari dan melakukan Yoga di sela-sela kesibukannya.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Berkarya Melalui Rumah Belajar

21 Oktober 2022   12:21 Diperbarui: 21 Oktober 2022   13:49 251
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Siswa sedang belajar di"Rumah Belajar"

Kurikulum Merdeka menuntut siswa dan guru bersiap untuk menyambut Keterampilan Abad 21. Alasannya adalah agar pembelajaran yang diberikan sesuai dengan tuntutan jaman dan mempersiapkan siswa memiliki kemampuan-kemampuan mendasar dalam menghadapi dunia yang tidak pasti di masa depan.

Keterampilan Abad 21 seperti yang dipaparkan oleh Wahyono menyebutkan ada setidaknya 4 keterampilan yang mencakup di dalamnya diantaranya:

1. Creativity and Innovation

Dimensi kreatif dalam pembelajaran sangat diperlukan. Dimana siswa diharapkan tidak hanya mampu mendeskripsikan sesuatu melainkan siswa diharapkan mampu mengembangkan, melaksanakan dan menyampaikan gagasan-gagasan baru kepada yang lain, bersikap terbuka dan responsif terhadap perspektif baru dan berbeda.

2. Critical Thinking and Problem Solving

Masalah sifatnya akademis dan otentis. Masalah akademis berkaitan pada ranah kognisi yang mereka jalani. Masalah otentis lebih kepada masalah yang sering mereka jumpai sehari-hari di lingkungan mereka. Siswa dituntut mampu menggunakan kemampuan yang dimilikinya untuk berusaha menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya dengan mandiri, siswa juga memiliki kemampuan untuk menyusun dan mengungkapkan, menganalisa, dan menyelesaikan masalah.

3. Communication

Di abad 21, siswa yang mampu bertahan adalah yang bisa berkomunikasi dengan berbagai cara, baik tertulis maupun verbal. Siswa dituntut untuk memahami, mengelola, dan menciptakan komunikasi yang efektif dalam berbagai bentuk dan isi secara lisan, tulisan, dan multimedia. Siswa diberikan kesempatan menggunakan kemampuannya untuk mengutarakan ide-idenya, baik itu pada saat berdiskusi dengan teman-temannya maupun ketika menyelesaikan masalah dari gurunya.

4. Collaboration

Hidup di abad 21 tidak tergantung lagi pada persaingan. Orang-orang sukses di abad ini adalah orang-orang yang bisa bekerja sama atau berkolaborasi dengan berbagai kepentingan. Siswa harus mampu mengembangkan kemampuannya dalam kerjasama dan berkelompok, beradaptasi dalam berbagai peran dan tanggungjawab, bekerja secara produktif dengan yang lain, menempatkan empati serta menghormati perspektif yang berbeda.

Rumah Belajar sebagai Portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi mendukung Keterampilan 21 yang dibutuhkan saat ini. Rumah Belajar dapat digunakan sebagai alat untuk berinteraksi antar komunitas. Rumah Belajar juga hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.

Di SD N Hindu 1 Bukian Rumah Belajar mampu mendukung kegiatan kolaborasi antar siswa, komunikasi antara guru dan siswa serta meningkatkan setidaknya kreatifitas siswa untuk berkarya. Kegiatan ini di awali dengan sosialisasi kepada siswa mengenai platform yang mereka gunakan sebagai sumber belajar mereka. Siswa diajak pula untuk berkreasi dan membuat karya setelah siswa menemukan informasi.

Pembelajaran mengenal konsep bangun ruang dengan memanfaatkan Platform Rumah Belajar membuat siswa antusias dan terbangun rasa ingin tahunya

Fitur Utama Rumah Belajar yang dapat digunakan siswa untuk menggali informasi adalah Sumber Belajar. Fitur ini menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum. Materi disajikan secara terstrukstur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk audio, video dan laman interaktif.

Seperti contohnya saja pada Muatan Pelajaran Matematika yang dapat dikembangkan pada topik Mengenal Bangun Ruang. Siswa dapat menonton Video Presentasi yang tersedia dalam platform Rumah Belajar. Siswa diberikan kesempatan untuk berdiskusi dengan sesama temannya dan menanyakan hal-hal yang tidak mereka ketahui kepada guru. Guru merupakan fasilitator yang mengatur jalannya serta skenario pembelajaran di kelas. Setelah siswa menggali segala informasi yang di dapat melalui platform Rumah Belajar, siswa diberikan untuk berkreasi membuat bangun ruang apa saja sesuai apa yang sudah mereka pelajari. Guru mengarahkan jika siswa mengalami miskonsepsi terhadap apa yang mereka kerjakan. Di sini siswa bebas melakukan kolaborasi apabila siswa belum mampu mengerjakannya secara mandiri.

Ida Bagus Kusuma Negara sebagai salah satu siswa kelas lima SD N Hindu 1 Bukian mengungkapkan bahwa pembelajaran dengan memanfaatkan sumber belajar pada platform Rumah Belajar membuat pembelajaran menjadi lebih seru. Informasi yang didapatkan juga dapat memperjelas materi pelajaran. Hal yang sama disampaikan pula oleh salah satu guru kelas empat yang memantau kegiatan pembelajaran yang terjadi. Adalah Bu Rai Tarini, beliau menyampaikan bahwa pembelajaran mengenal konsep bangun ruang dengan memanfaatkan Platform Rumah Belajar membuat siswa antusias dan terbangun rasa ingin tahunya. Disebutkan pula, kelas menjadi sangat interaktif.

Referensi:

https://belajar.kemdikbud.go.id/

https://guraru.org/guru-berbagi/keterampilan-di-abad-21-yang-wajib-dimiliki-siswa/

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun