Penggunaan media online bagi UMKM sangatlah penting baik untuk sebuah pemasaran atau digital marketing setiap hari, bulan, dan tahun teknologi makin canggih maka dari itu penggunaan media online harus sudah mulai di pahami oleh para UMKM.
Media online seperti aplikasi
1. WhatsApp
Aplikasi WhatsApp ini ada 2 tipe yang pertama WhatsApp biasa yang kedua WhatsApp Bisnis. Aplikasi WhatsApp bisnis ini memudahkan konsumen atau pelanggan berkomunikasi dan juga banyak fitur fitur yang menguntungkan bagi para UMKM.
2. Instagram
Aplikasi Instagram ini selain untuk mempromosikan melalui upload foto bisa juga dengan sebuah caption yang panjang untuk dapat menarik para konsumen dan mudah di akses terlebih lagi para UMKM yang target pasarnya Anak Muda.
3. Tiktok
Takalah menarik juga aplikasi tiktok ini sedang merajalela atau bisa di sebut sedang trending-trendingnya terlebih bagi anak kecil sampai orang tua dan ini cocok sekali untuk para pelaku UMKM dalam berjualan.
4. FacebookÂ
Aplikasi Facebook ini sering kali juga di jadikan media promosi bagi para pembisnis namun sebelum itu kenalilah terlebih dahulu target pasarnya.
5. ShoppeÂ
Sangat tidak asing dengan aplikasi ini, terlebih lagi bagi para UMKM-UMKM yang sudah mulai terjun kepada media sosial atau digital marketing. Aplikasi ini sangat membantu para UMKM dan target pasarnya pun dari anak-anak sampai orang tua pun masih bisa karena jangkauan yang luas seluruh Indonesia.
PENULIS:
Wita Mutmainah Manajemen S-1 Universitas Pamulang
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H