Saat ini seorang wirausaha memiliki persaingan ketat antara perusahan dengan perusahaan lainnya untuk mendapatkan posisi terbaik menurut masyarakat, sehingga seorang wirausaha rela melakukan apapun untuk mencapai target tersebut. Salah satu usaha yang merela lakukan ialah mempromosikan produknya ke berbagai media sosial dan ada juga yang mempunyai website bisnis sendiri.Â
Seperti yang kita ketahui masyarakat sekarang lebih cenderung memilih belanja secara online dari pada belanja secara langsung. Maka dari itu media sosial atau bisa disebut media online memang menjadi incaran utama para wirausaha untuk menjualkan produknya.
Berdasarkan hal tersebut tidak ada salahnya seorang wirausahawan memanfaatkan hal tersebut dengan cara mempromosikan produknya melalui media online atau bisa juga mempunyai website pribadi agar customer lebih enak dan bisa lebih detail melihat sebuah produk yang mereka jual.
Setelah apa yang saya bahas diatas inilah alasan mengapa seorang wirausaha harus mempunyai website bisnis.Â
1. Sebagai channel untuk membantu konsumen.Â
Website yang sudah dibuat dan dikelola dengan baik tentunya akan memudahkan para konsumen untuk mendapatkan hal yang mereka inginkan dan juga akan membuat mereka nyaman dengan layanan yang kita berikan melalu website tersebut.Â
Dengan adanya layanan 24 jam melalui website tersebut tentunya akan meningkatkan kredibilitas bisnis dan usaha wirausahawan dimata konsumen. Selain itu dengan adanya website akan membuat konsumen puas karena tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan respon.
2. Agar keberadaan bisnis semakin meningkat atau dapat diketahui oleh masyarakat.Â
Dengan para wirausahawan memiliki website, maka akan meningkatkan keberadaan bisnisnya. Di karena masyarakat sekarang cenderung lebih sering mencari data atau informasi melalui internet maka dengan adanya website akan lebih memudahkan masyarakat mengetahui tentang bisnis para wirausaha. Semakin terkenal bisnisnya maka akan semakin banyak perusahaan akan mendapatkan konsumen.Â
Maka strategi ini sangat menguntungkan bagi para wirausahawan.
3. Daya saing uasaha akan semakin tinggi.Â
Semakin terkenal bisnis para wirausahawan akan semakin tinggi pula daya saingnya. Namun dengan adanya website akan menjadi penguat dalam kualitas usaha.Â
4. Sumber informasi bagi para konsumen
Dengan adanya website, para wirausahawan dapat mengenalkan produk apa saja yang mereka jual, kualitas produk dan kebijakan terbaru dalam usaha mereka. Dengan begitu lebih efektif dalam mendapatkan informasi dan akan lebih gampang dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat.
5. Memudahkan untuk mendapatkan kepercayaan konsumen.Â
Di era digital seperti ini, seperti mempunyai website bisnis akan lebih memudahkan dalam mendapatkan kepercayaan konsumen di karenakan pelayanan yang cepat dan tanggap akan meningkatkan level kepercayaan. Dan juga para konsumen akan mengetahui kualitas sebuah usaha melalu website. Dengan adanya informasi-informasi melalu internet dan berbagai unggahan produk yang mereka jual.
PENULIS:
Wita Mutmainah || Manajamen S1 || Universitas Pamulang.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H