A. Pembelajaran terpadu dalam pembelajaran bahasa IndonesiaÂ
Dalam pembelajaran bahasa, termasuk bahasa Indonesia, dilandasi oleh pemikiran bahwa aspek-aspek bahasa selalu digunakan secara terpadu, tidak pernah bahasa digunakan secara terpisah, aspek demi aspek. Pembelajaran terpadu adalah pembelajaran yang menghubungkan aktivitas anak berinteraksi dengan lingkungan dan pengalaman dalam kehidupannya. Di kelas-kelas yang lebih tinggi (4-6 sekolah dasar), pembelajaran aspek-aspek keterampilan berbahasa diberikan secara terpadu.Â
Misalkan:
a. Menyimak dan berbicara
b. Menyimak dan menulis
c. Membaca dan menyimak
d. Membaca dan menulis
e. Menulis dan bercerita.Â
B. Alternatif strategi pembelajaran bahasa IndonesiaÂ
1. Pembelajaran kooperatif
2. Pembelajaran keterampilan proses
3. Pembelajaran kecakapan hidup, seperti:Â
- Kecakapan mengenal diri
- Kecakapan berpikir rasional
- Kecakapan akademik
- Kecakapan vokasional
- Desain program kecakapan hidup
4. Pembelajaran bahasa menyeluruh, Â seperti:
-Mendengar
-Berbicara
-Membaca
-Menulis.
5. Pembelajaran kontekstual, bertujuan:
-Konstruktivisme
-Bertanya
-Menemukan
-Masyarakat belajar
-Pemodelan
-Refleksi
-Penilaian yang sebenarnyaÂ
6. Pembelajaran salingtemas, tahapan model STM ini yaitu:Â
-Invitasi
-Eksplorasi
-Penjelasan dan solusi
-Pengambilan tindakan.Â
Semoga bermanfaat :)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H