Mohon tunggu...
wisnu nugroho pamungkas
wisnu nugroho pamungkas Mohon Tunggu... Foto/Videografer - 1900030354

Universitas Ahmad Dahlan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Potensi Media Sosial

1 Mei 2021   01:14 Diperbarui: 1 Mei 2021   01:37 130
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Disini saya Wisnu Nugroho Pamungkas(1900030354) Universitas Ahmad Dahlan

Saya akan menjelaskan beberapa media-media yang saya gunkanan dan menjadi potensi untuk kedepan nya

Kini kita tahu sekarang internet telah di gunakan oleh hampir semua manusia, Internet memiliki jangkaun yang sangat luas dan dapat berinteraksi dari belahan dunia. Internet juga sebagai kebutuhan utuma setiap orang. Sejarah perkembangan internet berawal dari tahun 1969 pada saat itu internet hanyalah sebuah jaringan komputer yang dibuat oleh ARPA. ARPA merupakan bagian dari departemen pertahanan amerika serikat.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan fungsi dan tujuan internet tidak hanya diperuntukkan untuk keperluan edukasi dan komersial, melainkan dikembangkan lebih lanjut untuk fungsi komunikasi yang disebut dengan media sosial. Media sosial adalahsebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun di atas dasar teknologi Web 2.0 dan mendukung penciptaan serta pertukaran usergenerated content, juga memungkinkan penggunanya untuk berpartisipasi, berbagi dalam komunikasi dan

dikemas dalam bentuk yang beragam, baik blog, jejaring sosial, forum, wiki dan lain-lain (Kaplan & Haenlein, 2010).

Ada pula pengguna internet di segala dunia sudah menggapai angka 31, 7 miliyar serta dari tahun ke tahun jumlah pengguna internet berkembang sampai 7, 6 persen. Sebaliknya buat pengguna media sosial sendiri menggapai angka 2, 2 miliyar dengan pengguna mobile menggapai 3, 7 miliyar. Perihal ini yang jadi fokus utama dalam penerapan riset ini merupakan tumbuh pesatnya jumlah pengguna internet utamanya media sosial yang bagi Kemenkominfo Republik Indonesia, di Indonesia sendiri 80 persen di antara lain terdiri dari anak muda 15- 19 tahun. Sebaliknya pada realitasnya, anak muda memakai internet tidak cuma buat kebutuhan bimbingan saja, melainkan dipergunakan pula buat hiburan, belanja, media sosial serta lain sebagainya( Noviandari, 2015).

Pengguna

internet di segala dunia berkisar 200 juta, 67 juta antara lain terletak di Amerika Serikat, internet di Indonesia berlipat 2 kali tiap 100 hari"( Rhenald, 2000). Dari rujukan tersebut pemakaian internet buat aplikasi strategi bisnis di Indonesia peluangnya lumayan besar, tetapi banyak orang tidak menyadari, sebab pemain bisnis di Indonesia masih banyak golongan tua. Bagi Rhenald" Pasar internet merupakan pasar orang muda, bukan orang tua." Dugaan Rhenald bersumber pada amatan saja" Pengguna internet di Indonesia dekat 70% berumur 20- an, dekat 25% umur 30- 42an, sisanya umur di atas itu. Sebaliknya pemain- pemain utama bisnis berumur 45- an ke atas. Mereka merupakan generasi yang terlambat bersentuhan dengan internet, apalagi dengan komputerpun mereka terlambat"( Rhenald: 1999: 23). Buat menguatkan amatan Rhenald bisa dilihat pada Foto 1, 91% pengguna internet berpendidikan SLA ke atas dengan persentase pengguna SLA yang paling banyak, ialah: 46%.

Tempat pengakses internet di Indonesia mayoritas dari kantor( 52%), warnet( 26%), sekolah/ kampus( 19%), serta persentase yang lain bisa dilihat pada Foto 2. Internet di Indonesia lebih banyak dipakai buat sarana e- mail, ialah sebanyak: 42%, persentase kegiatan di internet yang lain bisa dilihat pada Foto 3. Pemakaian internet di Indonesia digunakan buat keperluan bisnis sebesar: 43%, sebaliknya keperluan individu sebanyak: 32%( Nielsen, 1999).

Saat ini kemampuan media- meidia sangat berkmbang pesat dalam

dunia bisnis salah satu nya media instagram yang kerap keri dijadikan tempat

umtuk promosi jual- jual benda apalagi dari intagram pula dapat mencari duit. Saat ini instagram tidak dapat di pandang sepeleh

sebab pertumbuhan sampe dikala ini sangat pesat apalagi salah satu media sosial yang sangat ramai digunakan di belahan dunia. dengan menawarkan fitur- fitur yang sangat menarik instragram bisa gampainya buat menarik pelanggan serta mutu instrgram juga tidak ragukan lagi.

Dibalik fitur- fitur instagram yang menarik namun memliki kekurangan nya tertentu, ialah dengan dimensi yang mb yang sangat besar yang mungkin kecil sekali di gunakan buat handpone yang mempunyai kapasitas ram yang sangat pas- pasan. durasi vidio cuma 1 menit,

persaingan yang sangat ketat sebab banyak sekali yangmenggunakan instagram, instram wajib di pembaharuan secara berkala.

Untuk pertumbuhan komunikasi, media sosial membolehkan kenaikan nilai( value) dari para pelakunya, dengan memakai prinsip membangun kedekatan antara industri dengan follower ataupun fans. Nilai yang dimaksudkan disini merupakan gimana sehabis jalinan antara kedua belah pihak pelakon media sosial terwujud, ada akibat positif yang tidak cuma berefek pada satu pihak saja, tetapi pula memasuki pada cakupan yang lebih luas. Energi bidik media sosial terhadap pencitraan industri ataupun brand, apalagi sanggup merendahkan bayaran kampanye yang umumnya wajib dicoba secara konvensional oleh industri.

Media sosial hendak membentuk pola komunikasi yang menjanjikan terdapatnya interaksi yang lebih intensif. Dalam Media sosial, publik follower ataupun fans leluasa mengekspresikan apa saja yang mau diungkapkan. Ruang media sosial seluruhnya bisa dikendalikan oleh para follower ataupun fans, seperti itu sebabnya kenapa keakraban( engagement) bisa terwujud, karena keakraban telah tidak lagi berjarak dengan terdapatnya interaksi timbal balik buat penuhi kebutuhan follower.

Bisa dikatakan kalau terdapat proses seeding( menyemai) supaya embrio pesan dari apa yang sudah disebarluaskan industri dalam media sosial, sehingga pada kesimpulannya bisa berkembang serta tumbuh. Pada tataran berikutnya, hendak dialami dampak domino oleh segala pengakses media sosial. Pola komunikasi pada media sosial ini sebetulnya ialah proses transfer dari pola pengembangan kelompok, komunitas maupun kerumunan yang terdapat pada dunia nyata yang dialihkan ke dunia maya. Metode yang diadopsi oleh media sosial tersebut,

apalagi bisa memegang bermacam lini warga yang berfungsi selaku follower. Sehingga dalam konteks ini, semangat yang dinaikan merupakan pembuatan kerja sama dari para pengguna media sosial.

Komunikasi Pemasaran

Bagi Prisgunanto( 2006: 8), Komunikasi pemasaran merupakan" Seluruh dari marketing mix yang mengaitkan komunikasi antar organisasi/ industri serta sasaran audiens elemen- elemen pada seluruh wujudnya yang diperuntukan buat performance marketing".

Komunikasi pemasaran ialah salah satu bauran promosi, di dalam marketing mix yang sangat berarti dilaksanakan oleh industri dalam pemasaran produk serta jasanya. Pada hakikatnya promosi merupakan sesuatu wujud komunikasi pemasaran, ialah kegiatan pemasaran yang berupaya menyebarkan data, pengaruhi ataupun membujuk, serta ataupun menegaskan pasar target atas industri serta produknya supaya bersedia menerima, membeli, serta loyal pada produk yang ditawarkan industri( Tjiptono, 2006: 35).

Menurut

Tjiptono

( 2006: 219)

" Terciptanya konsistensi pesan, integritas kreatif, pemanfaatan media secara lebih maksimal, efesiensi operasional, penghematan bayaran, akibat komunikasi yang lebih besar serta terukur, serta akuntabilitas program Komunikasi pemasaran".

Bagi Stanton( 1991: 24), bauran promosi( promotional mix) yang sangat banyak digunakan merupakan periklanan( advertising) serta penjualan individu( personal selling). Wujud promosi lain merupakan promosi penjualan( sales promotion), publisitas, serta ikatan warga( public relations). Tujuan utama dari promosi merupakan menginformasikan( informing), pengaruhi serta membujuk( persuading), dan menegaskan pelanggan target( reminding) tentang industri serta bauran pemasarannya.

Komunikasi pemasaran memegang peranan yang sangat berarti untuk industri sebab tanpa komunikasi, konsumen ataupun warga secara totalitas tidak hendak mengenali keberadaan produk di pasar. Komunikasi pemasaran pula secara berjaga- jaga serta penuh perhitungan dalam menyusun rencana komunikasi industri. Penentuan siapa saja yang jadi target komunikasi hendak sangat memastikan keberhasilan komunikasi, dengan penentuan target yang pas, proses komunikasi hendak berjalan efisien serta efektif.

Bagi Kotler( 2001: 18), pemasaran selaku sesuatu proses perencanaan serta melaksanakan konsep, harga, promosi, dan distribusi beberapa benda serta jasa, buat menghasilkan pertukaran yang sanggup memuaskan tujuan orang serta organisasi. Bagi The American Marketing Association dalam Suyanto( 2007: 7), pemasaran selaku proses perencanaan serta distribusi ilham, benda serta penerapan konsepsi, penetapan harga, promosi serta distribusi ilham, benda serta jasa buat menghasilkan pertukaran yang memuaskan tujuan orang serta organisasi.

Bagi Rangkuti( 2010: 20), pemasaran merupakan aktivitas manusia yang ditunjukan buat memuaskan kebutuhan serta kemauan lewat proses pertukaran.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun