Mohon tunggu...
Windi SyurmaAditia
Windi SyurmaAditia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar

Saya merupakan mahasiswa Universitas Negeri Malang dengan program studi D4 Perpustakaan Digital. Saya memiliki ketertarikan dengan hal-hal yang bertemakan sosial dan budaya serta bidang pelayanan jasa.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kegiatan Magang MBKM Mahasiswa D4 Perpustakaan Digital UM di Perpustakaan Universitas Merdeka Malang (UNMER) Tahun 2024

11 Juni 2024   14:17 Diperbarui: 11 Juni 2024   16:43 146
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri (Kegiatan di Layanan Sirkulasi)

PENGALAMAN KEGIATAN MAGANG MBKM MAHASISWA D4 PERPUSTAKAAN DIGITAL DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MERDEKA MALANG TAHUN 2024

Dokpri (Penyerahan Cinderamata dari UM)
Dokpri (Penyerahan Cinderamata dari UM)
Dokpri (Penyerahan Cinderamata dari Perpustakaan UNMER)
Dokpri (Penyerahan Cinderamata dari Perpustakaan UNMER)
Magang MBKM adalah Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) yang memberikan wawasan dan pengalaman praktis kepada mahasiswa mengenai kegiatan riil di dunia industri, dunia usaha, dan dunia kerja. Kegiatan magang tersebut dilaksanakan selama 1 (satu) semester (setara 20 SKS). Melalui magang ini, mahasiswa diharapkan dapat memperoleh hard skills (keterampilan, complex problem solving, dan analytical skills) maupun soft skills (etika profesi/kerja, komunikasi, kerjasama, dan sebagainya). Hal tersebut sebagai upaya menambah pengalaman serta wawasan di dunia kerja yang nantinya dapat digunakan mahasiswa ketika memasuki dunia kerja dengan menerapkan pengalaman yang didapatkan ketika magang.

Peserta Program Studi D4 Perpustakaan Digital yang mengikuti program magang MBKM UM di Perpustakaan Merdeka Malang berjumlah 5 (lima) orang yaitu Adinda Ade Khoirunnisa, Aghnia Tsania Syahputri, Destia Fitri Nurani, Moch. Fitoni Hadi, dan Windi Syurma Aditia. 

Kegiatan magang dilakukan lebih kurang selama 4 (empat) bulan, yang dimulai dari tanggal 29 Januari sampai 24 Mei 2024. Perpustakaan Universitas Merdeka Malang menerapkan 5 (lima) hari kerja yang dimulai dari hari Senin-Jumat, untuk jam buka Perpustakaan Universitas Merdeka Malang mulai pukul 07.30 sampai dengan 14.15 WIB, dengan jam istirahat pukul 12.00-13.00 untuk hari Senin-Kamis dan pukul 11.30-12.30 untuk hari Jumat. 

Pada hari pertama tanggal 29 Januari 2024, kegiatan magang diawali pembagian tugas di setiap bidang layanan yang akan dilakukan oleh peserta magang. Setelah itu, dilanjutkan dengan penyambutan oleh pihak Perpustakaan Universitas Merdeka Malang kepada dosen pembimbing sekaligus Kaprodi D4 Perpustakaan Digital Fakultas Vokasi, sebagai bentuk kerja sama dan penanda tanganan MoU bersama pihak Perpustakaan Universitas Merdeka Malang. 

Dokpri (Penandatanganan Kerja Sama MoU) 
Dokpri (Penandatanganan Kerja Sama MoU) 

Setiap mahasiswa magang memiliki jadwal pekerjaan yang akan dilakukan selama 2 (dua) minggu sekali di setiap bidang layanan yang ada pada Perpustakaan Universitas Merdeka Malang. Layanan tersebut meliputi Layanan Sirkulasi, Layanan Pembinaan Koleksi, Layanan TU (Tata Usaha), Layanan Skripsi, dan Layanan Otomasi. 

Kegiatan yang dilakukan pada bagian layanan sirkulasi yaitu melayani mahasiswa dalam pengembalian, peminjaman buku, dan juga perpanjangan peminjaman buku. Dalam pelayanannya, layanan sirkulasi juga melayani mahasiswa dalam melakukan cek ulang untuk mendapatkan print-out bebas tanggungan setelah proses pengumpulan skripsi. Selain itu, layanan sirkulasi juga membantu jalannya layanan Otomasi dalam melakukan posting informasi terbaru mengenai buku baru dan informasi lainnya pada media sosial yang dimiliki oleh Perpustakaan Merdeka Malang.

Dokpri (Kegiatan di Layanan Sirkulasi)
Dokpri (Kegiatan di Layanan Sirkulasi)
Layanan Pembinaan Koleksi, pada layanan ini mahasiswa magang membantu dalam proses  mengolah  buku baru diantaranya yaitu, memberi nomor klasifikasi, memberikan sampul, serta melakukan pendataan kedalam buku besar dan komputer mengenai buku baru. Selain itu, dalam layanan pembinaan koleksi menerima skripsi yang dikumpulkan oleh mahasiswa untuk dilakukan cek ulang apakah sesuai dengan ketentuan atau masih perlu dilakukan revisi.

Dokpri (Kegiatan di Layanan Pembinaan Koleksi)
Dokpri (Kegiatan di Layanan Pembinaan Koleksi)
Layanan Tata Usaha, Layanan Tata Usaha adalah pelaksana administratif yang dipimpin oleh seorang Kepala yang mempunyai tugas menyelenggarakan penatalaksanaan dan ketatausahaan urusan pelayanan teknis dan administratif. Layanan Tata Usaha merupakan bagian yang berhubungan dengan segala aktivitas keadministrasian urusan penatausahaan administrasi kepegawaian, administrasi keuangan, administrasi dan akuntansi barang milik negara, dan kearsipan yang berada di Perpustakaan Universitas Merdeka Malang, baik yang berhubungan dengan pegawai maupun mahasiswa. Mahasiswa magang dalam kegiatan bidang layanan ini setiap harinya jika menerima surat maka, melakukan pendataan terhadap surat masuk atau keluar kedalam komputer, selain itu mahasiswa juga menyusun beberapa SOP yang belum ada di perpustakaan Universitas Merdeka Malang. Surat masuk dan surat keluar akan dijadikan satu dalam satu map khusus sesuai dengan jenis surat, dan sebelum dimasukkan dalam map mahasiswa akan memberikan surat masuk kepada Kepala Perpustakaan untuk melakukan pengecekan dan pemberian tanda tangan. 

Dokpri (Kegiatan di Layanan Tata Usaha)
Dokpri (Kegiatan di Layanan Tata Usaha)
Pada Layanan Skripsi yang juga mencakup bagian koleksi reserve, kegiatan awal yang dilakukan mahasiswa magang pada bagian tersebut adalah melakukan Shelving koleksi skripsi, pendataan jumlah koleksi skripsi sesuai jurusan yang telah dibaca mahasiswa per harinya yang dilakukan setiap pagi, melakukan input data dengan cara meng-upload skripsi mahasiswa ke dalam web repository Universitas Merdeka Malang, dan juga mengawasi mahasiswa di ruangan layanan skripsi. 

Dokpri (Kegiatan di Layanan Skripsi)
Dokpri (Kegiatan di Layanan Skripsi)
Layanan Otomasi Kegiatan yang dilakukan mahasiswa magang di bagian layanan otomasi yaitu melakukan kegiatan pemostingan pada website perpustakaan mengenai beberapa informasi dan berita terbaru seputar jam buka/tutup layanan perpustakaan pada hari besar, ucapan hari besar, dan koleksi buku baru. Kegiatan yang dilakukan mahasiswa magang pada layanan ini adalah membuat konten untuk postingan media sosial perpustakaan Universitas Merdeka Malang seperti membuat video promosi koleksi buku baru, dan membuat poster mengenai koleksi buku baru siap pinjam yang tersedia,  merekap data pengeluaran selama tiga bulan sekali/triwulan perpustakaan Universitas Merdeka Malang, selain itu mahasiswa magang juga melakukan upload data skripsi mahasiswa dari Compact Disc (CD) ke dalam folder skripsi mahasiswa sesuai dengan tahun dan program studi. 

Dokpri (Kegiatan di Layanan Otomasi)
Dokpri (Kegiatan di Layanan Otomasi)
Adapun kegiatan rutin yang dimiliki oleh Universitas Merdeka Malang selama 3 (tiga) bulan sekali khususnya yang bertepatan pada hari jumat yaitu melakukan senam pagi yang dilakukan oleh seluruh dosen, staf, dan tenaga pendidik (tendik) dimana semua berkumpul di lapangan Rektorat Universitas Merdeka Malang. Selain itu, sebagai mahasiswa magang di Perpustakaan Universitas Merdeka Malang, setelah melakukan senam pagi, peserta magang membantu melakukan kegiatan bersih-bersih di setiap ruang perpustakaan dan menata buku sesuai dengan nomor klasifikasi. 

Dokpri (Kegiatan Senam Pagi)
Dokpri (Kegiatan Senam Pagi)

Kegiatan magang selama kurang lebih 4 (empat) bulan yang sangat berkesan bagi kami sebagai peserta magang, terutama terhadap pihak perpustakaan dari semua staf perpustakaan yang menyambut dan menerima kami peserta magang dengan sangat baik, serta sabar dalam memberikan kami bimbingan dan arahan dalam menjalani tugas setiap bidang layanan yang kami kerjakan. Kepala Perpustakaan dan pembimbing lapangan di Perpustakaan Universitas Merdeka Malang juga memberikan kami arahan dan membimbing dalam setiap kegiatan magang berlangsung, memberikan kami waktu untuk sharing mengenai masalah yang dihadapi kemudian memberikan kami arahan serta solusi yang tentunya sangat berguna dan dapat membangun kepercayaan diri serta kemampuan kami dalam menjalani kegiatan magang ini. 

Dari program magang yang telah diselenggarakan, kami sebagai mahasiswa magang mendapatkan banyak sekali pengalaman dan keterampilan baru yang diperoleh selama kegiatan magang berlangsung, karena kami dilatih dan juga belajar langsung untuk melakukan pekerjaan secara profesional pada bidang perpustakaan dan bidang operasional lainnya. Terima kasih kami ucapkan kepada pihak Perpustakaan Universitas Merdeka Malang, yang telah menerima dan membimbing kami dengan sepenuh hati selama kegiatan magang berlangsung. Kami berharap semoga pengalaman yang kami peroleh dapat bermanfaat di kemudian hari dan dapat diterapkan pada dunia kerja yang akan kami lalui. Selain itu, kami juga berharap dengan adanya kelompok magang ini, kami sebagai perwakilan Instansi Universitas Negeri Malang pada Perpustakaan Universitas Merdeka Malang dapat memberikan hubungan timbal balik yang setimpal yaitu sama-sama menguntungkan bagi kedua belah pihak, karena  kami dapat membantu dan meringankan pekerjaan para pustakawan di Perpustakaan Universitas Merdeka Malang dan kami juga mendapatkan banyak pengalaman yang berharga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun