Mohon tunggu...
Windarti
Windarti Mohon Tunggu... -

Ibu muda yang baru sadar betapa pentingnya menulis. Menebar manfaat dan inspirasi. https://winblogbook.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Operasi Caesar Tanpa Biaya Besar

16 Desember 2018   23:40 Diperbarui: 17 Desember 2018   01:58 3240
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

''Nanti kalau jadi operasi caesar gimana, Mas?," tanyaku ketika itu kepada mamas suami.

Pasalnya saya memiliki gangguan kesehatan pada mata, yakni rabun jauh atau yang biasa kita sebut mata mines. Mata mines saya pun telah mencapai sembilan. Kata bu bidan dengan mines mata sebanyak itu, saya harus melakukan operasi caesar untuk kelahiran anak pertama saya.

Sebenarnya, jika bisa memilih. Saya lebih memilih melahirkan normal saja daripada harus operasi caesar. Tapi, suami tidak ingin mengambil risiko. Keselamatan dan kesehatan saya pun juga penting, katanya.

Ketika itu, saya dengar kabar bahwa dengan menggunakan kartu JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) atau KIS (Kartu Indonesia Sehat) yang diselenggarakan oleh BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan,  operasi caesar bisa gratis.

Wah! Ini bisa jadi solusi, pikirku. Karena saya dan suami adalah pasangan muda yang baru menikah tiga bulan setelah kabar kehamilan saya. Apalagi kami sudah mulai hidup mandiri. Tinggal di kontrakan seadanya. Jadi harus dapat mengatur keuangan dengan baik. Ditambah dengan kabar operasi caesar ini. Terus terang, saat itu kami belum ada uang sama sekali untuk mencukupi kebutuhan operasi caesar.

Dengan kabar yang beredar, pada akhirnya kami konsultasi ke bidan dan dokter saat kontrol kehamilan selanjutnya di pukesmas. Apa bisa operasi caesar dengan menggunakan KIS? Karena saya merupakan salah satu pemilik KIS dari BPJS Kesehatan.

Dari keterangan dokter dan bidan, ternyata memang bisa. Gratis. Semua biaya ditanggung oleh BPJS Kesehatan karena saya mempunyai KIS.

KIS ini saya dapatkan dengan gratis. Tanpa membayar iuran setiap bulan. Seperti halnya yang dilakukan oleh pengguna kartu BPJS Kesehatan kelas satu dan dua (BPJS mandiri). KIS merupakan jaminan kesehatan bagi warga negera Indonesia yang kurang mampu. Atau biasa disebut dengan kartu BPJS kelas tiga.

Pertama kali, saya menggunakan KIS hanya untuk kontrol kehamilan secara berkala. Semua gratis tanpa membayar sepeser pun. Padahal kalau ke klinik atau dokter praktek bisa sampai 60 ribu sampai 100 ribu lebih. Saya pernah dua kali kontrol ke klinik, sebelum tahu bahwa KIS ternyata menanggung biaya kontrol kehamilan.

Setelah tahu. Saya pun menggunakan KIS untuk kontrol kehamilan ke pukesmas terdekat. Agar bisa lebih hemat dalam pengeluaran. Maklum, banyak sekali kebutuhan sebelum dan sesudah melahirkan itu.

Sebenarnya, sejauh yang saya tahu. JKN atau KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan ini bisa dipakai tidak hanya di pukesmas, bisa juga digunakan ke klinik, atau dokter praktek. Tapi yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun