Mohon tunggu...
Winda Miraningsih
Winda Miraningsih Mohon Tunggu... Guru - Tenaga Pendidik

Saya adalah seorang tenaga pendidik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Teori Konstruktivis Piaget dan Vygotsky Apa Bedanya?

9 Juni 2023   11:11 Diperbarui: 9 Juni 2023   20:49 523
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Teori Konstruktivis merupakan pendekatan dalam psikologi perkembangan yang menekankan pentingnya peran aktiv individu dalam membangun pengetahuan dan pemahaman mereka melalui interaksi dengan lingkungan. Dua tokoh yang selalu dikaitkan dengan teori konstruktivis adalah Jean Piaget dan Lev Vygotsky. Keduanya memiliki fokus yang sama yaitu perkembangan kognitif dan sosial. Namun terdapat beberapa perbedaan dalam pandangan mereke. Yuk, mari kita simak apa saja perbedaan antara teori kostruktivis menurut Piaget dan Vygostsky?

1.     Pemahaman tentang perkembangan 

        Piaget: Piaget percaya bahwa perkembangan kognitif anak berlangsung melalui empat tahap, yaitu tahap sensorimotor,                              praoperasional, konkret operasional, dan formal operasional. Setiap tahap memiliki karakteristik yang berbeda dan diikuti secara          berurutan. 

        Vygotsky: Vygotsky berpendapat bahwa perkembangan kognitif anak dipengaruhi oleh interaksi sosial dan budaya. Ia                                  menekankan peran penting zone of proximal development (ZPD) atau zona perkembangan proksimal, yang merujuk pada jarak              antara apa yang anak bisa lakukan secara mandiri dan apa yang bisa dilakukan dengan bantuan orang lain.

2.    Peran dalam pembelajaran

        Piaget: Piaget mengemukakan bahwa anak membangun pengetahuan melalui proses adaptasi yang melibatkan asimilasi dan                    akomodasi. Asimilasi terjadi ketika anak mengaitkan informasi baru dengan pengetahuan yang sudah ada, sedangkan                                   akomodasi terjadi ketika anak memodifikasi skema kognitif mereka untuk mengakomodasi informasi baru.

        Vygotsky: Vygotsky menekankan pentingnya interaksi sosial dan peran pemikiran internal dalam pembelajaran. Menurutnya,                  anak belajar melalui kolaborasi dengan orang dewasa atau teman sebaya dalam lingkungan sosial. Konsep "scaffolding" atau                   kerangka bantuan merupakan aspek penting dari teori Vygotsky, di mana seorang orang dewasa atau ahli memberikan                                bimbingan dan dukungan yang sesuai dengan kemampuan anak.

3.    Fokus Utama

  • Piaget: Piaget lebih berfokus pada aspek kognitif perkembangan anak, seperti bagaimana mereka membangun pemahaman tentang objek, ruang, waktu, kausalitas, dan konsep lainnya.
  • Vygotsky: Vygotsky menitikberatkan pada interaksi sosial dan peran bahasa dalam perkembangan kognitif anak. Ia memperhatikan pentingnya simbol-simbol sosial dan sistem komunikasi dalam membantu anak memperoleh pengetahuan dan mengembangkan fungsi kognitif yang kompleks.

4.    Pengaruh budaya dan konteks:

  • Piaget: Piaget melihat perkembangan kognitif sebagai proses universal yang berlangsung pada setiap anak secara serupa, meskipun kemajuan individu dapat bervariasi. Ia tidak banyak memperhatikan peran budaya atau konteks sosial dalam perkembangan anak.
  • Vygotsky: Vygotsky menekankan bahwa perkembangan kognitif terjadi dalam konteks budaya dan sosial yang kaya. Ia berpendapat bahwa anak belajar melalui interaksi dengan lingkungan dan dengan memperoleh pengetahuan dan nilai-nilai budaya yang diteruskan oleh orang dewasa.

5.     Peran bahasa:

  • Piaget: Piaget melihat bahasa sebagai refleksi dari pemahaman kognitif yang ada, di mana anak-anak menggunakan bahasa untuk merepresentasikan pengetahuan mereka. Bahasa berkembang secara internal melalui proses konstruksi kognitif dan bukan sebagai hasil interaksi sosial.

  • Vygotsky: Vygotsky berpendapat bahwa bahasa adalah alat yang sangat penting dalam perkembangan kognitif. Menurutnya, bahasa tidak hanya merefleksikan pengetahuan, tetapi juga membantu dalam pemahaman, berpikir abstrak, dan pengaturan diri. Bahasa berkembang melalui interaksi sosial dan digunakan dalam komunikasi dengan orang dewasa dan teman sebaya.

Secara keseluruhan, perbedaan utama antara teori konstruktivis Piaget dan Vygotsky terletak pada penekanan pada tahap perkembangan kognitif versus interaksi sosial, serta peran bahasa dalam perkembangan kognitif. Sementara Piaget lebih berfokus pada perjalanan individual melalui tahap-tahap perkembangan kognitif, Vygotsky menekankan pentingnya interaksi sosial dan peran bahasa dalam membantu individu membangun pengetahuan dan pemahaman.

Meskipun terdapat perbedaan dalam pandangan dan penekanan antara teori konstruktivis Piaget dan Vygotsky, keduanya memberikan kontribusi penting dalam memahami perkembangan anak.  

    

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun