Mohon tunggu...
Winda Irmayanti
Winda Irmayanti Mohon Tunggu... Administrasi - Generasi Milenial

Ibu Rumah Tangga yang selalu menebarkan cinta untuk keluarga ^^

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Grab Sahabatku, Aplikasi Wajib di Smartphone

21 November 2019   12:32 Diperbarui: 21 November 2019   12:46 41
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sebagai Ibu rumah tangga yang merangkap sebagai karyawan swasta, Grab sudah menjadi sahabat baik saya sejak pertengahan tahun 2018 lalu. Aplikasi Ojek Online ini launching di tempat tinggal saya yakni Kota Blitar pada bulan April 2018.

Jika dibandingkan dengan kota besar lain, jumlah angkutan umum di Blitar memang lebih sedikit dibandingkan kota lain. Warga yang mau bepergian dengan naik angkutan umum harus menunggu lama di tepi jalan, belum lagi angkutan umum punya kebiasaan (ngetem) menunggu penumpang hingga penuh, sedangkan naik ojek pangkalan juga repot harus pandai tawar menawar.

GRABBIKE (Transportasi Online Kendaraan Roda Dua)

Kini, melalui smartphone, saya begitu terbantu dengan adanya aplikasi Grab. Saya bisa memesan GrabBike dengan mudah. Dijemput di depan rumah, dan diantar langsung ke tempat kerja, serta anti macet.  Saat akan memesan kita bisa melihat tarif sebelum booking di aplikasi tersebut. Harganya pun terjangkau dan masuk akal, apalagi bagi ibu-ibu yang super perhitungan seperti saya ini.

Pengguna Grab dapat melakukan pembayaran secara tunai, melalui OVO dan kartu debit atau kredit.

Kalau saya lebih sering menggunakan OVO. Terlebih, di era ekonomi digital ini, para pengguna maupun mitra penjual bisa menggunakan transaksi cashless atau non tunai dengan sangat mudah dan cepat.

Saya biasanya melakukan top up saldo OVO lewat isi ulang pengemudi.

Pembayaran non tunai menurut saya lebih simple dan aman karena konsumen tak perlu membawa uang tunai sehingga dapat menghindari tindak kejahatan di jalan yang mengakibatkan kerugian material.  Tinggal tap lewat aplikasi maka semua proses pembayaran dapat dilakukan.

Dengan fleksibel kita bisa membayar jasa driver, antar makanan, pengiriman barang maupun yang lain sebagainya cukup dari aplikasi tanpa harus pergi keluar rumah.

Grab, sebagai everyday Super App terkemuka di Indonesia, menawarkan sejumlah keuntungan menggunakan OVO secara khusus kepada pengguna baru dalam rangka mengajak mereka untuk segera beralih dari transaksi tunai yang konvensional, ke transaksi non tunai yang praktis.

Dengan adanya promo, reward, maupun cashback yang ditawarkan dari dompet digital ini, saya bisa menghemat pengeluaran untuk membeli makanan, membayar tagihan pulsa,  listrik, mengirim parsel atau dokumen, serta untuk pemesanan GrabBike atau GrabCar.

Saat melakukan pemesanan, saat itu juga saya langsung memiliki informasi mengenai pengemudi (nama dan foto)  serta data kendaraanya (tipe dan plat nomor).

Jika ingin memberi tahu arah jalan menuju lokasi penjemputan, saya juga bisa langsung kontak pengemudi, karena disitu juga tersedia fitur untuk chat.

Selain itu, informasi berapa lama tiba di lokasi tujuan, memberikan rasa nyaman bagi saya. Saya jadi bisa mengelola waktu lebih baik.

Cara melakukan pemesanan GrabBike :

  • Buka aplikasi Grab yang sudah kita install di Smartphone
  • Pilih GrabBike
  • Lokasi kita secara otomatis terdeteksi
  • Masukkan alamat tujuan
  • Perkiraan biaya perjalanan muncul, kemudian pilih metode pembayaran
  • Proses pencarian driver GrabBike terdekat kemudian informasi driver terlihat di aplikasi
  • Pilih driver kemudian konfirmasi pesanan
  • Driver akan menuju ke lokasi penjemputan dalam waktu singkat, lokasi pengemudi dapat dilacak pada maps
  • Setelah driver sampai, saatnya kita menikmati perjalanan
  • Pembayaran akan dilakukan setelah kita sampai di tujuan. Jika non tunai, bisa menggunakan saldo OVO, apabila tunai bayar secara cash kepada driver

GRABCAR (Transportasi Online Kendaraan Roda Empat)

Masih dalam aplikasi yang sama, Grab si Aplikasi Untuk Semua juga memberikan fasilitas mobil untuk alat transportasi.

dokpri
dokpri
Antar jemput pakai mobil serasa seperti orang kaya, mobilnya pun ganti-ganti, hehehe...^^

Saat ada kerabat yang berkunjung, saya tinggal memesankan GrabCar untuk menjemput mereka di Stasiun. Kalau dulu dari Stasiun menuju rumah harus naik becak, sekarang dengan GrabCar perjalanan keluarga saya menjadi lebih aman, nyaman dan adem, karena ada AC nya.

Dan GrabCar ini bisa menampung 4 penumpang, hemat sekali bukan?

Selain itu para mitra pengemudi mampu memberikan keamanan sebab telah di-training dengan baik dan ada sistem rating yang menjadi acuan para penumpang. Itulah mengapa perlunya memberikan rating dan review setelah melakukan perjalanan.

Untuk metode pemesanan, langkah-langkahnya sama dengan cara memesan GrabBike, perbedaannya setelah membuka aplikasi Grab, langsung plih layanan GrabCar.

GRABFOOD (Layanan Pesan Antar Makanan)

Zaman dulu untuk mendapatkan pesan layanan antar makanan harus menghubungi restoran yang dituju, tapi sekarang saya sudah bisa pakai pesan antar makanan melalui GrabFood.

Sebelum ada GrabFood, ketika tiba makan siang, pilihan saya cuma dua. Mau berkorban tenaga buat beli makanan di luar atau bawa bekal dari rumah.

Namun, sekarang solusi perut lapar ada di ujung jari lho.

Dalam beberapa klik, saya bisa memilih mana makanan yang saya inginkan melalui salah satu layanan aplikasi Grab, yakni GrabFood. Di menu layanan tersebut sudah terdaftar menu, harga, dan berbagai tempat untuk membeli makanan.  Saya hanya akan dikenakan ongkos kirim untuk pengantaran ke lokasi saya berada. Dengan adanya aplikasi ini saya juga dapat terhindar dari penyakit maag karena telat makan yang berawal dari malas untuk membeli makanan keluar dari zona nyaman.

Tinggal duduk cantik, tidak terasa tiba-tiba pesanan sudah datang saja.

Teman-teman kantor sering minta tolong untuk dipesankan melalui akun saya. Setiap minggu ada promo lumayan banyak. Saya bisa tau merchant mana saja yang sedang memberikan promo menarik. Kode promo potongannya 11 sampai 15 ribu. Grab memang #SelaluBisa menyenangkan hati saya.

dokpri
dokpri
Layanan Grabfood mampu membantu saya mencari rekomendasi makanan terdekat. Fitur ini pun akan memberikan informasi berapa jarak antara lokasi merchant dengan keberadaan kita.

Menurut saya, keberadaan GrabFood sangat membantu, bahkan cenderung menguntungkan, baik dari sisi konsumen, driver,  maupun merchant nya.

Cara melakukan pemesanan makanan melalui GrabFood :

  • Buka aplikasi Grab yang sudah kita install di Smartphone
  • Pilih dan klik Food atau Makanan
  • Sebelum memilih makanan, pastikan terlebih dahulu lokasi antar atau alamat telah benar.
  • Pilih makanan yang akan dipesan, kita dapat memilih berdasarkan rekomendasi yang diberikan atau mencari jenis makanan di kolom yang telah disediakan di atas. Atau saya lebih suka sama restoran yang ada promonya.
  • Setelah menemukan menu yang diinginkan, maka klik tombol (+) untuk menambahkan makanan pada chart
  • Pilih View Basket untuk melanjutkan proses pemesanan makanan.
  • Selanjutnya sistem akan mencari pengemudi GrabFood yang terdekat dengan lokasi kita untuk membelikan makanan yang sudah kita pesan. Tunggu beberapa saat sampai driver didapatkan.
  • Selanjutnya, tunggu beberapa menit, sampai makanan diantarkan ke alamat kita.
  • Setelah makanan yang dipesan tiba, jangan lupa memberikan penilaian kepada driver GrabFood yang telah berbaik hati membelikan serta mengantar makanan buat kita. Penilaian positif akan sangat bermanfaat bagi mereka.

Sementara masih 3 layanan itu yang saya pergunakan. Sebenarnya masih banyak jasa dari Grab yang bisa kita pergunakan untuk kehidupan sehari-hari seperti :

GrabFresh, layanan pesan antar barang belanjaan di supermarket yang berkolaborasi dengan HappyFresh.

GrabExpress, layanan kurir ekspres menggunakan GrabBike yang memberikan keuntungan bagi para pengguna untuk kemudahan melakukan pengiriman barang atau dokumen.

BookMyShow, memudahkan kita untuk mencari, membandingkan harga, dan membeli tiket nonton dari beberapa jaringan bioskop nasional terbesar seperti CGV dan Cinemaxx langsung dari aplikasi Grab.

Hooq di Grab, yakni sekarang pengguna dapat menikmati konten Hooq mulai dari Indonesia, Asia dan Hollywood, serial orisinil baru, hingga 19 free to air TV. Sama seperti menggunakan layanan Grab yang lain, kita cukup membuka aplikasi Grab dan pilih opsi Video di deretan opsi layanan Grab.

Ya namanya saja Aplikasi super alias Super App, pastinya Grab ingin menyediakan berbagai fasilitas untuk mempermudah kebutuhan penggunanya.

Nah, kini Grab telah menjadi pilihan top of mind bagi masyarakat untuk hal mobilisasi.

Sehingga julukan #AplikasiUntukSemua memang pas ditujukan ke Grab.

Buat saya aplikasi Grab merupakan aplikasi yang wajib kita unduh dan simpan di smartphone, karena suatu saat kita pasti membutuhkannya. Entah untuk transportasi, atau memanfaatkan layanan lain yang ada di dalamnya seperti membeli makan, belanja, mengirim barang, dll.

Sebagai generasi milenial, sudahkah Anda menginstal aplikasi GRAB??

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun