Mohon tunggu...
Wilujeng Handayani
Wilujeng Handayani Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

saya pribadi yang baik dan tidak sombong

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Upaya Peningkatan Kemampuan Kesetaraan Gender Melalui Pembelajaran Berbasis Gender Sosial Inklusi Pada Peserta Didik Sekolah Dasar

28 Maret 2024   18:45 Diperbarui: 28 Maret 2024   18:46 157
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Upaya peningkatan kemampuan kesetaraan gender melalui pembelajaran berbasis gender sosial inklusi pada peserta didik Sekolah Dasar memiliki banyak manfaat dan implikasi positif dalam membentuk sikap, pengetahuan, dan perilaku yang inklusif terhadap gender. Berikut adalah beberapa pembahasan mengenai hal tersebut:

Pembentukan Kesadaran dan Pemahaman yang Positif tentang Kesetaraan Gender:

 Melalui pendekatan pembelajaran yang berfokus pada kesetaraan gender, peserta didik Sekolah Dasar dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang konsep kesetaraan gender, termasuk pengertian bahwa setiap individu memiliki nilai dan hak yang sama, tanpa memandang jenis kelamin.

Penghapusan Stereotip Gender:

 Pembelajaran berbasis gender sosial inklusi membantu dalam mengidentifikasi dan mengatasi stereotip gender yang mungkin ada di masyarakat dan lingkungan sekitar peserta didik. Dengan mengajarkan tentang keragaman gender dan memperkenalkan peran-peran yang berbeda secara positif, pendekatan ini dapat membantu dalam memecah stereotip yang membatasi dan menciptakan kesempatan yang lebih adil bagi semua individu.

Penguatan Sikap Inklusif dan Empati:

 Melalui pembelajaran yang memperkenalkan nilai-nilai inklusi dan penghargaan terhadap perbedaan, peserta didik diajarkan untuk menghargai dan menghormati keberagaman gender dalam masyarakat. Hal ini dapat membantu dalam membangun sikap empati, toleransi, dan penghargaan terhadap keberagaman dalam kelompok mereka.

Pemberdayaan Individu: 

Dengan memperkenalkan konsep kesetaraan gender sejak usia dini, peserta didik diberdayakan untuk menjadi agen perubahan dalam mempromosikan kesetaraan gender dalam kehidupan sehari-hari mereka. Mereka menjadi lebih mampu untuk mengidentifikasi ketidakadilan gender dan berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang lebih inklusif dan adil bagi semua individu.

Peningkatan Partisipasi dan Prestasi Akademik: 

Lingkungan pembelajaran yang inklusif dan bebas dari diskriminasi gender dapat meningkatkan partisipasi dan prestasi akademik peserta didik, karena mereka merasa lebih nyaman dan termotivasi untuk belajar tanpa terhalang oleh stereotip atau diskriminasi.

Perubahan Budaya Sekolah dan Masyarakat:

 Implementasi pembelajaran berbasis gender sosial inklusi tidak hanya berdampak pada peserta didik, tetapi juga pada budaya sekolah dan masyarakat secara keseluruhan. Dengan melibatkan semua pemangku kepentingan, termasuk guru, orang tua, dan komunitas, upaya ini dapat membantu dalam menciptakan lingkungan yang mendukung kesetaraan gender dan mengubah norma-norma yang tidak adil atau diskriminatif.

Secara keseluruhan, upaya peningkatan kemampuan kesetaraan gender melalui pembelajaran berbasis gender sosial inklusi pada peserta didik Sekolah Dasar memiliki potensi besar untuk menciptakan perubahan positif dalam sikap, pengetahuan, dan perilaku terkait dengan gender, serta membawa dampak yang luas dalam membangun masyarakat yang lebih inklusif dan adil.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun