Indonesia adalah negara kepulauan dengan tatanan geografis yang cukup kompleks, oleh karenanya dalam menunjang perkembangan, dan pertumbuhan negara, terutama dalam mobilitas logistik dibutuhkan sebuah layanan ekspedisi yang prima, dan berkualitas. Pada perkembangan sektor logistik di Indonesia, JNE menjadi salah satu pelopor perusahaan di bidang ekspedisi.
PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau biasa dikenal dengan JNE berdiri pada 26 November 1990 dengan mengusung filosofi “Menjadi Perusahaan Logistik Terdepan di Negeri Sendiri yang Berdaya Saing Global”. Landasan filosofi tersebut tentu sangat visioner bagi perusahaan yang berdiri di awal tahun 1990. Sampai saat ini, JNE telah memiliki lebih dari 8000 agen, atau titik layanan di seluruh Indonesia.
Perjalanan hampir 33 tahun bukanlah waktu yang singkat untuk meniti, dan membesarkan sebuah perusahaan, sampai saat ini jaringan distribusi JNE menjangkau lebih dari 85.000 desa, kabupaten, kota, sampai daerah terluar di seluruh pelosok Indonesia. Hal tersebut menunjukkan semangat, dan komitmen luar biasa dari JNE, jika mengambil istilah populer saat ini, apapun yang terjadi “Gasss Terus”.
Seiring perkembangan zaman, telah banyak bermunculan perusahaan logistik di Indonesia, tetapi JNE masih berdiri megah di antara perusahaan-perusahaan besar lainnya. Hal tersebut tentu menunjukkan adanya distingsi, atau nilai perbedaan JNE dibandingkan perusahaan logitik lainnya, dilansir dari jne.co.id; PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir memiliki landasan nilai yaitu jujur, disiplin, tanggung jawab, dan visioner. Nilai-nilai tersebutlah yang dipegang teguh oleh perusahaan dalam membangun kejayaan JNE, akan tetapi ada satu nilai yang sangat penting, yang tidak eksplisit tertulis sebagai nilai keunggulan JNE, nilai tersebut adalah inklusivitas.
Inklusivitas dan Kejayaan JNE
Inklusivitas menjadi hal yang sangat krusial untuk dimiliki sebuah perusahaan, karena catatan sejarah membuktikan, banyak perusahaan besar yang telah berdiri lama, dan berjaya menjadi hancur, terkalahkan oleh para kompetitornya karena merasa eksklusif, dan menutup diri dari perubahan-perubahan.
Ekslusivitas menjadi musuh besar perusahaan yang telah lama berdiri seperti JNE. Sebagai salah satu pelopor perusahaan ekspedisi di Indonesia, JNE telah membuktikan dirinya memiliki sikap inklusif, selalu terbuka dengan perubahan, perkembangan, menerima kritik, juga saran dalam rangka menjaga kualitas, serta eksistensi JNE sebagai perusahaan ekspedisi terbaik dan terbesar di Indonesia.
Inklusif pada hakikatnya adalah membuka diri, hal tersebut akan berelasi pada munculnya daya kreativitas, dan semangat inovasi. Ide-ide kreatif dan inovasi yang muncul tentu didukung adanya karyawan yang berkompeten yang selalu berkomitmen, dan loyal terhadap perusahaan. Sampai saat ini, JNE memiliki kurang lebih 50.000 karyawan, hal itu menunjukkan bahwa JNE terus berkembang, dan berusaha membantu mengatasi masalah bangsa Indonesia, terutama dalam sektor penyerapan tenaga kerja.
Di dalam mencapai tujuannya, JNE tidak henti-hentinya memproduksi ide-ide kreatif yang akan diproyeksikan menjadi inovasi-inovasi dalam pengembangan, dan kemajuan perusahaan, terutama pada aspek pelayanan, karena dalam menjual jasa, kualitas pelayanan akan menentukan loyalitas dari pelanggannya.
Puncak kejayaan yang diraih JNE hari ini sangat berkaitan dengan komitmennya memberi pelayan prima dengan memberi inovasi-inovasi pelayanan dalam memudahkan pelanggan memilih jasa layanan sesuai kebutuhannya. Paling tidak JNE memiliki empat jenis produk layanan, diantaraya; JNE Ekspress, JNE Logistics, JNE Freight, dan Roket Indonesia. Adapun untuk melihat lebih detail terkait produk-produk tersebut dapat diakses pada laman jne.co.id.
JNE selalu bersikap inklusif dalam mengakomodasi semua keinginan, dan harapan pelanggan setia JNE, perusahaan sadar betul, bahwa pelanggan menjadi pilar penting dari kemajuan, dan keberlangsungan JNE.
Perjalanan 33 Tahun JNE dengan Kreatifitas dan Inovasi
Semangat kreativitas, dan inovasi JNE dapat terlihat jelas dari awal dirintisnya perusahaan. Pada tahun 1990 dimulai dengan meresmikan nama PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir, dilanjutkan dengan membuka sebuah gerai sederhana di Jakarta Barat pada tahun 1994, kemudian berinovasi dengan meluncurkan layanan drop point di tahun 1995 untuk melebarkan sayap bisnisnya.
Di era 2000-an, JNE melakukan inovasi dengan melakukan perubahan logo dengan brand “JNE Express”. Di era dimana internet mulai masuk, dan perilaku masyarakat mulai shifting, JNE Ekspress berhasil memegang komando perusahaan ekspedisi di Indonesia dengan berbagai inovasinya.
Selanjutnya, pada kurun waktu 2013-2017 JNE Express melakukan inovasi dengan membangun infrastruktur fisik, dan pengembangan tekhnologi demi menjaga stabilitas, serta adaptasi dari terjangan gelombang digitalisasi yang begitu masif. Adapun produk inovasi yang dihasilkan di antaranya adalah dengan meluncurkan aplikasi My JNE dan E-Fulfillment.
Demi menjawab harapan, dan ekspektasi masyarakat modern yang menginginkan kecepatan, serta ketepatan pelayanan, maka pada tahun 2020 JNE membangun “Mega Hub” sebagai pusat sortir otomatis dengan kemampuan 1 juta proses paket sehari. Selanjutnya, pada tahun 2022 JNE merilis inovasi terbarunya yaitu “Roket Indonesia” sebagai layanan kurir instan.
Kreativitas, dan inovasi yang dihasilkan tentu muncul dari inklusivitas JNE sebagai perusahaan, JNE selalu membuka diri atas segala perubahan, dan tantangan yang muncul seiring perkembangan zaman. Segala kerja keras, komitmen, dan konsistensi JNE memperoleh banyak penghargaan, tidak hanya dibidang jasa ekspedisi, pelayanan, tetapi juga dalam bidang kemanusiaan.
Pada 2023-2024 saja, JNE Exspress berhasil meraih setidaknya 25 penghargaan diberbagai kategori, di antaranya adalah: Indonesia Inovasi Digital Ecosystem Summit 2023; Top National Agent dalam Strategic Business Partner Summit 2023; Courier of the Year Indonesia Logistics Awards 2023; Digital Popular Brand (Courier Service) 2024; Kolaborasi Palesina dan Tokoh Pemberdayaan 2024; Indonesia Brand Champion 2024, dan berbagai penghargaan sebagai logistic partner dengan berbagai market place. Untuk melihat lebih detail tentang penghargaan perusahaan dapat diakses melalui website resmi JNE Express.
Kejayaan, loyalitas, penghargaan, dan kepercayaan yang digenggam oleh JNE adalah hasil dari kerja keras yang tidak pernah padam, juga buah dari konsistensi JNE dalam memberikan pelayanan yang prima kepada para pelanggan. Sikap Inklusif, semangat dalam berkreasi dan berinovasi merupakan nilai keunggulan JNE dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Terbukti dengan banyaknya gempuran perusahaan serupa, JNE Exspress tetap dapat eksis, dan masih menjadi pilihan masyarakat Indonesia dalam menyambung kebahagiaan.
Di usia yang hampir menginjak 33 tahun, JNE masih terus berkomitmen menjaga semangat, serta keinginan maju yang besar untuk menghasilkan ide-ide kreatif, dan inovasi-inovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya. JNE Exspress sebagai perusahaan, tidak hanya memikirkan profit semata dalam bisnisnya, tetapi juga berkomitmen membagikan, dan menyambung kebahagiaan (Connecting Happines) bagi setiap orang, yang paling penting JNE selalu menjaga niat tulusnya dalam turut serta membangun Indonesia menjadi bangsa yang besar, menuju Indonesia Emas 2045.
#JNE #ConnectingHappines #JNE33Tahun #JNEContentCompetition #GasssTerusSemangatKreativitasnya
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H