“Legend” adalah istilah yang digunakan Tri Indonesia dalam melabeli para konsumen lawasnya, dalam hal ini penulis merupakan legend user karena telah menjadi salahsatu pengguna layanan Tri Indonesia sejak periode awal perkembangan provider ini di Indonesia. Selanjutnya, bagi para pembaca yang ingin mengetahui level usernya dapat dilihat di aplikasi bimaplus.
Penulis adalah salahsatu saksi dari perjalanan panjang perusahaan ini dalam membangun brand image di dunia telekomunikasi Indonesia. Oleh karena itu, pada tulisan ini perspektif yang disajikan adalah penulis sebagai legend user.
Tri Indonesia adalah penyedia layanan telekomunikasi seluler yang hadir di Indonesia sekitar tahun 2007, yang dikelola oleh PT.Hutchison 3 Indonesia bagian dari Hutchison Asia Telecom Group.
Tri hadir dan dengan cepat menjadi primadona baru dikalangan pengguna seluler. Bagaimana tidak, pada saat itu hanya dengan isi ulang pulsa dengan nominal tertentu, kita dapat mengirim pesan singkat (SMS), dan telepon sepuasnya. Penawaran yang sangat menarik tentunya, sehingga mampu memikat perhatian para pengguna seluler pada saat itu, terutama kalangan anak muda.
Meninjau dari apa yang dilakukan Tri, jelas terlihat bahwa Tri Indonesia melakukan adaptasi dengan sangat baik, sehingga perlahan perusahaan ini mulai dikenal sebagai perusahaan telekomunikasi yang bereputasi, yang tidak hanya menawarkan produk dengan harga terjangkau, tetapi juga jaringan 3 Indonesia memiliki jangkuan yang luas. Tentunya hal tersebut menjadi kunci Tri dalam menarik minat konsumen seluler Indonesia.
Tri Indonesia menjadi bagian tak terpisahkan dari perkembangan dunia telekomunikasi dan digital di Indonesia, dari yang pada awalnya jaringan 3 Indonesia masuk dengan 2G, 3G, kemudian 4G LTE, dan sekarang sudah mengembangkan jaringan 4.5G Pro. Dari situ dapat kita lihat bahwa Tri menunjukkan komitmen dalam memberikan kepuasan kepada para pelanggannya.
Seiring perkembangannya, Tri Indonesia tumbuh menjadi salahsatu brand telekomunikasi seluler terkemuka di Indonesia. Tri yang notabenenya merupakan salahsatu perusahaan baru di bidang penyedia layanan telekomunikasi seluler, dengan sangat meyakinkan berhasil masuk pasar telekomunikasi Indonesia.
Tri Indonesia mampu melakukan positioning dengan baik, karena selalu konsisten dalam berinovasi, serta selalu mampu beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan zaman.
Perjalanan lebih dari satu dekade Tri Indonesia menorehkan banyak prestasi, diantaranya diraih pada tahun 2019 dalam ajang selular award dengan predikat "Best Youth Brand". Award tersebut didapat karena pengguna provider Tri didomonasi oleh anak muda yang aktif dalam dunia digital.
Kesuksesan Tri mempertahankan eksistensinya di Indonesia merupakan bukti dari kecerdasan perusahaan ini dalam mengimplementasikan langkah-langkah dan kebijakan strategis pada market atau pasar telekomunikasi.
Penulis melihat Tri sebagai perusahaan telekomonikasi memiliki value tersendiri dibandingkan para kompetitornya, salahsatunya adalah perusahaan ini memiliki kemampuan beradaptasi yang sangat baik, dan juga memiliki kepekaan dalam melakukan inovasi di bidang telekomunikasi.
Adaptasi dan Inovasi Tri Indonesia di Masa Pandemi
Pada saat ini Indonesia sedang dalam masa pandemi covid-19, yang berdampak pada perubahan tatanan hidup baru, atau istilah populernya adalah new normal.
Lantas apa hubungan antara new normal dan telekomunikasi, tentu sangat berhubungan, karena dalam implementasi new normal kita harus memperhatikan jaga jarak fisik dan sosial. Oleh karena itu, kita membutuhkan media dalam mengatasi perbedaan jarak tersebut, salahsatunya dengan tekhnologi komunikasi.
Di dalam situasi ini, tentu Tri sebagai perusahaan telekomunikasi terkemuka ingin mengambil peran dalam menjamin komunikasi ruang virtual agar dapat berjalan dengan lancar, dan masyarakat tetap dapat produktif, meskipun dengan akses ruang publik yang terbatas.
Tri merespon segala perubahan yang terjadi dengan mengambil langkah cepat dengan beradaptasi. Adaptasi bukanlah hal yang baru bagi Tri, karena sejarah mencatat kemampuan adaptasi perusahaan ini berhasil mengukuhkan posisi Tri sebagai perusahaan terkemuka di Indonesia sampai saat ini.
Adaptasi yang dilakukan Tri adalah untuk membaca bagaimana kondisi pasar saat ini, langkah strategis apa yang harus dilakukan, dan tentu bagaimana usaha dalam mempertahankan eksistensi perusahaan di masa pandemi ini.
Pada realitanya, tatanan baru ini pasti akan melahirkan berbagai perubahan-perubahan dalam ruang sosial, dan otomatis tantangan-tantangan baru juga akan muncul. Oleh karena itu, dalam merespon segala perubahan dan tantangan, perusahaan perlu melakukan adaptasi dan melahirkan sebuah inovasi
Inovasi dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), memiliki arti penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya, baik gagasan, metode, ataupun alat.
Tri Indonesia sebagai perusahaan telekomunikasi terkemuka juga turut berperan dalam mendukung kebijakan pemerintah untuk #dirumahaja. Oleh karena itu, Tri mengeluarkan banyak produk sebagai bentuk inovasi, seperti: produk AlwaysOn unlimited, KeepOn, program cashback, pilih nomor sesukamu, dan berbagai macam produk menarik lainnya, tentu hal tersebut dilakukan dalam rangka merespon kebutuhan konsumen atau pelanggan di saat ini.
Produk dari Tri Indonesia memiliki banyak pilihan, sehingga memudahkan para pelanggan atau konsumen dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan.
Bagi para pembaca yang ingin melihat lebih lengkap terkait produk Tri Indonesia, dapat dilihat di aplikasi: Bimaplus, website: www.tri.co.id, link https://bit.ly/2XqKZMI , atau bisa kunjungi media sosialnya di @triindonesia.
AlwaysOn Unlimited dan Jaringan 4.5G Pro
Pada situasi pandemi ini, semua orang membutuhkan akses internet lebih banyak daripada biasanya. Oleh karena itu, dari berbagai macam produk inovasi yang dikeluarkan Tri, produk AlwaysOn unlimited menjadi salahsatu pilihan terbaik untuk #KalahkanJarak.
Produk AlwaysOn unlimited menawarkan akses internet unlimited (01.00-17.00) selama 30 hari, dan kuota reguler yang dapat digunakan dengan mengikuti masa aktif kartu. Artinya dengan menggunakan produk ini, pelanggan Tri tidak perlu risau akan penggunaan kuota yang berlebihan pada jam-jam produktif, karena memiliki kuota unlimited.
Produk AlwaysOn unlimited memiliki tiga varian paket yang dapat dipilih sesuai kebutuhan; Pertama, AlwaysOn unlimited 6GB dengan harga Rp.60.000, kedua AlwaysOn unlimited 10GB dengan harga Rp.85.000., dan ketiga AlwaysOn unlimited 16GB dengan harga Rp.110.000.
Tentu dapat dilihat bahwa produk dari Tri tersebut sangat terjangkau bagi semua kalangan, dan tentunya sangat membantu dikala ekonomi sedang turun seperti saat ini.
Di masa pandemi ini, kuota unlimited menjadi pilihan sangat tepat, karena kegiatan yang dilakukan sehari-sehari seperti; belajar dengan aplikasi zoom, mengikuti webinar di youtube, upload video untuk pekerjaan ataupun tugas, komunikasi dengan keluarga, menonton film, serta kegiatan lain yang berbasis virtual dan digital tentu akan menghabiskan banyak kuota. Oleh karena itu, produk ini menjadi salahsatu inovasi cerdas yang dilakukan oleh Tri Indonesia.
Secara pribadi, penulis yang berprofesi sebagai pengajar sangat terbantu dengan adanya produk AlwaysOn unlimited ini, karena semua kegiatan belajar mengajar, kegiatan riset, komunikasi, serta pengembangan kompetensi harus dilakukan melalui ruang virtual, dan tentunya memakan banyak kuota. Tetapi dengan adanya paket unlimited ini da;at menekan biaya pengeluaran untuk internet yang cukup besar.
Di dalam melakukan pembelian produk-produknya, Tri Indonesia juga menawarkan efesiensi dalam pembayaran. Adapun untuk pembelian produk dapat dilakukan melalui isi ulang pulsa, dompet elektronik, kartu debit atau kredit, dan juga internet banking.
Tri Indonesia secara konsisten terus melakukan promosi diberbagai media untuk produk-produk terbarunya. Penulis sangat merekomendasikan bagi para pembaca yang memiliki kebutuhan kuota yang banyak, dan tetap ingin menghemat pengeluaran, maka produk AlwaysOn unlimited adalah produk yang sangat tepat untuk jadi pilihan.
Di era pandemi ini, jarak dapat menjadi masalah dalam menjalin komunikasi; baik dalam hubungan sosial, pekerjaan, pendidikan, bahkan keagamaan. Oleh karena itu, kita membutuhkan provider dengan jaringan yang baik, stabil dan cepat untuk membantu kita #KalahkanJarak.
Jaringan 3 Indonesia dengan jaringan 4.5G Pronya tentu menjadi salahsatu bagian dari inovasi Tri yang sangat mengagumkan. Jaringan ini menawarkan akses internet 8x lebih cepat, streaming seharian tanpa freezing, internet yang lebih stabil, lancar bermain game, internet tetap jalan meski listrik mati, dan jaringan indoor yang kuat, termasuk dalam transportasi publik.
Segala aktivitas di ruang virtual tentu harus didukung dengan jaringan yang baik, stabil dan cepat. Tri Indonesia hadir untuk menjawab segala keresahan dan kekhawatiran para pengguna internet dengan memberikan jaminan kelancaran, serta kecepatan dalam menjelajah ruang virtual dengan jaringan 4.5G Pronya.
Berdasarkan dua bentuk inovasi dari Tri Indonesia tersebut, yaitu; produk AlwaysOn unlimited dan jaringan 4.5G Pro, terlihat Tri selalu berkomitmen dalam memberikan "user experience" terbaik kepada para pelanggan setianya, dan penulis meyakini hal tersebut dapat menjadi alat promosi dalam menarik konsumen, atau pengguna seluler lain untuk beralih menggunakan produk Tri Indonesia.
Dilihat dari berbagai inovasi yang dilakukan oleh Tri Indonesia tentu patut kita apresiasi.
Penulis sebagai user legend yang tumbuh bersama Tri, melihat bahwa Tri Indonesia memiliki potensi untuk menjadi legenda di dunia telekomunikasi Indonesia, artinya Tri akan selalu ada dan terintegrasi dalam pikiran, serta hati masyarakat Indonesia.
Di dalam segala pencapaian dan prestasinya, tentu Tri Indonesia harus terus melakukan adaptasi, inovasi, serta evaluasi secara berkelanjutan terkait produk, layanan, kebutuhan pasar, serta kondisi zaman. Hal tersebut harus konsisten dilakukan, karena dengan hal itu Tri akan mampu bertahan dan bersaing di era disrupsi ini, dan terus mempertahankan eksistensinya sebagai perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI